Amalan 10 Hari Kedua Bulan Ramadan yang dapat Dilakukan Bersama Anak

Agar puasa menjadi berkah, lakukan amalan ini

23 April 2021

Amalan 10 Hari Kedua Bulan Ramadan dapat Dilakukan Bersama Anak
Pexels/Herbert Santos

Di 10 hari kedua Ramadan, biasanya umat muslim akan lebih semangat menjalani harinya. Sebab, tubuh sudah terbiasa untuk berpuasa dan hari kemenangan juga semakin dekat.

Sambil menunggu hari kemenangan tiba, lakukan berbagai amalan kebaikan agar mendapat pahala dari Allah SWT. Jangan sampai kita menyia-nyiakan hari-hari di bulan Ramadan ini berlalu begitu saja. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai amalan 10 hari kedua bulan Ramadan yang dapat dikerjakan. 

1. Tadarus Al-Quran 

1. Tadarus Al-Quran 
Pixabay/aichbus

Membaca Al-Quran dalam bulan Ramadan dianjurkan oleh Allah SWT sesuai yang tertera pada QS. Al-Baqarah ayat 185.

"Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan." (QS. Al Baqarah ayat 185).

Biasanya dari hari pertama Ramadan umat muslim sudah mulai berlomba mengkhatamkan Al-Quran. Nah, karena sudah mulai terbiasa membaca Al-Quran sejak awal Ramadan, pasti sudah mulai terbiasa tadarus. Di 10 hari kedua Ramadan, yuk lebih semangat dan lebih sering lagi membaca Al-Quran! 
 

Editors' Picks

2. Perbanyak zikir dan berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT

2. Perbanyak zikir berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT
Pexels/Herbert Santos

Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

"Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya 'Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)."

Dari hadis di atas dapat diketahui bahwa di 10 hari kedua bulan Ramadan adalah Maghfirah. Allah akan memberikan pintu maaf seluas-luasnya untu para hamba-Nya. Maka dari itu, perbanyak zikir dan berdoa untuk memohon ampunan Allah SWT. Jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini ya! 

3. Mengerjakan salat malam

3. Mengerjakan salat malam
Popmama.com/Novy Agrina

Mengerjakan salat malam mungkin sulit untuk anak. Hal tersebut karena belum terbiasa. Nah, Mama bisa nih mulai mencoba mengajak anak untuk mulai salat malam. Sebab, dalam sebuah hadist disebutkan bahwa seorang hamba yang mendirikan shalat malam selama Ramadan, maka dosa-dosanya diampuni. Bahkan ia diumpamakan seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.

4. Bersedekah 

4. Bersedekah 
Pexels/RODNAE Productions

Di bulan yang Ramadan ini mari ajak anak mama berbuat baik dengan cara bersedekah. Bersedekah memang dapat dilakukan kapan saja, namun bersedekah di bulan Ramadan menjadi amalan istimewa yang akan mendatangkan banyak kebaikan. Amalan ini pun sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. 

Rasulullah bersabda:

“Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan,’ (HR At-Tirmidzi).

5. Memberi makan berbuka puasa untuk orang yang berpuasa

5. Memberi makan berbuka puasa orang berpuasa
Nona.my

Mengutip salah satu khotbah Rasulullah SAW yang dikisahkan Salman Al-Farisi RA,

“Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada orang yang saum/puasa dengan seteguk susu, sebiji kurma, atau seteguk air, dan siapa yang mengenyangkan orang saum, maka Allah akan memberi minum dari telaga dengan satu tegukan, yang menyebabkan tidak haus sampai masuk surga.”

Selain itu, Rasulullah sendiri telah menyampaikan betapa besarnya pahala bagi orang yang memberi makan orang berpuasa dalam sebuah hadis berikut:

"Barang siapa yang memberi makanan orang yang sedang berpuasa untuk berbuka, maka baginya pahala seperti orang puasa tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala orang puasa tersebut." (HR at-Tirmidzi).

Dari anjuran Rasulullah SAW tersebut, yuk mulai berbagi makanan untuk orang lain berbuka. Hal ini bisa dimulai dari memberi makanan untuk tetangga terdekat.

Itulah amalan di 10 hari kedua bulan Ramadan yang dapat Mama lakukan bersama anak-anak. Namun, amalan tersebut bisa mama pertahankan hingga akhir Ramadan juga lho! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.