Eksklusif: Cara Muzakki Ramdhan Membagi Waktu untuk Sekolah dan Bekerja Sebagai Seorang Dubber

Sudah berkarya di usia muda, Muzakki tetap memprioritaskan sekolah agar tidak mengalami ketertinggalan

29 Juli 2021

Eksklusif Cara Muzakki Ramdhan Membagi Waktu Sekolah Bekerja Sebagai Seorang Dubber
Dok. Muzakki

Muzakki Ramdhan merupakan salah satu anak muda berbakat dan berprestasi. Ia menjadi pengisi suara Nussa di dalam serial dan film animasi Nussa dan Rara. Selain itu, Muzakki juga menjadi pengisi suara Adit di Adit Sopo Jarwo the Movie.

Tak hanya sebagi seorang pengisi suara, Muzakki juga sudah lama berkecimpung di dunia perfilman sebagai aktor di berbagai film ternama. Bahkan, laki-laki kelahiran 2009 ini pernah memenangkan penghargaan sebagai Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih di Acara Penghargaan Piala Maya 2019 lewat akting memukaunya dalam film Gundala (2019).

Meski disibukan sebagai pekerja seni di usia muda, namun Muzakki dapat mengatur waktunya dengan baik agar tetap semangat dan tidak mengalami ketertinggalan pelajaran di sekolah.

"Mungkin beberapa kali (lelah), tapi kan ya sekolah itu buat menuntut ilmu, terus syuting ya itu memang passion aku. Karena akunya have fun dan enjoy menjalani pekerjaannya, ya nggak ngerasa capek banget," ujarnya.

Terpilih sebagai salah satu anak berprestasi di Indonesia dalam Popmama Little Star dengan tema 'Anak Indonesia Harus Bahagia', Muzakki berbagi cerita dan tips bagaimana ia mengatur waktu untuk menjalani pekerjaannya di dunia entertain dan waktunya untuk belajar di sekolah.

Nah, untuk mengenal lebih jauh bagaimana Muzakki membagi waktu antara bekerja dan belajar, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cerita menariknya. 

1. Tetap enjoy menjalani kegiatan harian

1. Tetap enjoy menjalani kegiatan harian
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Sebagai seorang anak muda yang memiliki banyak prestasi di dunia entertain, laki-laki berusia 11 tahun ini mengaku tips yang ia lakukan untuk menyeimbangi kegiata hariannya adalah dengan tetap senang dan enjoy. Baik dalam kegiatan sekolah, maupun menyelesaikan pekerjaannya.

Saat ditanya apakah ia merasa lelah dengan pekerjaan dan sekolah yang harus ia jalani bersamaan, Muzakki mengaku tidak terlalu merasa lelah akan hal tersebut.

"Kalau ditanya capek, iya mungkin sedikit. Tapi kan kalau sekarang (sekolahnya) online dari rumah ya. Jadi misal kalau aku paginya sekolah, belajar dulu gitu sebelum nanti lanjut syuting atau dubbing. Jadi lebih santai," ujarnya.

Editors' Picks

2. Pernah tertinggal pelajaran, Muzakki lakukan hal ini

2. Pernah tertinggal pelajaran, Muzakki lakukan hal ini
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Meski merasa senang menjalani kegiatannya sebagai pekerja seni di usia muda, namun Muzakki juga mengaku dirinya pernah mengalami ketertinggalan pelajaran di sekolah nih, Ma.

Hal ini pernah ia alami saat masih duduk di bangku kelas 2 SD. Dalam pengakuannya, Muzakki mengatakan, "Pernah (ketinggalan pelajaran) pas kelas 2 SD, itu aku selama sebulan nggak sekolah."

Ia pun menceritakan bagaimana cara mengejar ketertinggalan pelajaran dengan belajar sendiri di rumah. Menurutnya, belajar sendiri di rumah sambil menikmati musik favorit adalah tips terbaik untuk membuatnya semangat belajar.

"Jadi sebelum corona ya, aku tuh kayak waduh habis ini pelajarannya apa ya, gitu. Langsung deh aku baca-baca materinya. Itu aku pusing banget sih karena abis itu langsung ujian, tapi alhamdulillah bisa," lanjutnya.

