Manfaat Buah Salak untuk Anak-Anak

Salak disebut sebagai 'Buah Memori' karena dapat meningkatkan daya ingat

17 September 2020

Manfaat Buah Salak Anak-Anak
Specialtyproduce.com

Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi untuk proses tumbuh kembangnya. Selain sayur, nutrisi juga bisa didapatkan dari buah-buahan. Misalnya, buah salak. 

Salak atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai snake fruit merupakan buah berwarna putih dengan rasa asam dan manis. Daging buahnya dilapisi dengan kulit yang bersisik seperti ular berwarna cokelat kemerahan dan mengkilap. 

Mama dapat memberikan buah salak pada si Kecil untuk dijadikan camilan dengan cara dikupas dan potong kecil-kecil atau mengolahnya menjadi puding. 

Salak kaya akan kandungan serat dan juga vitamin C yang baik untuk kesehatan anak. Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan manfaat buah salak untuk anak-anak

1. Bagus untuk pencernaan si Kecil

1. Bagus pencernaan si Kecil
yogurtinnutrition.com

Salak merupakan buah padat nutrisi yang karena diperkaya dengan kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten.

Mengutip healthbenefitstimes, kandungan nutrisi tersebut membuat salak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan serat pada salak bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di samping itu, tanin dalam buah salak bersifat sebagai anti diare sehingga salak membantu menyembuhkan diare. 

Bahkan, appabila salak dikonsumsi salak bersamaan dengan kulit arinya, maka dapat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lain. Misalnya, sakit perut atau kembung, Ma. 

2. Baik untuk kesehatan mata

2. Baik kesehatan mata
Unsplash/Anastasiya Pavlova

Mengonsumsi buah salak ternyata dapat menjaga kesehatan mata, lho. Hal ini karena salak mengandung betakaroten, yang dapat diubah menjadi vitamin A. 

Penelitian yang dilakukan oleh Nurfi Afriasyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibandingkan pada mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali dibandingkan semangka merah.

Jadi, menambahkan salak ke dalam menu makanan si Kecil dapat menjaga kesehatan mata, Ma. Terhindar dari rabun, katarak, dan kerusakan mata lainnya. 

Editors' Picks

3. Tingkatkan daya ingat anak

3. Tingkatkan daya ingat anak
Unsplash/Johny McClung

Salak dapat menjadi buah andalan Mama untuk si Kecil karena dapat memperkuat memori otak. Hingga tak heran jika salak disebut sebagai 'Buah Memori'. 

Mengutip IDNTimes, kandungan potasium dan pektin yang tinggi dalam salak dapat melancarkan aliran darah sehingga meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan daya ingat.

Anak-anak perlu asupan nutrisi yang dapat membantu proses tumbuh kembangnya. Jadi, tidak ada salahnya memberikan salak untuk dikonsumsi si Kecil. 

4. Bantu menyehatkan jantung

4. Bantu menyehatkan jantung
Unsplash/Anna Kolosyuk

Jantung merupakan bagian dari tubuh manusia yang sangat penting. Maka, perlu dijaga kesehatannya sehingga fungsinya dalam tubuh tetap berjalan dengan baik. 

Salah satu caranya, yaitu mengonsumsi salak. Salak memiliki kandungan kalium yang baik sehingga dapat membuat jantung sehat.

Hal ini karena jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi pada buah salak dapat menjaga sistem jantung berfungsi dengan baik. Selain itu, juga dapat membantu pengaturan air di dalam tubuh. 

5. Bisa turunkan berat badan berlebih

5. Bisa turunkan berat badan berlebih
Unsplash/Siora Photography

Salak banyak mengandung serat dan antioksidan sehingga cocok menjadi makanan untuk diet atau menurunkan berat badan.

Selain itu, salak diperkaya dengan kalsium dan karbohidrat yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan salak sebagai buah yang dapat memberikan energi dan juga stamina untuk tubuh saat menjalani diet. 

Mengonsumsi salak akan bantu menjaga berat badan tetap ideal, Ma. 

6. Mengontrol kadar gula darah

6. Mengontrol kadar gula darah
Prospectmedical.com

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengidap diabetes. Diabetes pada anak biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas anak dalam menghasilkan insulin. Akibatnya, gula darah menumpuk dalam aliran darah dan menyebabkan kadar gula darah anak naik.

Mengonsumsi salak mungkin dapat bantu mengontrol kadar gula darah pada anak. Salak membantu dalam regenerasi sel di pankreas sehingga dapat mengontrol diabetes.

Di samping itu, buah salak juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun kadar gula darah dalam mengendalikan diabetes.

7. Dapat mencegah anemia

7. Dapat mencegah anemia
Unsplash/Janko Ferlic

Apabila dikonsumsi, buah salak dapat bermanfaat untuk mencegah anemia. Anemia sangat menganggu tumbuh kembangnya karena dapat membuat anak mudah lelah dalam beraktivitas. 

Salak dikaya akan zat bezi, yang merupakan mineral yang sangat penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

Oleh sebab itu, berikanlah buah salak dengan jumlah secukupnya untuk si Kecil agar dapat terhindar dari anemia dan kelelahan, Ma. 

Itulah 7 manfaat buah salak untuk anak-anak. Siapkan buah salak di rumah untuk si Kecil yuk, Ma. Semoga bermanfaat ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.