Dampak Buruk Merusak Tanaman bagi Lingkungan, Bisa Mengerikan Lho

Meskipun terlihat sepele, tanaman ternyata memiliki manfaat bagi lingkungan.

21 September 2021

Dampak Buruk Merusak Tanaman bagi Lingkungan, Bisa Mengerikan
Freepik

Seperti yang kita ketahui, tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, mulai dari menghasilkan oksigen, memperindah lingkungan, mempersejuk suasana, sumber makanan, dan masih banyak lagi. 

Mengingat pentingnya tumbuhan bagi kehidupan sudah sepantasnya kita selalu menjaga dan merawat tumbuhan di lingkungan sekitar. 

Apa yang mungkin terjadi jika kita merusak tumbuhan? Apakah merusak tumbuhan dapat memberikan dampak yang buruk? Bukankah di sekitar kita terdapat banyak tumbuhan?

Benar sekali, merusak tumbuhan merupakan tindakan buruk yang dapat merugikan lingkungan. Merusak tanaman secara sembarangan dapat menganggu keseimbangan lingkungan dunia lho. Berbahaya sekali bukan?

Untuk anak-anak kelas 4 SD, yuk kita cari tahu apa saja dampaknya! Popmama.com telah merangkum 5 dampak buruk yang terjadi ketika kita merusak lingkungan.

1. Menganggu keseimbangan alam

1. Menganggu keseimbangan alam
Pixabay/lacasadicomo-479006

Coba bandingkan suasana di alam ketika berlibur dengan di rumahmu. Tentunya suasana keduanya sangatlah berbeda. Di tempat dengan banyak tanaman, kamu dapat menemukan burung berkicau, kupu-kupu cantik yang terbang, dan masih banyak lagi. 

Ketika kamu merusak tumbuhan secara sembarangan, salah satu kerugian yang dapat terjadi ialah rusaknya keseimbangan lingkungan alam. Berkurangnya tanaman dapat berdampak pada siklus alam. 

Contohnya ketika tumbuhan dirusak, maka tumbuhan lain maka dapat menganggu siklus tanaman lainnya. Di sisi lain ini menyebabkan hewan-hewan penyerbuk seperti kupu-kupu dan lebah tidak bisa menemukan makanannya. 

Hewan-hewan lain yang memakan tumbuhan juga dapat berkurang akibat jumlah makanannya yang hilang, 

Editors' Picks

2. Polusi bertambah

2. Polusi bertambah
Freepik/Vectorpouch

Tumbuhan dikenal sebagai penyerap polusi udara, yaitu CO2. Tumbuhan sendiri membutuhkan CO2 dalam proses fotosintesisnya. 

Ketika tumbuhan mulai dirusak secara tidak bertanggung jawab, secara tidak langsung ini menyebabkan hilangnya penyerap polutan alami. Sedangkan polusi terus-menerus dihasilkan oleh aktivitas pabrik dan transportasi. 

Berkurangnya tumbuhan dapat menyebabkan polusi menjadi tidak terkendali. Bukan hanya polusi udara, tetapi polusi tanah bahkan suara. 

3. Mempercepat pemanasan global

3. Mempercepat pemanasan global
nbcnews.com

Tindakan merusak tanaman memang terlihat sangatlah kecil. Namun jika diteruskan, ini dapat membawa dampak yang besar, bukan hanya bagi lingkungan sekitar rumah anak-anak, tetapi sampai berdampak pada lingkungan global. 

Saat ini dunia kita tengah diperhadapkan dengan masalah pemanasan global. Ini terjadi akibat berkurangnya penyerap CO2 alami, yaitu tumbuhan. 

Akibat banyak pohon yang ditebang, CO2 menumpuk dilapisan ozon dan menyebabkan sinar matahari yang masuk ke bumi tidak dapat dipantulkan keluar. Lama-kelamaan ini dapat merusak dan menganggu keseimbangan alam. 

4. Menyebabkan lingkungan menjadi kering

4. Menyebabkan lingkungan menjadi kering
Pexels/Pixabay

Merusak tanaman tidak memberikan dampak langsung. Namun ketika dilakukan secara berulang-ulang, ini akan memberikan dampak yang besar. Salah satunya ialah membuat lingkungan menjadi gersang. 

Perlu kita ketahui, tanaman bermanfaat untuk menyerap air dari dalam tanah. Ketika tanaman di rusak, tidak ada lagi yang menyerap kandungan air tanah. Sehingga tanah menjadi kering dan gersang. 

5. Merusak keindahan lingkungan

5. Merusak keindahan lingkungan
Freepik/tirachardz

Melihat taman atau kebun yang penuh dengan tumbuhan rasanya sangat indah dan tentram bukan? Coba bayangkan jika di sana tidak ada tanaman. Pastinya lingkungan terlihat lebih buruk.

Tumbuhan memiliki fungsi mempercantik lingkungan dan memberikan suasana rindang. Aneka ragam tanaman dapat memvawa suasanya menyejukkan juga natural. 

Ketika merusak tanaman, tanpa disadari kamu ikut mengurangi kecantikan lingkunganmu. 

Melihat banyaknya hal buruk yang mungkin terjadi akibat merusak tanaman, sebaiknya kita tidak melakukannya ya. Daripada merusak, lebih baik jika kita pelan-pelan menjaga keindahan lingkungan sekitar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.