Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 10 Rekomendasi Vitamin C untuk Anak

Tetap jaga daya tahan tubuh si Kecil ya, Ma!

20 April 2020

Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 10 Rekomendasi Vitamin C Anak
Freepik/freepik

Cuaca berubah-ubah dan tak menentu seringkali membuat daya tahan tubuh menurun. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun demikian. Itulah mengapa penting memberikan suolemen vitamin pada anak.

Selain memberikan makanan bergizi,  minum air putih yang cukup, dan istirahat yang cukup, memberikan suplemen vitamin juga penting lho, Ma! Hal ini untuk membuat daya tahan tubuhnya tetap stabil dan tak mudah jatuh sakit.

Salah satunya mencukupi kebutuhan vitamin C pada tubuhnya. Vitamin C merupakan vitamin esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Itulah mengapa orang dewasa dan anak-anak memerlukan asupan vitamin C dari luar untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini.

Mengapa Anak Butuh Vitamin C?

Mengapa Anak Butuh Vitamin C
Freepik/xb100

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan asupan vitam C setiap hari. Alasannya karena vitamin C diperlukan untuk membentuk serta memperbaiki sel darah merah, tulang, serta berbagai jaringan tubuh lainnya.

Anak memerlukan vitamin C yang cukup agar kesehatan gusinya tetap terjaga, sistem kekebalan tubuhnya meningkat, menyembuhkan proses luka lebih cepat, serta tidak sering terganggu oleh berbagai infeksi yang mengintai.

Kebutuhan vitamin C setiap hari pada anak tentunya berbeda-beda sesuai dengan umurnya, diantaranya yaitu:

  • Usia 1-3 tahun: 15 mg
  • Usia 4-8 tahun: 25 mg
  • Usia di atas 9 tahun: 45 mg

Nah, sekarang Mama sudah tau berapa banyak kandungan vitamin C harian yang dibutuhkan anak. Saatnya cari tahu rekomendasi vitamin C untuk anak-anak yuk. Simak jawabannya di bawah ini ya, Ma!

1. Blackmores Vitamin C + Zinc Gummies

1. Blackmores Vitamin C + Zinc Gummies
Blackmores.com.au

Blackmores Vitamin C + Zinc Gummies ini bisa mejadi pilihan bagi Mama yang sedang mencari suplemen vitamin untuk anak. Vitamin ini terbuat dari bahan alami tanpa mengandung gula, perwarna buatan, perasa atau pemanis buatan.

Diformulasikan dengan vitamin C, D, A & Zinc yang berguna untuk mendukung sistem imun anak. Vitamin dalam bentuk gummy seperti jelly ini memiliki varian rasa strawberry yang pasti disuka oleh anak-anak.

Cukup berikan 1 gummy per hari pada anak, sudah membantu menjaga daya tahan tubuhnya lho, Ma. Harga vitamin ini bisa Mama dapatkan sekitar Rp 180.000.

2. Citrex Gummy Upin & Ipin

2. Citrex Gummy Upin & Ipin
Gogobli.com

Satu lagi vitamin berbentuk gummy siap kunyah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada anak. Citrex Gummy yang memiliki karakter kartun Upin & Ipin ini diperkaya akan vitamin C yang dapat memelihara daya tahan tubuh anak. Hadir dengan dua varian yakni strawberry dan jeruk, dijamin anak akan tertarik dengan gambar kartun kecintaan banyak anak ini.

Cukup berikan 1 gummy per hari dengan harga Rp 15.000 per box, vitamin yang diperuntukan bagi anak usia 5 sampai 12 tahun ini dapat menbambahkan asupan vitamin C mereka setiap harinya.

3. Fitkom Gummy Vitamin C dan Zinc

3. Fitkom Gummy Vitamin C Zinc
Gogobli.com

Fitkom gummy vitamin C dan Zinc merupakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, pada anak-anak diusia pertumbuhan. Vitamin ini membantu memelihara kesehatan anak-anak dan membantu memulihkan kondisi tubuh anak-anak sehabis sakit.

Masih sama seperti vitamin sebelumnya, vitamin ini berbentuk jelly dengan rasa manis yang tentunya disukai oleh anak-anak. Setiap hari Mama bisa memberikan 1 saset vitamin yang setara dengan 24 gram vitamin C dan Zinc. Harganya juga murah kok, Ma. Untuk 1 saset Mama bisa mendapatkan dengan harga Rp 5.000 - Rp 9.000

Editors' Picks

4. Holisticare Super Ester-C Kids

4. Holisticare Super Ester-C Kids
Gogobli.com

Memiliki kemasan botol dengan label berwarna merah dan gambar lucu, suplemen vitamin Holisticare Super Ester-C Kids hadir dengan manfaat utama untuk membantu memelihara daya tahan tubuh anak, Ma. Ini terutama jika anak sering terpapar radikal bebas seperti polusi dan asap rokok.

Berbeda dari suplemen vitamin pada umumya, Holisticare Super Ester-C Kids diklaim terbuat dari Ester-C atau bentuk ester dari vitamin C. Formula ini membantu mengoptimalkan penyerapannya, sehingga manfaat dari vitamin C pun jadi lebih maksimal.

