Terbukti Lebih Cerdas, Yuk Mulai Ajari Anak Main Alat Musik Sejak Dini

Musik ternyata juga dapat memberikan efek positif bagi anak, baik secara fisik maupun mental

3 April 2019

Terbukti Lebih Cerdas, Yuk Mulai Ajari Anak Main Alat Musik Sejak Dini
Pixabay/jamplops

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa musik telah terbukti berperan penting dalam membantu perkembangan otak anak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajarnya.

Tak heran, jika kemudian banyak orangtua yang mulai memperkenalkan musik pada anak sejak dini, bahkan memberikan fasilitas alat musik demi mendukung keterampilan sang Buah Hati.
 

Editors' Picks

Kapan Saat Terbaik Memperkenalkan Musik?

Kapan Saat Terbaik Memperkenalkan Musik
pixabay.com/nightowl

Dilansir dari mindfullmum.co.uk, tujuh tahun adalah usia ideal bagi anak untuk mulai mempelajari berbagai instrumen alat musik. Logikanya, selain secara fisik sudah lebih kuat, di usia tujuh tahun diharapkan anak sudah dapat membaca dengan baik dan siap untuk belajar memahami musik sebagai dari keterampilan barunya. 

Meski demikian,ada kemungkinan anak dapat mempelajari musik lebih dini, lho Ma. Beberapa anak sudah mulai memainkan piano dan alat musik dawai pada usia 4 atau 5 tahun. Sedangkan sebagian lainnya bergabung pada paduan suara atau mempelajari alat musik tiup seperti yang diajarkan di sekolah. Pada intinya, selama anak menikmati permainan alat musiknya, ia akan dapat mengembangkan keterampilan sesuai dengan keinginannya.

Manfaat Belajar Bermusik

Manfaat Belajar Bermusik
Pixabay.com/hirokichi

Sebuah penelitian menemukan bahwa belajar musik tak hanya dapat meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan anak, tetapi juga memiliki manfaat penting lainnya, seperti:

Meningkatkan kemampuan berbicara

Musik ternyata juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak. Studi terbaru menunjukkan bahwa dengan berlatih musik secara rutin dapat membantu mengembangkan kemampuan otak sebelah kiri yang memegang peranan penting dalam kemampuan berbicara. 

Meningkatkan kecerdasan

Sebuah studi yang dilakukan oleh E. Glenn Schellenberg dari University of Toronto menemukan peningkatan kecil dalam IQ anak usia enam tahun yang rutin belajar menyanyi setiap minggu. Artinya, musik telah terbukti dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak terutama di masa emasnya.

Memacu kinerja otak

Anak-anak yang terlibat dalam seni musik terbukti memiliki pertumbuhan aktivitas saraf yang lebih besar. Dibandingkan dengan teman seusianya yang tidak mengikuti latihan musik, kinerja otak anak yang bermusik lebih baik. Hal ini mempengaruhi daya tangkapnya terhadap informasi.

Alat Musik yang Baik untuk Anak

Alat Musik Baik Anak
pexels.com/MaineProMedia

Meskipun musik memiliki manfaat yang penting bagi perkembangan anak, tetapi mungkin ia akan merasa kesulitan mempelajari semua alat musik. Karenanya, bantu si Kecil untuk memilih alat musik yang sesuai dan cocok untuk dipelajarinya. Berikut ini ada lima rekomendasi alat yang bisa dipelajari anak yang baru belajar musik. Simak, yuk Ma.

Ukulele 

Berbeda dengan gitar yang berukuran yang besar, ukulele lebih mudah dipelajari. Dengan ukurannya yang kecil dan hanya terdiri dari beberapa kord, ukulele sangat mudah untuk dimainkan anak dalam waktu singkat. 

Gitar

Gitar adalah alat musik yang baik dipelajari anak karena kemudahan dan alat yang praktis. Gitar, termasuk alat musik yang mudah dibawa dan bisa dimainkan kapan saja. Gitar memadukan pengethuan anak tentang tangga nada, melodi, dan ritme. 

Seruling

Seruling merupakan salah satu alat musik yang termudah untuk dimainkan. Bahkan, tak jarang banyak sekolah yang mengajarkan permainan seruling ini di kelas karena sangat mudah untuk dipelajari hanya dengan memadukan pernapasan dan keterampilan jari tangan.

Drum

Drum termasuk salah satu alat musik yang dapat membantu anak untuk mengekspresikan diri. Drum termasuk salah satu alat musik yang paling mudah untuk dipelajari. Mengapa? Karena anak tidak perlu bingung untuk mempelajari nada melainkan diajari untuk mengenal tempo terlebih dahulu.

Piano

Piano adalah instrumen musik yang sangat jelas untuk dipelajari, hanya dengan menekan tombolnya. Umumnya, anak yang mempelajari piano akan mudah untuk belajar instrumen lainnya karena piano menggabungkan berbagai elemen musik seperti melodi, harmoni, ritme, dan dinamika yang tidak dimiliki oleh alat musik lain. 

Biola

Walau tak mudah untuk dipelajari karena membutuhkan ketangkasan antara tangan dan telinga secara bersamaan. Biola yang tersedia dalam berbagai macam ukuran juga cocok untuk dipelajari oleh anak sejak dini.

Beberapa rekomendasi di atas bisa digunakan sebagai panduan bagi Mama untuk memilih alat musik untuk anak. Namun, jangan lupa libatkan anak dalam memilih alat musik yang sesuai dengan kepribadian dan minat, ya Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.