7 Sekolah Termahal di Indonesia, SPP Hingga Ratusan Juta Rupiah

Inilah sekolah internasional termahal yang menggunakan kurikulum pembelajaran dari luar negeri

24 Mei 2022

7 Sekolah Termahal Indonesia, SPP Hingga Ratusan Juta Rupiah
Freepik/pressfoto

Setiap orangtua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk dalam bidang pendidikan. Tak sedikit orangtua di Indonesia yang rela merogoh kocek ratusan juta rupiah untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah internasional. 

Hal tersebut bukan hanya sekadar gengsi semata, melainkan ingin anak-anak mendapatkan pendidikan dengan kurikulum yang sesuai dengan standar yang diharapkan oleh masing-masing orangtua. 

Tentunya fasilitas yang lengkap dan bimimbingan menjadi pribadi yang unggul dan terpelajar di masa depan juga menjadi alasan bagi orangtua untuk menyekolah anak di sekolah tersebut.

Jika Mama tertarik untuk menyekolahkan anak di sekolah internasional, berikut ini Popmama.com telah menyajikan daftar 7 sekolah Internasional termahal dengan biaya SPP Ratusan juta. Sekolah mana saja ya, Ma!

1. Jakarta Intercultural School (JIS)

1. Jakarta Intercultural School (JIS)
Jisedu.or.id

Jakarta Intercultural School (JIS) merupakan sekolah Internasional swasta di Jakarta yang telah berdiri sejak tahun 1951. Saat ini JIS memiliki tiga kampus, dua untuk SD di Pattimura dan Pondok Indah dan satu kampus utama untuk SMP dan SMA di Cilandak, Jakarta Selatan.

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah swasta terbaik di Indonesia karena menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Advanced Placement yang berpedoman pada penyelidikan komprehensif.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan kurikulum tersebut menjadi kurikulum dengan fokus internasional yang kuat sehingga menganggap JIS sebagai salah satu sekolah terbaik di luar negeri untuk mempersiapkan siswa masuk universitas di Amerika Serikat.

Selain kurikulum pembelajaran, JIS pun menyediakan berbagai fasilitas untuk peserta didiknya.

Mulai dari fasilitas seperti studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan,ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, lapangan tenis, dan masih banyak lainnya. 

Untuk mendapat segala pendidikan terbaik di JIS, Mama dan Papa perlu mengeluarkan uang SPP sebesar Rp419 juta per tahun. 

2. British School Jakarta

2. British School Jakarta
International-schools.org

British School Jakarta telah berdiri sejak tahun 1973 di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya. Sekolah yang terletak di Pondok Aren, Tangerang Selatan ini menerapkan kurikulum IB (International Baccalaureate) yang terbagi dalam empat program yaitu Primary Year Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP), Diploma Programme (DP), dan Career-related Programme (CP).

Di British School Jakarta juga tersedia berbagai ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh seluruh peserta didik sesuai dengan keinginannya. Ekstrakulikuler ini didampingi langsung oleh para guru yang sudah berpengalaman lho, Ma. Jadi anak-anak akan mendapat bimbingan terbaik untuk mengembangkan minatnya. 

Untuk mendapatkan segala fasilitas pendidikan yang mumpuni di British School Jakarta, Mama dan Papa harus merogoh kantong mulai dari Rp308-387 juta.

Editors' Picks

3. ACG School Jakarta

3. ACG School Jakarta
Jakarta.acgedu.com

ACG School merupakan sekolah Internasional yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah milik Academic Colleges Group yang berbasis di New Zealand ini telah berdiri sejak 2004. Kini, ACG School menyediakan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations. 

Kelas dalam sekolah ini terbuka dari tingkat kindergarten (TK), Primary (kelas 1-6), Secondary (kelas 7-11), dan Secondary (kelas (12-13). 

Adapun fasilitas sekolah berstandar internasional yang dapat digunakan oleh para siswa yakni auditorium, laboratorium, technology center, athletic track, dan masih banyak lainnya. 

Untuk menyekolahkan anak mama di ACG School, Mama dan Pepe perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp235 juta hingga Rp 310 juta.

Biaya ini belum termasuk biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya untuk English Language Support (ELS) setiap semesternya sebesar Rp 37 juta, dan biaya-biaya lainnya.

