Bikin Tersiksa, Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Rasa sakitnya tak bisa dibiarkan, harus segera diobati nih, Ma

1 Juli 2019

Bikin Tersiksa, Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Anak
Freepik

Kalau ada ungkapan, "Lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi," bagi orang yang pernah mengalami keduanya, tentu membenarkan ungkapan tersebut. Sakit gigi dan area sekitarnya, memang bikin tersiksa. Jika sudah sakit gigi, bukan hanya bagian mulut yang terasa ngilu, bahkan sekujur tubuh.

Tak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami masalah pada gusinya. Faktanya, remaja bahkan anak-anak juga memiliki risiko gangguan pada gusinya meski dalam kondisi yang lebih ringan seperti gingivitis atau radang gusi. Menurut American Dental Association, masalah gusi yang terjadi pada anak di bawah usia 18 tahun turut menambah 50 persen daftar penderita di usia dewasa, jika tidak dirawat dengan benar.

Secara umum, masalah atau radang gusi pada anak disebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk di gigi dan membentuk lapisan lengket yang dikenal sebagai plak. Saat plak mengeras, ia akan membentuk karang gigi dan mengakibatkan gusi menjadi bengkak dan berwarna kemerahan. 

Penyebab Gusi Bengkak pada Anak Jelang Remaja

Penyebab Gusi Bengkak Anak Jelang Remaja
Pixabay/kropekk_pl

Pada anak yang lebih besar, terutama yang memasuki usia remaja, masalah dengan gusi seringkali terjadi saat mereka memasuki masa pubertas. Adanya peningkatan hormon progesteron dan kemungkinan juga hormon estrogen dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke gusi yang kemudian membuat kondisi gusi menjadi lebih sensitif. 

Pada anak yang usianya lebih muda, gusi bengkak atau gingivitis biasanya disebabkan karena kesehatan mulut dan gigi yang buruk. Di samping itu, beberapa penyakit tertentu disebut-sebut dapat meningkatkan risiko anak, misalnya sindrom Kindler, diabetes tipe 1, down syndrome, dan sindrom Papillon-Lefèvre. 

Faktor genetik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gusi bengkak pada anak. Jadi, saat membawa anak ke dokter, pastikan untuk memberitahu dokter gigi anak jika ada riwayat keluarga dengan penyakit gusi ya, Ma. 

Editors' Picks

Bagaimana Mengenali Gejala Gusi Bengkak pada Anak?

Bagaimana Mengenali Gejala Gusi Bengkak Anak
Freepik

Dilansir dari colgate.com, gejala awal penyakit gusi adalah timbulnya bengkak yang disertai dengan warna kemerahan pada gusi. Gusi yang bengkak akan sangat sensitif sehingga mudah berdarah saat anak sedang menyikat giginya. Tak hanya itu, gusi bengkak juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut kronis yang tidak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi atau flossing. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya nanah yang muncul di sekitar gigi atau gusi anak. 

Anak yang mengalami gusi bengkak tentu saja akan merasa sangat tidak nyaman ya, Ma. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, masalah pada gusi ini akan menyebabkan gigi menjadi longgar dan bahkan goyang karena gusi menjadi lunak dan mengalami penyusutan. 

Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Anak
Freepik

Untuk mencegah agar anak tidak mengalami gusi bengkak, pertama-tama yang harus Mama lakukan adalah memastikan kesehatan dan kebersihan giginya dapat terjaga dengan baik.  Tanamkan kebiasaan menggosok gigi dua kali sehari, setidaknya setelah makan dan sebelum tidur untuk menjaga kesehatan mulut sejak dini. 

Menurut American Academy of Pediatric Dentistry, sebaiknya anak-anak diperkenalkan pada dokter gigi saat berusia satu tahun. Setelahnya, perlu rutin pemeriksaan dan pembersihan gigi setiap enam bulan sekali

Namun, jika anak telah mengalami gusi bengkak, jangan ragu untuk segera mengajaknya ke dokter.Jangan mengobatinya sendiri dengan pengobatan alami yang belum terjamin secara klinis, begitu pula memberi minum obat tanpa diketahui dosisnya. Dokter akan melakukan penanganan tepat, yang mencakup pembersihan gigi dan gusi bagian dalam, dan juga pemberian antibiotik atau obat-obatan lain. Jika kondisi gusi bengkak pada anak tak kunjung membaik, mungkin dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi jika diperlukan.

Jangan anggap sepele saat mengetahui anak mengalami gusi bengkak ya, Ma. Sebab jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat akan dapat menyebabkan terjadinya periodontitis atau infeksi gusi yang dapat mengakibatkan gigi menjadi tanggal.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!