Penggunaan Frasa "Bagaimana Nanti" dan "Nanti Bagaimana"

Kedua frasa tersebut ternyata berbeda makna, lho

14 Januari 2022

Penggunaan Frasa "Bagaimana Nanti" "Nanti Bagaimana"
Freepik/jcomp

Mendengar kata frasa mungkin sudah tidak asing lagi karena dalam percakapan sehari-hari kita menggunakannya, baik secara disadari maupun tidak. Selain itu, frasa juga merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Salah satu frasa yang kerap digunakan, tetapi tanpa disadari berbeda makna adalah "bagaimana nanti" dan "nanti bagaimana".

Mungkin sebagian orang menganggap frasa tersebut sama saja, dengan artian memiliki makna yang sama. Padahal, frasa "bagaimana nanti" dan "nanti bagaimana" memiliki perbedaan dari sisi muatan yang terkandung di dalamnya.

Meski begitu, kedua frasa tersebut memang tidak ada perbedaan yang substansial.

Agar kamu paham dan tidak salah dalam penggunaan frasa "bagaimana nanti" dan "nanti bagaimana", yuk simak penjelasan Popmama.com berikut ini.

Editors' Picks

1. Pengertian frasa

1. Pengertian frasa
Pexels/minan1398

Frasa atau frase adalah gabungan kata yang terdiri dari dua kata atau lebih yang menduduki salah satu fungsi kalimat. Frasa tidak bisa membentuk sebuah kalimat sempurna karena tidak memiliki predikat atau non predikat.

Artinya, frasa terdiri dari subjek saja atau bisa juga hanya terdiri dari verba, bahkan bisa diawali dengan preposisi. Makna frasa dalam sebuah kalimat dapat berubah-ubah sesuai dengan konteks.

2. Frasa "bagaimana nanti"

2. Frasa "bagaimana nanti"
Freepik/dcstudio

Frasa "bagaimana nanti" biasanya digunakan ketika merasa tidak perlu ambil pusing dan tidak perlu mempersiapkan apa-apa. Artinya, siap tidak siap, yang pasti terjadi akan terjadi.

Umumnya, frasa ini merujuk pada kepasrahan saat mengalami hal/situasi kondisi tanpa berusaha mengubah, memprotes, atau keluar dari kondisi tersebut.

3. Frasa "nanti bagaimana"

3. Frasa "nanti bagaimana"
Freepik/creativeart

Berbeda dengan frasa "bagaimana nanti", frasa yang satu ini justru mengutamakan pemikiran di atau untuk masa depan. Artinya, saat mengalami suatu hal, semua akan dipikirkan atau bahkan telah dipersiapkan dengan matang.

Frasa "nanti bagaimana" memiliki makna bahwa kita akan berusaha, bertindak, bahkan mengubah sesuatu di masa depan.

Masa depan tersebut akan ditentukan oleh apa yang telah dilakukan hari ini. Apakah hari ini lebih baik atau hari demi hari malah semakin memburuk.

Itu dia penggunaan frasa "bagaimana nanti" dan "nanti bagaimana" yang perlu kamu pahami agar tidak salah makna. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.