4. New Zealand School Jakarta

4. New Zealand School Jakarta
Nzsj.sch.id

New Zealand School Jakarta terletak di Kemang, Jakarta Selatan. Di sekolah ini, para siswa mengikuti pembelajaran dengan kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum, NZC. 

Adapun jenjang pendidikan yang tersedia yakni mulai dari usia 18 bulan (pre-school) hingga 15 tahun (grade 9).

Semua aktivitas pembelajaran di New Zealand School didukung dengan berbagai fasilitas yang berkualitas. Tak hanya itu saja, seluruh siswa juga mendapatkan meal plan atau katering di sekolah. dengan makanan yang bergizi tersebut, diharapkan semua siswa tumbuh sehat dan bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal. 

Disamping belajar, para siswa di New Zealand School juga bisa mengikuti berbagai ekstrakulikuler yang beragam, mulai dari seni hingga olahraga. 

Untuk menyekolahkan anak mama di New Zealand School ini, diperlukan biaya sekitar Rp50-215.2 juta rupiah.

5. Global Jaya School

5. Global Jaya School
Graharaya.com

Global Jaya School merupakan sekolah yang dibangun oleh Jaya Group milik Ciputra. Sekolah ini terletak di Tangerang Selatan dengan jenjang pendidikan mulai dari TK A, Primary Year Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP), hingga Diploma Programme (DP). Semua tingkatan pendidikan menggunakan kurikulum IB (International Baccalaureate).

Sekolah ini juga menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas berstandar Internasional untuk para siswanya. Mulai dari lapangan tenis, sepakbola, basket, gym, dan teater yang sangat luas untuk acara-acara pentas seni.

Biaya untuk menyekolahkan anak mama di Global Jaya School sangat beragam sesuai dengan tingkatan kelas. Dimulai dari playgroup dengan biaya Rp53,3 juta, TK di angka Rp93,3 juta, untuk SD adalah Rp210 juta dan jenjang SMP mencapai Rp215 juta.

6. Singapore International School (SIS)

6. Singapore International School (SIS)
International-schools-database.com

Singapore International School menerapkan kurikulum gabungan antara Cambridge dan metodologi Singapura dalam proses pembelajarannya. Sekolah ini terbuka dari tingkat Preschool, The Primary Curriculum, Secondary School Curriculum, hingga Diploma Programme (DP). 

Sekolah yang terletak di Ada juga berbagai fasilitas yang tersedia untuk para siswa yakni ruang laboratorium, ruang teater, kolam renang, fasilitas olahraga, perpustakaan, dan masih banyak lainnya. 

Di Indonesia, SIS memiliki beberapa gedung di berbagai daerah. Mulai dari Jakarta Selatan, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Cilegon, Semarang, Palembang, hingga Medan. Sedangkan untuk di luar negeri, SIS berada di Myanmar, Korea, dan Chennai-India.

Untuk menempuh pendidikan di Singapore International School, Mama dan Papa harus siap mengeluarkan biaya sekolah mulai dari Rp39-185 juta rupiah. 

7. Australian Independent (Internasional) School

7. Australian Independent (Internasional) School
Google foto/Widya Suryani

Australian Independent (International) School telah berdiri sejak 1996. Selama lebih dari 20 tahun, AIS menjadi sekolah Internasional di Indonesia yang menawarkan pendidikan berbasis kurikulum Australia.

Pendidikan di sekolah ini dimulai dari preschool, sekolah dasar (kelas 1-6), sekolah menengah atas (kelas 7-10), dan International Baccalaureate Diploma Program (IBDP) / Diploma AIS (kelas 11 dan 12).

Selain pembelajaran dalam kelas, Australian Independent (International) School menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk para siswa mengembangkan minat dan bakatnya. Mulai dari tenis, sepak bola, senam, tenis meja, taekwondo, golf, netball, touch rugby, berenang, hingga program AIS nippers (advanced).

Jika Mama dan Papa ingin menyekolahkan anak-anak di Australian Independent (International) School terdapat dua kampus yang bisa dipilih yaitu Jl. Pejaten Barat No.68 Jakarta Selatan atau Jl. Imam Bonjol No 458A Denpasar, Bali. 

Sementara untuk biaya pendidikan yang dibutuhkan yakni mulai dari Rp83.700.000–Rp385.800.000 per tahun.

Nah itulah beberapa sekolah termahal di Indonesia yang biayanya berkisar antara puluhan hingga ratusan juta. Semoga membantu Mama dan Papa menemukan sekolah terbaik untuk anak-anak, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk