7 Cara Mengenali Karakter Diri Sendiri dengan Mudah Sejak Dini

Bisa dijadikan cara mengenali karakter anak sejak dini, ini berguna untuk mengenali potensi anak

27 September 2021

7 Cara Mengenali Karakter Diri Sendiri Mudah Sejak Dini
Pexels/Cotton Bro

Apa pentingnya mengenali diri sendiri? Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu memiliki tujuan hidup dan juga waktu untuk diri sendiri maupun untuk bersosialisasi dengan orang lain. Untuk itu, penting bagi setiap orang memiliki kemampuan mengenali karakternya sendiri.

Mengenali karakter diri sendiri itu banyak manfaatnya, seperti mengetahui kekurangan dan kelebihan lalu mengetahui mana hal yang sebaiknya kamu eksplorasi dalam hidupmu.

Selain mempermudah saat bergaul, mengenali karakter pribadi juga bisa membantu kita dalam banyak hal. Termasuk mencegah seseorang masuk dalam lembah kegagalan yang merugikan masa depan.

Lalu bagaimana cara mengenali karakter diri sendiri dengan mudah? Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Mengenali apa yang kamu sukai dan tidak disukai

1. Mengenali apa kamu sukai tidak disukai
Freepik/wayhomestudio

Hal pertama yang perlu kamu ukur sebagai cara mengenali karakter diri sendiri adalah memahami apa hal yang kamu sukai dan tidak sukai. Dengan mengetahui mana yang kamu sukai atau tidak, kamu bisa memilih apa saja yang perlu kamu lakukan dan tinggalkan.

Pernah lihat orang yang sungkan untuk menolak jika orang lain meminta sesuatu padanya? Kadang ia melakukan apa yang orang lain inginkan tapi ia tampak kesusahan atau kesal. Nah, mengetahui apa yang kamu sukai dan tidak justru dapat membantu kamu berani untuk berkata tidak ketika diminta melakukan sesuatu oleh orang lain.

Tidak ada salahnya menolak hal yang kamu tidak sukai. 

2. Ketahui apa kegiatan favorit kamu

2. Ketahui apa kegiatan favorit kamu
Freepik/senivpetro
Makanan diet anak remaja

Lewat berbagai kegiatan yang kamu lakukan, kamu bisa mengenali karakter diri kamu sendiri. Ketahui mana kegiatan favoritmu. 

Misal kamu suka kegiatan yang melibatkan orang lain, berada di ruang terbuka dan ekstrem berarti kamu adalah seseorang yang berpikiran terbuka dan menyukai tantangan dalam kehidupan.

Misal kamu suka kegiatan yang tidak melibatkan orang lain, cenderung suka di balik layar, memilih kegiatan yang cenderung sama berarti kamu orang yang suka berada di zona nyaman dan lebih memiliki sesuatu diselesaikan atas kendali diri kamu sendiri.

Coba ketahui kegiatan favoritmu untuk mengenali karakter diri sendiri, yuk!

Editors' Picks

3. Ketahui apa potensi dan kepandaian secara jelas

3. Ketahui apa potensi kepandaian secara jelas
Freepik/diana.grytsku

Ketahui apa bakat dan kepandaian secara jelas sejak dini. Dengan menyadari apa saja bakat dan potensi yang ada pada diri, ini bisa membantu untuk mengenali karakter diri sendiri dengan mudah. 

Misal kamu ahli matematika, lakukan dengan sebaik-baiknya. Contoh lain, misal sejak usia muda kamu sudah minat dengan kecantikan dan perawatan kulit, maka gali kepandaianmu untuk lebih menguasainya.

4. Ketahui ketertarikan dominan

4. Ketahui ketertarikan dominan
Unsplash/Simon Rae

Apa sih hal yang menarik bagi kamu? Misal membaca buku untuk menambah pengetahuan, liburan untuk melihat banyak tempat baru, atau perawatan tubuh dan muka untuk menjaga kecantikan dan kesahatan?

Dari situ kamu akan mengetahui ketertarikan dominanmu. Setelah itu kamu bisa semakin mengenali karaktermu sendiri.

5. Hargai diri sendiri

5. Hargai diri sendiri
Pexels/Polina Zimmerman

Apapun yang kamu sukai dan tidak sukai, apapun yang menjadi ketertarikan dominan dalam diri kamu, atau potensi serta kepandaianmu, sebaiknya cintai itu. 

Sebagai orang yang baik, kita harus bisa menghargai diri sendiri dan ini perlu dipahami sejak dini.

Hargai apa yang ada pada dirimu agar kamu bisa mencintai dirimu sendiri. Hindari pertentangan dengan diri sendiri agar lebih mudah mengembangkan kemampuan diri sendiri.

6. Berhenti menduplikasi orang lain

6. Berhenti menduplikasi orang lain
Giorgio Trovato/Unsplash

Apakah dengan meniru orang lain membuat kamu terlihat keren? Tentu tidak, hanyak orang yang orisinil yang diingat tanpa disama-samakan oleh orang lain.

Jadilah dirimu sendiri dan berhenti menduplikasi orang lain. Orang lain hanya bisa dijadikan ide dalam berekspresi, namun kamu tetap memiliki jati dirimu sendiri.

Pandangi dirimu di depan cermin, apa yang melekat pada diri kamu? Hanya kamu yang paling mengetahui itu.

Berani tampil berbeda, berani jujur dengan idemu sendiri, berani berhenti meniru orang lain adalah cara untuk mengenali karakter diri sendiri yang paling tepat dan mudah.

7. Menggunakan aplikasi psikologi

7. Menggunakan aplikasi psikologi
Dok. MS Learning & Grow

Aplikasi psikologi seringkali dijadikan pilihan agar seseorang bisa mengenali kondisi pribadi diri sendiri. Banyak aplikasi psikologi atau tes psikologi yang bisa dijangkau asal ada internet. Namun perhatikan juga analisa hasil tes psikologi tersebut.

Selain mencoba tes psikologi di internet, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk mengenali karakter diri sendiri.

Salah satunya adalah Aplikasi MS Learning & Grow untuk konsultasi psikologis dan memahami diri sendiri. “Tidak hanya untuk memahami potensi diri sendiri, aplikasi ini juga berguna untuk perencanaan pendidikan, pemahaman potensi anak oleh orang tua, pengembangan kemampuan bagi  perusahaan, hingga pemahaman karakter pasangan”, ungkap Shandy Purnamasari selaku 
Founder MS GLOW pada virtual launching yang dilaksanakan pada 21 September 2021.

Shandy menambahkan jika aplikasi ini merupakan yang pertama dalam melakukan profiling psikologis melalui tes DISC yang menggunakan aplikasi mobile. 

“Dari aplikasi ini aku jadi lebih tau karakterku seperti apa. Memahami kekurangan dan kelebihan diri aku. Juga kalo dikerjaan jadi tau gimana mencari partner kerja yang seperti apa," ujar Prilly Latuconsina selaku Brand Ambassador.

Di aplikasi ini, pengguna dapat mengakses analisa profil psikologi melalui laporan yang komprehensif mulai dari preferensi kerja otak, profil diri berdasarkan DISC, bakat bawaan hingga rekomendasi pola belajar, karir dan komunikasi. Selain itu pengguna juga dapat melakukan sesi konsultasi baik secara individu maupun kelompok. Aplikasi sudah tersedia di Appstore dan Playstore. 

Banyak hal dilakukan agar orang mengenali bakat dan karakternya sejak dini.

Itulah beberapa cara mengetahui karakter diri sendiri sejak dini. Jika Mama penasaran bagaimana karakter anak mama, maka bisa coba jelaskan beberapa cara di atas pada sang anak, lalu coba mendaftar aplikasi di atas jika ingin mengetahui karakter anak lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.