5 Manfaat Buah Naga untuk Tumbuh Kembang Anak

Memberi cemilan sehat seperti buah naga adalah ide yang tepat, lho!

27 Februari 2019

5 Manfaat Buah Naga Tumbuh Kembang Anak
Freepik/Panumasyanuthai

Mama tentu sudah tidak asing lagi dengan buah naga bukan. Apakah Mama suka menyediakan buah naga untuk si Kecil?

Nah, buah naga ternyata memiliki kandungan antioksidan, vitamin A dan C yang baik untuk membangun kekebalan tubuh sang buah hati.

Warna daging buah naga pun beragam, yakni ada warna putih, merah, kuning, ungu dan hitam. Buah yang dapat dibudidayakan di dalam pot maupun kebun ini bisa Mama siapkan sebagai makanan nutrisi untuk tumbuh kembang sang buah hati.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com ulas mengenai 5 manfaat buat anak yang suka mengonsumsi buah naga. Langsung cek rangkumannya, yuk!

1. Kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata

1. Kaya akan vitamin A dapat menjaga kesehatan mata
Freepik/Rawpixel.com

Buah naga yang bisa Mama jadikan jus untuk si Kecil ternyata memiliki manfaat baik untuk mata dan kulit yang sehat.

Jenis buah yang bisa dijadikan smoothies segar ini juga dapat Mama berikan sebagai minuman bernutrisi untuk si Kecil.

Sementara buah naga yang juga bisa dimakan utuh memiliki banyak kandungan vitamin A. Di mana vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata anak dan dapat membantu ia dalam melawan segala jenis infeksi.

2. Mengandung vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh

2. Mengandung vitamin C bagus daya tahan tubuh
Freepik/Bearfotos

Tahukah Ma? Buah naga punya banyak vitamin C. Yang sudah tak asing lagi, bahwa vitamin C sangat diperlukan tubuh.

Vitamin C terbilang cukup baik untuk menunjang perkembangan sang buah hati, yakni untuk kesehatan gigi, tulang dan ototnya.

Selain itu vitamin C juga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

Jika daya tahan tubuhnya kuat, maka bisa memproses penyembuhan pada luka maupun mengobati sariawan.

Apabila anak sering mengonsumsi buah naga, maka dapat membantu perkembangan pembuluh darah si Kecil. Oleh karena itu jadikan buah naga sebagai sumber vitamin C sehari-harinya ya, Ma.

Editors' Picks

3. Mencegah anak dari sembelit

3. Mencegah anak dari sembelit
Freepik/Thanthima

Buah yang dagingnya empuk ini ternyata juga memiliki kandungan serat. Sedangkan fungsi serat itu sendiri dapat membantu sistem pencernaan anak.

Dengan mereka mengonsumsi buah naga, maka dapat membersihkan sistem pencernaannya. Selain itu ia pun terhindar dari yang namanya perut kembung atau sembelit.

Sebab jumlah serat yang cukup tinggi pada buah naga mampu mencerna makanan dengan baik, yang tentunya melatih pergerakan usus anak.

Untuk mendapatkan berat badan yang sehat pada si Kecil, Mama dapat mengandalkan serat yang terkandung dari buah naga. Tapi Mama jangan panik ketika air kecil dan besar berubah menjadi merah usai mengonsumsi buah naga ya.

Hal ini disebabkan karena kandungan pigmen betahiasian atau pewarna makanan alami yang terdapat pada buah naga. Tubuh akan mengalami pseudohematuria atau pipis merah palsu, jadi tak perlu khawatir ya ketika melihat pipis si Kecil berubah warna usai menikmati buah naga. Bukan hanya si Kecil, ini juga kerap terjadi pada orang dewasa setelang makan buah naga merah. 

4. Memiliki kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang

4. Memiliki kalsium bagus kesehatan tulang
Freepik/Pharmkwan_sj

Buah naga kaya akan nutrisi, Ma. Buah naga punya vitamin C, B1, B2 dan B3 serta berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan fosfor.

Semua kandungan tersebut pastinya memiliki khasiat yang baik untuk masa pertumbuhan anak. Buah naga kaya akan mineral, pada nutrisi ini juga mengandung fenolik dan flavonuloid yang baik untuk kesehatan tulang si Kecil.

Untuk mencegah pengeroposan pada tulangnya, kandungan kalsium yang ada di buah naga mampu mencegah osteoporosis.

Buah naga yang rasanya cukup manis mau Mama jadikan olahan apa?

5. Sebagai sumber antioksidan

5. Sebagai sumber antioksidan
Freepik/Prostooleh

Selain mengandung vitamin dan kalsium, buah yang warna dagingnya merah maron ini juga kaya akan antioksidan. Buah naga punya antioksidan yang bisa dijadikan sebagai fenol untuk melindungi membran sel anak akibat radikal bebas.

Antioksidan yang terdapat pada buah naga pun mampu menambah stamina tubuh si Kecil, lho. Di sisi lain kandungan antioksidannya akan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di tubuh si Kecil.

Coba deh mengolah buah naga menjadi puding yang lezat untuk sang buah hati, Ma. Dijamin si Kecil akan suka. Tentunya mereka juga mendapat banyak manfaat baik bagi tubuhnya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!