10 Contoh Mind Mapping Bahasa Indonesia

Mulai dari kehidupan pribadi, pelajaran hingga bisnis

10 September 2021

10 Contoh Mind Mapping Bahasa Indonesia
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Mind mapping atau pemetaan pikiran adalah suatu metode pencatatan secara terstruktur guna memaksimalkan potensi pikiran manusia, dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara optimal. 

Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974. Ia merupakan seorang ahli pengembangan potensi manusia asal Inggris. 

Kini, mind mapping dapat digunakan oleh berbagai kalangan untuk macam-macam kepentingan. Misalnya, untuk mengenal diri sendiri, mencatat tujuan, meringkas materi pembelajaran, membuat usaha dan masih banyak lainnya. 

Dengan membuat mind mapping dari suatu hal, maka kita akan lebih memahami berbagai informasi secara lebih terperinci, menjadi lebih teliti, serta lebih kreatif dan produktif. 

Kita dapat memulai membuat mind mapping dengan usul dari Tony Buzan:

  • Mulai dari tengah dengan gambar Tema, gunakan minimal 3 warna.
  • Gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi diseluruh mind mapping yang dibuat.
  • Pilih kata kunci dan tulis dengan huruf besar atau kecil .
  • Tiap kata/gambar harus sendiri dan mempunyai garis sendiri.
  • Garis-garis itu saling dikaitkan, mulai dari tengah yaitu gambar Tema Utama. Garis bagian tengah tebal, organis, dan mengalir dari pusat keluar, menjulur seperti akar, atau pancaran cahaya.
  • Buat garis sama panjangnya dengan gambar/kata.
  • Gunakan warna – kode rahasia sendiri di mind mapping yang dibuat.
  • Kembangkan gaya penuturan, penekanan tertentu, dan penampilan khas di mind mapping yang dibuat. Jadi mind mapping setiap orang tidak harus sama, meskipun tema yang dibahas sama.
  • Gunakan kaidah asosiasi di mind mapping yang dibuat.
  • Biarkan mind mapping itu jelas, menggunakan hierarki yang runtut, urutan yang jelas dengan jangkauan sampai ke cabang-cabang paling ujung.

Nah, sekarang kita mulai buat yuk! Berikut ini Popmama.com akan menyuguhkan 10 contoh mind mapping bahasa indonesia untuk inspirasi kamu. Simak, yuk! 
 

1. Mind mapping tentang diri sendiri 

1. Mind mapping tentang diri sendiri 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Mind mapping ini berguna untuk mengenal diri kita sendiri lebih jauh. Kita akan mengetahui apa saja potensi yang kita miliki dan ke mana kita akan mengarahkan potensi tersebut. 

Misalnya, dengan membuat mind mapping kita jadi tahu memiliki bakat menggambar, lalu dari bakap tersebut kita membuka usaha gambar atau lukisan. 

Selain itu, bisa jadi dengan membuat mind map kita akan mengetahui apa yang kita sukai dan tidak sukai. Dengan begitu, kita dapat menjauhi hal yang tak kita sukai agar tak membuat mood kita jelek. Sebaliknya, jika kita merasa sedih, kita tak usah bingung dan langsung lakukan hal yang kita sukai. 

Tak hanya dua hal tersebut, kamu masih bisa mengenal diri kamu lebih jauh lho dari sebuah mind map. Cantumkan segala hal yang kamu mau tentang dirimu. 

2. Mind mapping cita-cita di masa depan

2. Mind mapping cita-cita masa depan
Devi Ari Rahmadhani/Popmama.com

Untuk mencapai cita-cita yang besar, kita perlu kerja keras dan melakukan usaha-usaha kecil, termasuk dalam bidang pendidikan.

Dengan membuat mind mapping kita akan tahu apa saja usaha kecil yang harus kita lakukan dengan disiplin agar mimpi besar yang didambakan tercapai. 

Kamu dapat memasukkan sekolah tujuanmu, kursus yang ingin kamu jalani, waktu bermain dan relaksasi, serta hal lain yang menunjang dirimu mencapai cita-cita yang diharapkan. 

3. Mind mapping tentang kegiatan satu tahun ke depan 

3. Mind mapping tentang kegiatan satu tahun ke depan 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Selain memiliki cita-cita yang besar di masa depan, pasti kita juga memiliki harapan-harapan kecil yang harus dicapai setiap tahunnya. 

Misalnya, tentang liburan impian, tabungan yang harus dicapai dan lainnya. 

