Apa Itu Alat Musik Ritmis? Materi Kelas 3 SD

Sebagai pengiring lagu, alat musik ritmis juga digunakan untuk membantu penari dalam membuat koreo

20 September 2021

Apa Itu Alat Musik Ritmis Materi Kelas 3 SD
Pexels/Pixabay

Musik merupakan sebuah instrumen yang selalu kita dengarkan dalam kesehariannya. Musik sendiri dapat tercipta oleh beberapa nada yang tercipta dari alat musik. 

Alat musik terdiri dari tiga jenis, yaitu alat musik yang berdasarkan bunyi, berdasarkan cara bermain dan berdasarkan fungsinya.

Kali ini alat musik yang akan dibahas adalah berdasarkan fungsinya, yaitu alat musik ritmis.

Pembagian alat musik berdasarkan fungsi terbagi atas tiga, yaitu melodis, ritmis, dan harmonis.

Penasaran apa itu alat musik ritmis dan apa saja fungsinya? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama.

Apa itu alat musik ritmis?

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan ritme atau irama lagu. Alat musik ini sangat berkaitan dengan ketukan dan juga birama.

Alat musik ini berbeda dengan jenis alat musik melodis yang dapat menghasilkan banyak nada. Walaupun alat musik ini tidak memiliki banyak nada untuk mengiringi musik, namun alat musik ritmis tetap menjadi bagian yang penting dalam sebuah musik.

Sebagian besar, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan ataupun alat khusus seperti stik. Beberapa ada pula yang cara permainannya harus digoyangkan untuk menghasilkan suara.

Alat musik ini menjadi pelengkap dalam alat musik melodis pada sebuah instrumen agar menghasilkan musik yang harmonis.

Editors' Picks

1. Menentukan sebuah tempo

1. Menentukan sebuah tempo
Pexels/Pixabay

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tempo merupakan bagian terpenting dari unsur terjadinya dinamika irama dan juga suasana dalam sebuah pertunjukkan. 

Tempo memiliki keterikatan dengan irama, selain itu tempo juga memiliki peran dalam mengatur cepat atau lambatnya sebuah nada. Hal ini pula yang membuat tempo menjadi bagian terpenting dalam kenyamanan para pendengarnya.

Tidak hanya itu, dalam gerakan tari biasanya juga diatur oleh tempo. Hal ini berguna untuk mengiringi para penari agar dapat menyesuaikan dengan ketukan gerakannya.

2. Untuk menandai bagian dari lagu

2. menandai bagian dari lagu
Pexels/Askar Abayev

Selain untuk mengatur tempo, alat musik ritmis juga berperan dalam menentukan bagian lagu.

Dalam sebuah musik terdapat yang namanya struktur lagu. Struktur lagu ini terdiri dari tiga macam, yaitu intro (pembuka), verse (pengantar), dan reff (inti lagu).

Pada sebuah lagu alat musik ritmis memiliki peran untuk menandai bagian dari struktur lagu itu sendiri. Biasanya alat musik ritmis akan menandai perpindahan lagu dari intro menuju verse atau reff.

3. Untuk mengiringi sebuah lagu

3. mengiringi sebuah lagu
Pexels/cottonbro

Fungsi lain alat musik ritmis adalah untuk mengiringi sebuah lagu. Lagu dapat dimainkan walaupun hanya dengan alat musik melodis. 

Namun, apabila lagu tersebut ditambahkan nada dari alat musik ritmis maka akan menciptakan alunan musik yang harmonis.

Kehadiran dari alat musik ritmis tentunya akan menjadi lebih menarik, karena akan menambah daya tarik dari lagu itu sendiri. 

4. Membantu gerakan koreografi

4. Membantu gerakan koreografi
Pexels/Aditya Agarwal

Dalam setiap gerakan tari biasanya memerlukan sebuah lagu sebagai penanda dalam setiap gerakan. Dengan adanya musik pengiring maka akan membantu gerakan tari agar lebih selaras.

Dalam hal ini alat musik ritmis berperan dalam membantu sebuah koreografi. Tempo yang terdapat pada alat musik ritmis dapat menjadi pedoman untuk menandai setiap gerakan tari. 

Pada alat musik tradisional, biasanya terdapat alat musik kendang yang menjadi pengiring dalam setiap ketukan dari gerakan tari. 

Walaupun sering digunakan sebagai pengiring musik, alat musik ritmis tetap memiliki peranan penting, terutama dalam mengatur tempo.

Nah, itu penjelasan mengenai apa itu fungsi alat musik ritmis serta fungsinya yang dapat Mama ajarkan pada anak. Semoga dapat menambah pengetahuan anak mama mengenai jenis alat musik ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.