4 Jenis Vitamin Ini Dapat Meningkatkan Berat Badan Anak Lho, Ma!

Bantulah anak mama mendapatkan berat tubuh idealnya melalui vitamin dan makanan berikut ini.

28 Mei 2020

4 Jenis Vitamin Ini Dapat Meningkatkan Berat Badan Anak, Ma
Freepik/Yuliyafurman

Ada banyak hal seputar perkembangan anak yang membuat Mama khawatir. Tidak dapat dipungkiri jika salah satu dari hal tersebut ialah masalah berat badan anak.

Peningkatan berat badannya sampai melebihi batas wajar memang menjadi masalah. Namun, berat badan anak yang kurang atau tidak optimal juga tidak dapat disepelekan. 

Seorang anak digolongkan memiliki berat badan normal jika bobot tubuhnya seimbang dengan tinggi badan dan usianya.

Untuk itu, agar anak mama dapat memperoleh berat badan yang optimal, Mama dapat membiasakan anak mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang, dimana kebutuhannya akan karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin terpenuhi.

Masih seputar vitamin, faktanya vitamin dapat membantu anak mama meningkatkan berat badannya sampai titik normal atau optimal. Vitamin dikenal dapat meningkatkan nafsu makan dan memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang memiliki berat badan rendah. 

Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh anak mama terpenuhi dengan mengonsumsi beberapa jenis vitamin dan makanan.

Temukan vitamin dan makanan apa saja yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak di Popmama.com.

1. Vitamin A

1. Vitamin A
Pixabay/Wounds_and_Cracks

Vitamin A ini biasanya sangat identik dengan manfaatnya untuk kesehatan mata. Dan biasanya kita akan menemukan banyak kandungan vitamin ini pada wortel dan pepaya.

Vitamin A ternyata memiliki khasiat lainnya, yaitu mampu memperkuat daya tahan tubuh anak. Hal ini didukung dengan sifat antioksidan yang dimiliki vitamin A. Antioksidan ini baik untuk menjaga kesehatan juga membantu tumbuh kembang anak. 

Kondisi tubuh yang sehat membuat nafsu makan anak mama meningkat. Hal ini dapat menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan berat badannya hingga optimal. Perlu diperhatikan juga, anak di usia 1-9 tahun membutuhkan 400–500 mcg vitamin A setiap harinya.

Editors' Picks

2. Vitamin B kompleks

2. Vitamin B kompleks
Pixabay/Bitfatcat

Vitamin B dikenal sebagai salah satu vitamin dengan 8 jenis yang berbeda. Mereka masing-masing memiliki manfaat yang berbeda pula. Namun, salah satu diantara mereka dapat membantu meningkatkan berat badan anak mama, itu adalah vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks memiliki kemampuan untuk membantu tubuh anak mengolah makanan menjadi sumber energi. Selain itu, vitamin ini juga mendukung perkembangan dan pertumbuhan tubuh serta kesehatan organ di dalamnya. Terutama sistem saraf dalam tubuhnya.

Jenis vitamin ini dapat Mama temukan pada makanan-makanan seperti; sayuran hijau, roti, sereal, juga kacang dan biji-bijian.

3. Vitamin C

3. Vitamin C
Freepik

Kamu pastinya kenal vitamin yang satu ini dari buah jeruk. Ya, buah itu merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi. 

Tahukah kamu kalau vitamin C bukan saja mampu mengatasi panas dalam dan sariawan dalam mulut, tetapi juga termasuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dari makanan yang anak konsumsi. 

Zat besi sendiri merupakan salah satu mineral yang berperan penting bagi tumbuh kembang dan pembentukan sel darah dalam tubuh anak mama. Anak dengan usia 1-9 tahun kira-kira memerlukan sebanyak 40-45 mg vitamin C per hari. 

Selain jeruk, ada beberapa jenis buah lainnya yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti; kiwi, stroberi, nanas dan mangga.

Buah-buahan tersebut memang diakui sebagai asupan alami yang mengandung vitamin untuk menambah berat badan anak. Selain itu rasanya juga enak dan bisa membangkitkan selera anak mama.

4. Vitamin D

4. Vitamin D
Freepik/dashu83

Vitamin D memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh dan mampu menjaga daya tahan tubuh anak mama. Selain itu, vitamin ini juga memiliki manfaat untuk membantu tumbuh kembang anak, terutama bagi tulang dan giginya. 

Untuk anak berusia satu ke atas, mereka membutuhkan sebanyak 15 mcg vitamin D setiap harinya. Vitamin D juga dapat dibentuk oleh tubuh anak sendirinya dengan bantuan paparan sinar matahari. 

Vitamin D juga dapat diperoleh di luar tubuh melalui makanan-makanan yang kaya akan vitamin ini. Beberapa makanan itu diantaranya ialah; telur, susu, dan ikan. 

Perhatikan Penggunaan Suplemen

Perhatikan Penggunaan Suplemen
Freepik/Eva058929

Sebenarnya, anak mama tidak memerlukan suplemen jika kebutuhan vitamin dan nutrisinya terpenuhi dengan cukup melalui makanan bergizi yang ia makan.

Dalam kondisi tertentu, tidak masalah unuk menambah berat badan anak menggunakan suplemen. Terutama jika ia mama sering sakit atau susah makan.

Sebelum mulai memberikan suplemen pada anak, sebaiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna memastikan apakah anak mama memang membutuhkan konsumsi suplemen atau tidak.

Biasanya dokter akan merekomendasikan pola makan yang sehat dan suplemen vitamin yang ditentukan dengan berat dan usia anak saat dokter tahu berat badan anak berada di bawah berat badan normal.

Namun ada baiknya Mama tetap membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat dan kaya vitamin sebagai cara menaikan berat badannya ketimbang dengan suplemen.

Buatlah kreasi makanan dan rasa yang unik. Itu akan membuat anak mama lebih tertarik untuk menyantap makanan yang telah Mama sediakan. Berikut tadi jenis vitamin penambah berat badan anak yang Mama harus catat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.