Dengan menentukan harapan tahunan, kita menjadi lebih disiplin untuk menjalani hidup. Mind mapping ini seperti panduan aktivitas harian. 

4. Mind Mapping belajar bahasa Inggris 

4. Mind Mapping belajar bahasa Inggris 
dimensibahasainggris.com

Tak hanya mengatur kegiatan dan kehidupan kita saja, mind mapping dapat membantu kita merangkum materi dan mempermudah proses pembelajaran. 

Salah satu pelajaran yang dapat dibuat mind mapping adalah Bahasa Inggris. 

Dengan mind mapping, kita bisa belajar menambah vocabularry hingga belajar grammar lho! 

Untuk vocabbularry, kita bisa memulainya dengan topik di tengah kertas. Misalnya ditengah kertas kita buat animal, lalu buat lah cabang nama-nama hewan dengan Bahasa Inggris. 

Kemudian untuk grammer, kita bisa membuat satu grammer satu mind map. 

Selamat mencoba! 

Editors' Picks

5. Mind mapping jenis paragraf

5. Mind mapping jenis paragraf
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Tak hanya untuk membantu belajar Bahasa Inggris, kita pun bisa belajar materi Bahasa Indonesia dengan bantuan mind mapping. 

Contohnya, membuat mind mapping jenis-jenis paragraf. Mulai dari paragraf dedukti dan paragraf induktif.

6. Mind mapping untuk lebih mengenal hewan sesuai dengan cara bernafas

6. Mind mapping lebih mengenal hewan sesuai cara bernafas
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Seperti yang kita ketahui, ada banyak hewan di dunia ini dan mereka memiliki tempat hidup yang berbeda-beda. Maka dari itu, mereka pun memiliki cara bernafas yang berbeda. 

Untuk mempermudah menghafalnya, coba kita buat mind mapping hewan sesuai cara bernafasnya yuk! 

Kita buat tulisan di tengah cara hewan bernafas, kemudian kita buat akar untuk membagi jenis-jenis cara mereka bernafas (menggunakan paru-paru, insang ataupun keduanya). 

Selanjutnya buat akar lagi dan sebutkan ciri-ciri hewan yang bernafas dengan paru-paru, insang, ataupun keduanya. Terakhir, buatah akar untuk menyebutkan contoh hewannya. 

7. Mind mapping perubahan wujud benda

7. Mind mapping perubahan wujud benda
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Mind mapping dapat membantu kita lebih memahami perubahan wujud benda. Mulai dari melebur, mencair, menguap dan lainnya. 

Kita bisa menuliskan tentang pengertian dari masing-masing proses perubahan wujud benda beserta dengan contoh-contohnya. 

8. Mind mapping untuk pelajaran sejarah 

8. Mind mapping pelajaran sejarah 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Materi pembelajaran sejarah sangatlah banyak. Mulai dari tanggal penting, tempat bersejarah, hingga tokoh semuanya harus dipahami. 

Untuk mempermudah, kita bisa memahami materi sejarang dengan membuat mind mapping lho. 

Misalnya, kita membuat mind mapping tentang Pancasila. Cantumkan tokoh perumus Pancasila, hari disahkannya Pancasila, tempat disahkan Pancasila, hingga tokoh yang mengesahkan Pancasila.

Jika kamu ingin membuat topik lainnya, hal yang penting untuk tercantum dalam mind mapping adalah nama tokoh, tanggal dan bulan kejadian, tempat kejadian, dan nama peristiwa. 

9. Mind mapping untuk bisnis 

9. Mind mapping bisnis 
ukulele.co.nz

Kamu ingin memulai bisnis? Tapi takut gagal? Coba kita buat mind mapping yuk! 

Dengan bantuan mind mapping kita akan mengetahui perencanaan dan pengelolaan keuangan kita, kita tentukan strategy, buat timeline, perhatikan SWOT dan lainnya. 

Hal-hal tersebut dapat membantu kita membuat bisnis dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. 

10. Mind mapping untuk brand dan logo

10. Mind mapping brand logo
info.populix.co

Setelah mengetahui hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, kini langsung realisasikan buat brand kamu sendiri.  

Dalam membuat logo, kita harus memperhatikan warna, font dan ikon yang akan kita gunakan. Ketiga hal tersebut harus khas dan benar-benar menggambarkan produk kita. Supaya, dalam sekali baca, orang lain langsung mengetahui apa produk yang kita jual. 

Nah itu lah berbagai macam contoh mind mapping yang biasa digunakan untuk membantu kehidupan kita sehari-hari. Semoga, dengan adanya mind mapping segala tujuan tika tercapai ya! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.