Selain ester-C, vitamin ini juga mengandung citrus bioflavanoid, theronat dan xylitol. Ingat ya, Ma, dosisnya 1-3 tablet per hari dengan cara dikunyah atau dihisap.

Harga dari Holisticare Super Ester-C Kids yakni sekitar Rp 45.000.

5. Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Vitamin C + Zinc

5. Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Vitamin C + Zinc
Naturesway.com.au

Sesuai dengan namanya, vitamin satu ini mengandung dua bahan penting untuk membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat yaitu vitamin C dan Zinc. Sama seperti vitamin sebelumnya, vitamin ini juga berbentuk gummy dengan rasa jeruk yang manis dan enak. Dijamin anak akan suka dan kebutuhan vitamin C dan Zinc nya tercukupi.

Jika anak sudah berusia lebih dari 2 tahun, Mama bisa memberikan 2 pastiles per hari. Vitamin ini bisa Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 135.000

6. Nutrimax C+ C Junior with Phytogreen

6. Nutrimax C+ C Junior with Phytogreen
Gogobli.com

Nutrimax C Plus Junior merupakan suplemen yang mengandung Calcium Ascorbate yang merupakan vitamin C bebas asam. Mengandung Calcium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta dikombinasikan dengan phytogreen yang merupakan ekstrak dari Brokoli, Bayam, Wortel, Spirulina, Chlorella, EPO dan Black Currant, bekerja membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan serat untuk kesehatan sistem pencernaan.

Vitamin ini berbentuk tablet kunyah miniatur binatang dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak. Berikan 1 tablet kunyah per hari atau sesuai petunjuk dokter. Harga vitamin ini dibandrol sekitar Rp 225.800 - Rp. 299.200.

7. Sakatonik ABC

7. Sakatonik ABC
Kalbe.co.id

Nah, vitamin satu ini tentu sudah tak asing lagi dong Ma. Selain vitamin C, Sakatonik ABC mengandung multivitamin dasar seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D dan vitamin E, serta kalsium yang penting untuk anak-anak dalam mendukung tumbuh kembang nya dan menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Sakatonik ABC diformulasikan dalam bentuk tablet kunyah alphabets dengan tambahan rasa buah yang manis seperti permen sehingga disukai oleh anak-anak. Dalam website Kalbe Farma, dosis untuk vitamin ini bisa diberikan pada anak sebanyak 3 x 1 tablet / hari. Harganya pun cukup murah, sekitar Rp 12.400 - Rp 26.400.

8. Scotts’s Emulsion

8. Scotts’s Emulsion
Watsons.id

Tersedia dengan rasa jeruk yang manis, vitamin Scotts’s Emulsion mengandung cod liver oil alias minyak ikan cod, Ma. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin A, vitamin D, DHA, EPA serta kalsium.

Semua komponen ini sangat baik bagi proses pertumbuhan anak, serta untuk menunjang daya tahan tubuhnya. Harga dari Scott’s Emulsion yakni sekitar Rp 60.000

Dosis Scott’s Emulsion tergantung pada usia anak. Berikut dosis yang bisa diberikan pada anak untuk mengonsumsi vitamin ini:

  • Usia 1-6 tahun: 15 ml, 1 kali sehari.
  • Usia 7-12 tahun: 15 ml, 2 kali sehari.
  • Usia >12 tahun: 15 ml, 3 kali sehari.

9. Vidoran Gummy Vitamin C

9. Vidoran Gummy Vitamin C
Duniasmartvidoran.com

Vidoran Gummy Vitamin C merupakan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berbentuk jelly dengan varian rasa jeruk yang segar, vitamin ini memiliki karakter kartun Shaun the Sheep yang tentunya membuat anak dapat menikmati vitamin C dengan cara yang menyenangkan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anak, Mama bisa memberikan 1 gummy per hari. Vidoran vitamin C ini dibandrol dengan harga Rp 15.000 saja. Murah, bukan?

10. VItamin C IPI

10. VItamin C IPI
Blibli.com

Vitamin C IPI merupakan vitamin C berbentuk tablet dengan rasa jeruk yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C. Vitamin C bekerja dengan cara menjaga keutuhan fungsi jaringan mesodermal yaitu kolagen, tulang, gigi dan pembuluh darah.

Setiap tabletnya mengandung Vitamin C sebanyak 50 mg, jadi dalam sehari cukup konsumsi 1 tablet saja ya, Ma. Untuk harga juga cukup murah, hanya dengan Rp 4.100 - Rp 13.200 Mama sudah bisa mendapatan vitamin C yang cocok digunakan untuk anak ataupun orang dewasa.

Itulah rekomendasi vitamin C yang bisa Mama berikan pada anak-anak usia pertumbuhan. Selain dari makanan, menambahkan suplemen vitamin juga perlu untuk menjaga daya tahan tubuhnya lho, Ma. Jadi jangan lupa berikan vitamin padanya setiap hari ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.