Tips Titi DJ agar Orangtua Bisa Mendukung Bakat Anak saat Pandemi

Jangan patah semangat Ma, tetap lakukan yang terbaik selama mendampingi anak di saat pandemi

13 Oktober 2020

Tips Titi DJ agar Orangtua Bisa Mendukung Bakat Anak saat Pandemi
Dok. Sang Dewi Enterprise
Exclusive Popmama.com

Masa pandemi sudah memasuki bulan ke-9. Orangtua yang memiliki anak usia sekolah tentu menemukan banyak kendala. Kondisi sulit ini tentu membuat semangat menjadi naik dan turun. 

Setelah Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu Titi DJ merilis sebuah lagu anak berjudul Tarading Deng Dong yang dinyanyikan oleh Dear Juliets, ia juga memiliki tujuan khusus melalui karya terbarunya ini.

Titi DJ memiliki harapan besar agar orangtua dan anak-anak tetap semangat menghadapi era pandemi ini. 

Berikut rangkuman Exclusive Interview Popmama.com dengan Titi DJ pada Minggu (11/10/2020).

Editors' Picks

1. Titi DJ memahami sulitnya mendampingi anak sekolah online di masa pandemi

1. Titi DJ memahami sulit mendampingi anak sekolah online masa pandemi
Dok. Sang Dewi Enterprise

Mendengar curhatan teman-temannya yang memiliki anak usia sekolah Titi jadi semakin tau bagaimana sulitnya mendampingi anak di masa pandemi ini.

"Anak-anaknya kadang ada rasa jenuh karena harus tetap bersekolah tanpa bertemu langsung dengan teman-temannya, belum lagi kesulitan para orangtua yang kini harus lebih intens membimbing anak-anak di rumah, bikin saya dan JFK terpikir untuk membuat sebuah lagu bertemakan sekolah online," ungkap Titi DJ.

2. Bagaimana agar orangtua tetap bisa mendukung bakat anak di tengah masa pandemi?

2. Bagaimana agar orangtua tetap bisa mendukung bakat anak tengah masa pandemi
Dok. Sang Dewi Enterprise

Berikut kata-kata dari Mommy Titi yang bisa jadi motivasi untuk anak Indonesia selama menjalani sekolah online di masa pandemi.

"Tetap semangat walaupun anak-anak belajar dari rumah dan nggak bisa bertemu dengan teman-teman, sambil belajar bisa dengar lagu ini. Mudah-mudahan anak-anak bisa terus termotivasi, belajar tetap jalan dan main juga masih bisa." 

Mama juga tetap bisa mendukung bakat anak meski sedang di rumah saja, berikut Titi membagikan sarannya untu Mama.

"Anak itu pasti kan main sosial media, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, Youtube, rekamlah mereka kalau lagi mau nyanyi, terus di-upload. Jangan lupa dikasih hashtag misal #PenyanyiIndonesia #PenyanyiCilikIndonesia atau cari-cari hashtag yang menarik agar bisa banyak dilihat," kata Titi.

Walau dari rumah saja, upaya ini bisa berakibat besar lho ke anak.

"Karena dari hashtag itu orang akan melihat, kalau hashtagnya muncul jadi semakin banyak yang lihat (bakat anak mama)," ungkap Titi.

Wah, brilian ya Ma. Mungkin ini sederhana tapi kadang suka tidak terpikirkan.

3. Lagu anak sebagai pilihan hiburan untuk anak

3. Lagu anak sebagai pilihan hiburan anak
Instagram.com/TitiDJ

Titi juga sempat bercerita bahwa ketika anak-anaknya masih kecil, anak diasuh oleh pengasuh di rumah saat sang Mama bekerja.

Terkadang apa yang ditonton dan didengar oleh pengasuhnya itulah yang juga didengar oleh anak-anaknya.

"Karena dulu saya suka keluar bekerja, anak-anak ini kan suka sama mba-nya. Misal nonton sinetron lalu jadi suka lagunya, misal keseringan anak juga jadi suka sama lagu itu jadi ikut-ikutan."

Anak memang mudah merekam apa yang mereka lihat dan dengar ya, Ma.

"Tapi untuk para orangtua, tetap harus berhati-hati saat memutar lagu di rumah, karena anak-anak yang masih kecil, yang belum mengetahui cara mencari lagu yang cocok untuk mereka, itu yang biasanya ikutan menyanyikan lagu (dewasa) yang biasa dia dengar," lanjut Titi.

Ia juga sempat mengalami saat anak-anaknya masih kecil. 

"Kalau saya pulang, anak-anak juga menyanyikan lagu sinetron, yang saya lakukan adalah kasih wejangan kepada mba di rumah, tapi untungnya setelah anak-anak saya kenal gadget, nggak lama setelah mereka biasa dengar lagu yang mba-nya dengar, bukan jelek ya, tapi hanya saja kurang cocok untuk anak-anak, tapi nggak lama setelah mengenal gadget anak-anak jadi bisa memilih lagu mana yang mereka sukai."

"Mereka di sekolahnya juga memakai komputer dan laptop, akhirnya dari situ mereka mulai cari lagu-lagunya sendiri. Jadi Mama jangan khawatir secara natural anak akan menemukan mana lagu yang mereka suka dan cocok untuk mereka," kenang Titi

Tapi bagi Titi ini adalah tantangan untuk dirinya, itulah sebabnya ia dan tim membentuk Dear Juliets dan menciptakan lagu anak agar bisa menjadi pilihan hiburan untuk anak-anak Indonesia. Jadi anak bisa mendengar dan menyanyikan lagu yang sesuai dengan usia mereka.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.