3. Tetap memprioritaskan sekolah sebelum memulai syuting

3. Tetap memprioritaskan sekolah sebelum memulai syuting
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Berkecimpung di dunia entertain sejak usia dini, Muzakki juga mengaku pernah mengalami fase di mana harus memilih antara sekolah dan syuting.

Meski demikian, Muzakki mengaku ia tetap memprioritaskan pendidikan sebelum melanjutkan kegiatannya sebagai pekerja seni. Ia menyebutkan, "Kalau dulu sebelum corona kan sampai jam 1 doang (sekolahnya), jadi baru sorenya bisa pergi ke tempat syuting atau dubbing."

Sebelum memutuskan untuk syuting dalam suatu acara atau film yang ia bintangi, Muzakki menyebutkan bahwa sang Mama telah lebih dulu menginfokan kepada pihak penyelenggara untuk mengizinkannya pergi sekolah terlebih dahulu.

Meski memiliki jadwal cukup padat, ternyata sekolah tetap menjadi prioritas utama Muzakki nih, Ma!

4. Tips a la Muzakki agar semangat belajar meski sekolah daring

4. Tips a la Muzakki agar semangat belajar meski sekolah daring
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Sama seperti kebanyakan anak lainnya yang saat ini mengikuti pelajaran secara daring, Muzakki memiliki cara tersendiri untuk menumbuhkan rasa semangat saat harus menyelesaikan sekolah di tengah pandemi ini.

Ia menceritakan bahwa hal pertama yang ia lakukan pastinya adalah membuka mata dan mempersiapkan diri sebelum memulai sekolah.

Pengisi suara Nussa ini juga mempersiapkan keperluan apa saja yang ia butuhkan selama menjalani sekolah daring. Mulai dari alat tulis, laptop, hingga e-book yang akan ia pergunakan.

"Terpenting buka mata dulu kali ya, soalnya kita kan kayak hah ini kita nggak sekolah lho. Cuma di depan laptop atau hp aja nih. Habis mempersiapkan semua, baru deh buka laptop, buka e-book dari yang dikasih di sekolah," ujar Muzakki.

Selayaknya anak-anak lain, Muzakki juga sering kali merasa bosan karena kegiatan sekolah yang hanya di depan laptop saja, Ma. Ia pun mengatasi hal tersebut dengan mendengarkan musik kesukaannya agar lebih semangat dalam menyelesaikan sekolahnya.

"Meski syuting itu menjadi passion aku, tetapi sekolah itu kan penting juga buat menuntut ilmu. Jadi ya aku sih mungkin caranya sambil dengarin musik yang disuka biar semangat. Abis itu baru deh buka laptop buat memulai sekolah," lanjutnya.

Tips mempersiapkan anak memulai sekolah secara daring

Tips mempersiapkan anak memulai sekolah secara daring
Freepik
Ilustrasi anak sedang belajar daring

Tak hanya mendengarkan musik sebagai penyemangat menjalankan sekolah daring, Mama juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mempersiapkan keperluan sekolah anak saat di rumah saja. Di antaranya sebagai berikut:

  • Memastikan anak sudah sarapan sebelum sekolah dimulai
  • Mengajak anak untuk tetap melakukan aktivitas fisik
  • Menyiapkan tempat belajar senyaman mungkin
  • Melakukan refreshing ketika merasa bosan dan pegal
  • Melakukan komunikasi terbuka agar anak tidak meras stres menjalani sekolah daring
  • Tetap memberikan dukungan dan selalu dampingi anak selama sekolah daring

Nah, itu tadi cerita Muzakki dan tips mempersiapkan anak sekolah secara daring. Semoga cerita di atas bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi anak remaja mama agar tetap semangat menimba ilmu dan berkarya di usia muda ya!

Spesial Hari Anak: #Popmama Little Star 2021 – Nyimas Bunga Cinta, Muzakki Ramdhan dan Lifia Laeticia

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Intern Writer - Muhammad Fria Fachrama Sumitro, Samantha Elisa Gracia, Annita Rahmawati Dewi & Natalia Adinda Putri Danumulyo

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Popmama Little Star
Millennial Mama

Popmama Little Star

Anak Indonesia harus bahagia!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.