7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Belajar Bareng Anak Yuk!

Pengucapannya disesuaikan dengan lawan bicaranya

28 Januari 2022

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Belajar Bareng Anak Yuk
Pexels/Ketut Subiyanto

Bagi kamu yang suka dengan KDrama dan KPop mendunia, pasti sudah tak asing lagi dengan basa Korea. Hingga akhirnya banyak yang jadi ingin belajar lebih dalam berbahasa Korea. 

Sebelum belajar lebih jauh tentang bahasa Korea, kita harus tahu jika bahasa Korea memiliki beberapa tingkat kesopanan yang berbeda-beda dalam penggunaannya.

Misalnya, kata yang digunakan saat berbicara dengan teman sebaya dengan orangtua itu berbeda. Dalam bahasa Indonesia hal ini disebut dengan bahasa formal, non formal, dan bahasa gaul. 

Nah, untuk lebih memahami lebih jauh tentang tingkat kesopnan dalam berbagasa Korea, kali ini Popmama.com telah menyajikan beberapa kata bahasa Korea terima kasih beserta penjelasan tentang tingkat kesopanannya.

Yuk langsung simak penjelasannya! 

1. 고마워 (gomawo) 

1. 고마워 (gomawo) 
Freepik

Bagi pencinta KDrama mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata 고마워 (gomawo). Kata ini merupakan salah satu ungkapan rasa terima kasih yang sangat populer.

Meski demikian, 고마워 (gomawo) tergolong dalam bahasa informal. Jadi, kata ini lebih tepat jika kita pakai saat mengucapkan terima kasih kepada teman sebaya atau teman akrab saat berada dalam situasi yang kasual. 

2. 고마워요 (gomawoyo)

2. 고마워요 (gomawoyo)
Unsplash/Chayene Rafaela

Kata kedua ini tak berbeda jauh dengan sebelumnya. Hanya ada penambahan 요 (yo) di akhir kata. 

Kata 고마워요 (gomawoyo) ini merupakan ucapan terima kasih yang tergolong bahasa informal namun lebih sopan dibandingkan 고마워 (gomawo). 

Penggunaan kata 고마워요 (gomawoyo) biasanya ditujukkan pada teman yang tidak terlalu akrab atau bisa juga orang yang lebih muda. 

Editors' Picks

3. 감사-감사 (kamsa-kamsa)

3. 감사-감사 (kamsa-kamsa)
Freepik/romeo22

감사-감사 (kamsa-kamsa) merupakan ucapan terima kasih yang cukup populer di kalangan anak muda. Dapat dikatakan 감사-감사 (kamsa-kamsa) merupakan bahasa gaul anak muda untuk mengucapkan terima kasih. 

Walau demikian, kata 감사-감사 (kamsa-kamsa) lebih sering digunakan dalam chatting atau saat berkirim pesan dengan teman. Namun, kata ini pun dapat diucapkan secara langsung pada teman sebaya ketika sedang bersantai. 

4. 감사 해 (Kamsahae) 

4. 감사 해 (Kamsahae) 
Pexels/Josh Willink

감사 해 (Kamsahae) merupakan bentuk 반말 banmal atau penyederhanaan dari bentuk informal.

Kata ini tidak sopan untuk diucapkan kepada orang yang lebih tua. Biasanya 감사 해 (Kamsahae) digunakan untuk berterima kasih kepada orang yang lebih muda atau teman akrab.

5. 감사 해요 (kamsahaeyo)

5. 감사 해요 (kamsahaeyo)
Freepik/Rawpixel-com

감사 해요 (kamsahaeyo) tak berbeda jauh dengan kata sebelumnya. Hanya saja dalam kata ini ada tambahan 요 (yo) di akhir kata sehingga jadi terasa sopan. Kata 감사 해요 (kamsahaeyo) bisa digunakan dalam suasana informal kepada orang yang  lebih tua, senior, dan orang yang dihormati. 

6. 감사 합니다 (kamsahamnida)

6. 감사 합니다 (kamsahamnida)
Freepik/rawpixel.com

감사 합니다 (kamsahamnida) merupakan ucapan terima kasih dalam bahasa yang formal dan sopan. Biasanya, 감사 합니다 (kamsahamnida) diucapkan kepada orang yang dihormati atau yang lebih tua saat situasi formal, seperti saat berbicara dengan klien, rekan bisnis, bos, orang yang dituakan, dan sebagainya.

7. 고맙습니다 (gomapseumnida)

7. 고맙습니다 (gomapseumnida)
wexnermedical.osu.edu

고맙습니다 (gomapseumnida) sama seperti 감사 합니다 (kamsahamnida). Keduanya merupakan ucapan terima kasih dalam bentuk formal dan sopan sehingga bisa diucapkan kepada orang yang lebih tua. 

Namun, masih banyak orang yang menganggap 감사 합니다 (kamsahamnida) lebih sopan dari 고맙습니다 (gomapseumnida). Jadi, perlu lebih hati-hati dua ucapan ini. 

Nah, itu dia bahasa Korea terima kasih. Jangan sampai kamu salah menggunakan bahasa hingga terkesan kurang sopan, ya. Untuk itu, mari kita mulai praktikan mulai sekarang! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk