Viral! Bocah Ini Menang KO Taekwondo dengan Sekali Tendangan

Video pertandingan taekwondo dari Jambi ini viral dan banyak diperbincangkan

24 Februari 2021

Viral Bocah Ini Menang KO Taekwondo Sekali Tendangan
Berbagai sumber

Vito Putra Johnata, seorang altet taekwondo cilik asal Jambi seketika viral sejak akhir pekan, Sabtu (6/2/2021). Viralnya video ini dikarenakan Vito menang dari lawannya di pertandingan final tekwondo hanya dengan sekali tendangan saja.

Cukup menegangkan ketika lawan Vito saat itu sempat tak bisa bangun setelah menerima serangan Vito. Cuplikan video ini pun mendapat respons dari berbagai kalangan dan viral di internet. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Tendangan memutar Vito langsung mengenai rahang lawan

1. Tendangan memutar Vito langsung mengenai rahang lawan
Unsplash/camssanabria

Pertandingan final kejuaran taekwondo di Jambi itu mengukir momen unik. Vito, pelajar SD sekaligus atlet tekwondo muda berhasil mengalahkan lawannya dengan sekali tendangan memutar.

Vito menggunakan teknik tendangan dwi chagi atau tendangan memutar badan 90 derajat ke arah belakang yang memanfaatkan kekuatan lutut untuk menyentakkan kaki ke arah lawan. Cuplikan video yang beredar itu pun membuat nama Vito naik dan mendapat perhatian.

Momen menegangkan yang terekam dari video ketika Vito berhasil membuat lawannya tersungkur dan sempat tidak bergerak.

Beruntungnya, lawan Vito yang bernama Faik itu kembali bangun tapi tidak bisa melanjutkan permainan. Hal ini membuat Vito menang dan menjadi juara.

2. Sang Pelatih memuji kemenangan Vito

2. Sang Pelatih memuji kemenangan Vito
Unsplash/beta171085

Dikutip dari Youtube Official INews, Vito tampak biasa dan tak berekspresif dari sebelum pertandingan. Bocah berusia 11 tahun ini meraih medali emas dalam kejuaraan ini dan dinobatkan sebagai atlet terbaik. 

"Dia orangnya nurut dan apa kata pelatih ia ikuti. Mungkin secara emosional saya dan atlet dekat dan tersambung, jadi apa yang saya arahkan, dia langsung melakukan teknik. Sehingga pas di ronde terakhir, saya suruh melakukan dwi chagi dia lakukan dan pas kena rahang lawan," jelas Revendi Koto, pelatih taekwondo Vito. 

3. Vito rupanya sudah beprestasi di taekwondo

3. Vito rupa sudah beprestasi taekwondo
Unsplash/ethanrwilkinson

Disebutkan jika Vito memang sebelumnya kerap menang di berbagai pertandingan. Ia kerap membawa medali di kejuaran taekwondo tingkat junior.

Tahun 2019 Vito meraih medali emas di Turnamen Indonesia Taekwondo Andalan Championship 2019.

Tentu kemenangan Vito tidak lepas dadri banyak dukungan yang ia dapatkan dari keluarga dan lingkungannya.

Peran orangtua terutama penting untuk mendukung anak berprestasi di berbagai bidang, tidak hanya akademik. Peran orangtua dalam mendukung dan mengasah bakat anak bisa mendorongnya lebih beprestasi. Hal tersebut sudah ditegaskan dalam beberapa penelitian, jika peran orangtua untuk mengapresiasi setiap prestasi anak akan membantunya di masa depan dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

Oleh karenanya jangan ragu untuk memuji anak jika memang ia melakukan hal baik, bahkan yang kecil sekalipun ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.