Apa Saja yang Anak Simpan di Gadgetnya? Ini Jawabannya!

Ini antisipasi supaya Mama tidak terkejut menemukan isi ponsel anak mama

4 November 2018

Apa Saja Anak Simpan Gadget Ini Jawabannya
pxhere

Di era digital seperti saat ini, anak mama cenderung lebih mudah melakukan banyak hal hanya melalui smartphone-nya.

Dunia seakan-akan ada pada genggaman mereka ketika ia sudah meluncur aktif di dunia maya. Hal tersebut tidak sepenuhnya buruk kok, Mama seharusnya bangga terhadap anak mama yang sudah familiar terhadap teknologi.

Namun, bukan berarti Mama lepas kontrol terhadap apa yang ia lakukan di smartphone-nya ya, Ma!

Mengingat usianya yang masih di bawah umur dan sulit untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, maka melakukan pengecekan juga perlu Mama lakukan untuk menghindari hal-hal negatif yang akan terjadi.

Tidak perlu terkesan menghakimi ya Ma, semakin Mama mendesak maka semakin ia akan menyembunyikannya pada Mama. Mintalah secara baik-baik dan berikan penjelasan sebijak mungkin pada mereka.

Terkait dengan hal tersebut, kali ini Popmama.com akan membahas beberapa kemungkinan yang anak sembunyikan dari Mama di smartphone-nya.

Kira-kira pernah nggak Mama menemukan hal di bawah ini?

1. Curhatan dengan sahabat

1. Curhatan sahabat
Unsplash/ben white

Terlepas dari usia, semua orang pasti akan senang untuk berbagi cerita dengan sahabat baiknya. Tak terkecuali anak mama.

Curhat bersama sahabat mungkin menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh anak mama. Aplikasi chatting biasanya ia gunakan sebagai ajang curhat dengan para sahabatnya.

Mungkin, kebanyakan anak merasa malu dan tidak nyaman ketika Mama selalu mengecek smartphone-nya. Jadi, selama masih wajar, biarkan mereka menyimpan privasi mereka ya Ma.

Tidak perlu langsung panik, pantaulah mereka terlebih dahulu. Jika Mama merasa ada suatu kejanggalan, barulah Mama bisa turun tangan untuk mengecek smartphone-nya secara langsung.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak Mama Menjadi Korban Cyber Bullying

2. Percakapan dengan “teman dekat”

2. Percakapan “teman dekat”
Unsplash/denise johnson

Kebanyakan anak masa kini mengalami fase jatuh cinta lebih awal. Biarkanlah mereka berkembang dengan perasaan yang ia rasakan selama masih wajar ya, Ma!

Kalau hanya sekedar chatting dengan “teman dekatnya", tak perlu terlalu Mama pusingkan. Kontrol saja melalui akun media sosial yang ia miliki.

Biasanya di media sosial, Mama bisa memantau siapa saja yang dekat dengannya bahkan yang sering mengomentari post yang ia unggah.

Namun lagi-lagi, ketika Mama rasa ada yang tidak beres dengan sikapnya, jangan segan-segan untuk segera mengecek ponselnya ya, Ma!

Editors' Picks

3. Foto selfie

3. Foto selfie
Unsplash/tim gouw

Foto selfie konyol mungkin saja lho dilakukan oleh anak mama! Dan mungkin itu salah satu alasan mengapa ia menyembunyikan smartphone-nya dari Mama.

Jadi jangan langsung berprasangkan buruk ya Ma, selama Mama rasa perilaku anak tidak menyimpang dan masih dalam kontrol yang baik maka biarkan saja ia bebas berekpresi di dunia maya.

Lagipula, Mama masih bisa kok mengecek foto yang ia unggah di akun media sosial pribadinya. Stay calm!

4. Akun media sosial

4. Akun media sosial
Unsplash/william iven

Selain aplikasi chatting, biasanya anak mama yang beranjak dewasa juga seringkali menyembunyikan akun media sosialnya dari Mama.

Salah satu alasannya mungkin karena ia tidak mau Mama mengetahui komentar yang ia lontarkan dengan teman sebayanya di Instagram. Ataupun takut kalau Mama juga ikut mengomentari postingannya.

Sebenarnya Mama tak perlu mengeceknya melalui akun media sosial pribadinya kok, Mama cukup mengeceknya dari akun Instagram Mama jika diperlukan.

5. Situs terlarang

5. Situs terlarang
Unsplash/isaiah rustad

Mungkin ini yang menjadi salah satu ketakutan Mama, bukan? Situs terlarang yang mudah sekali di akses memungkinkan anak untuk membukanya, apalagi jika ia dipengaruhi oleh lingkungan yang tidak baik.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, sering-seringlah memberikan pesan pada mereka. Tak cukup hanya pesan, Mama juga perlu melakukan tindakan pencegahan seperti mengatur konten mana yang dapat ia lihat dan yang mana yang tidak.

Saat ini ada begitu banyak cara yang dapat Mama lakukan untuk memblokir situs-situs terlarang agar tidak dapat diakses oleh anak mama yang masih dibawah umur.

Baca Juga: 5 Alasan Anak Harus Tidur Tanpa Gadgets

6. Foto lawan jenis yang ia sukai

6. Foto lawan jenis ia sukai
Unsplash/joseph gonzalez

Wajar saja kok Ma kalau ia menyimpan foto lawan jenis yang ia sukai. Bukan hanya teman sebayanya, ia juga bisa saja menyimpan foto artis idoalanya.

Mungkin ini juga merupakan salah satu hal yang menjadi alasan mengapa mereka menyembunyikan smartphone-nya dari Mama.

Anggap saja itu hanyalah cinta monyet belaka, seiring dengan perkembangannya pasti ia akan mengetahui arti cinta yang sesungguhnya.

Namun bukan berarti Mama membiarkannya begitu saja ya, Mama tetap perlu memberikan pengertian mengenai ketertarikannya dengan lawan jenis dan bagaimana cara menyikapinya.

Baca Juga: Jika Si Anak Jatuh Cinta, ini yang Harus Mama Lakukan!

7. Masalah sekolah

7. Masalah sekolah
Unsplash/joseph chan

Yang terakhir mungkin saja terjadi dengan semua anak. Masalah sekolah yang ia hadapi seringkali enggan ia ungkapkan karena takut nantinya Mama akan marah padanya.

Maka dari itu, biasanya anak lebih sering curhat dengan teman melalui aplikasi chatting ataupun melalui akun media sosialnya.

Mengingat umurnya yang masih labil, terkadang ia tidak tahu bagaimana cara menangani suatu masalah dengan bijak.

Nah, itulah tugas Mama, sebagai orangtua sudah seharusnya Mama peka terhadap perkembangan sikap anak. Dengan mengetahuinya lebih dulu, Mama bisa mencegah hal buruk terjadi padanya.

Dari ketujuh kemungkinan tersebut, tidak semua benar terjadi kok, Ma. Ini hanyalah beberapa kemungkinan saja yang dapat terjadi pada anak mama.

Artikel ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal negatif yang dapat saja terjadi pada anak, apalagi mengingat begitu luasnya kesempatan yang dapat ia lakukan hanya dengan smartphone yang ia gunakan.

Stay positive and safe your kids!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.