5 Fakta Unik Burung Hantu yang Perlu Anak Ketahui

Tahukah Mama bahwa mata burung hantu tidak bisa bergerak seperti bola mata kita?

31 Agustus 2021

5 Fakta Unik Burung Hantu Perlu Anak Ketahui
Freepik/wirestock

Burung hantu merupakan burung pemakan daging (karnivora) yang aktif di malam hari atau disebut hewan nokturnal. Burung hantu memiliki suara yang unik dan kadang terdengar menyeramkan.

Apalagi di Indonesia, burung hantu dianggap sebagai pembawa pertanda maut. Anggapan ini membuatnya semakin terdengar menyeramkan.

Walaupun begitu, burung hantu sebenarnya merupakan burung yang cantik. Bulunya dan bentuk hati pada wajahnya sangatlah indah, bukan?

Ditambah lagi, burung hantu memiliki berbagai keunikan. Salah satu keunikannya yang terkenal adalah ia bisa memutar lehernya sampai ke belakang.

Selain itu, burung hantu memiliki banyak keunikan lho, Ma. Apakah anak mama sudah tahu apa saja keunikan burung hantu?

Yuk, ajak anak mama untuk menyimak 5 fakta unik burung hantu beserta penjelasannya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini, Ma.

1. Mata burung hantu tidak bisa bergerak

1. Mata burung hantu tidak bisa bergerak
Freepik/wirestock

Mata burung hantu sangatlah unik. Matanya tidak seperti bola mata kita yang bisa bergerak ke kanan dan ke kiri dengan bebas.

Dilansir dari laman mentalfloss.com, mata burung hantu berbentuk tabung yang panjang sampai ke dalam tengkorak. Bentuk matanya yang seperti ini membuat matanya tidak bisa bergerak.

Walaupun begitu, mata burung hantu bisa melihat dalam gelap. Burung hantu juga bisa melihat dalam jarak jauh sehingga ia bisa melihat mangsa dari jarak beberapa meter.

Namun, pandangannya buram jika melihat sesuatu di dekatnya. Ia harus bergantung pada bulu-bulu kecil di paruh dan kakinya untuk merasakan makanannya.

Editors' Picks

2. Burung hantu memiliki pendengaran yang tajam

2. Burung hantu memiliki pendengaran tajam
Freepik/wirestock

Burung hantu memiliki pendengaran yang tajam lho, Ma. Ia mampu mendengar mangsa yang berada di bawah dedaunan, tanaman, kotoran, dan salju.

Menurut mentalfloss.com, beberapa burung hantu memiliki sepasang telinga yang terletak di ketinggian yang berbeda di kepala mereka. Keunikan ini membantunya menangkap perbedaan kecil dalam gelombang suara untuk menemukan mangsa.

Beberapa burung hantu lain menggunakan wajah mereka untuk mendengar. Mereka memiliki bulu khusus di wajah datarnya. Bulu khusus inilah yang membantu mereka memfokuskan suara.

3. Burung hantu terbang tanpa mengeluarkan suara

3. Burung hantu terbang tanpa mengeluarkan suara
Pexels/Erik Karits

Burung hantu bisa terbang sangat jauh, yaitu mencapai 64 kilometer. Uniknya, ia bisa terbang sejauh itu tanpa bersuara sekali pun, lho. Ia bisa terbang tanpa diketahui.

Kemampuan burung hantu yang satu ini didapatkan dari desain sayap dan bulunya yang unik. Dilansir dari laman mentalfloss.com, sayap utamanya memiliki bentuk bergerigi, seperti sisir. Fungsinya adalah untuk memecah turbulensi udara sehingga tidak mengeluarkan suara saat terbang.

Kemudian, bulu pada sayap burung hantu sangatlah lembut. Tekstur bulu yang seperti ini bisa menyerap suara desiran dari sayap utamanya, Ma.

Kemampuan terbang jauh dan tanpa bersuara membuat burung hantu disebut sebagai salah satu pemburu yang hebat. Ia bisa menyergap mangsa dengan mudah, walaupun tidak terbang dengan kecepatan kilat seperti elang.

4. Burung hantu memiliki leher yang dapat berputar

4. Burung hantu memiliki leher dapat berputar
Freepik/wirestock

Burung hantu terkenal dengan kemampuan memutar lehernya. Menurut mentalfloss.com, ia bisa memutar lehernya sampai 270 derajat. Unik, ya?

Kadang, keunikannya ini membuatnya terlihat menakutkan. Namun, kemampuan ini membantunya melihat mangsa lho Ma, mengingat matanya tidak bisa bergerak.

Burung hantu memiliki 14 tulang pada lehernya. Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah tulang pada leher manusia.

Leher burung hantu juga memiliki rongga yang besar. Jadi, darahnya tetap dapat mengalir dengan baik menuju otak ketika kepala atau lehernya berputar ke belakang.

5. Burung hantu tidak cocok untuk dipelihara

5. Burung hantu tidak cocok dipelihara
Pexels/Jean van der Meulen

Di film-film, burung hantu diperlihatkan sebagai burung yang ramah dan penurut pada tuannya. Burung hantu juga memiliki bulu dan bentuk wajah yang indah. Hal ini membuat burung hantu terlihat menarik untuk dipelihara.

Namun, menurut thesprucepets.com, ternyata burung hantu tidak cocok menjadi hewan peliharaan lho, Ma.

Perawatan burung hantu sangatlah rumit. Burung hantu butuh kandang yang luas serta memiliki akses dalam dan luar ruangan dengan tempat untuk mandi yang terjaga kebersihannya.

Burung hantu juga hidup dan berburu secara mandiri. Hal ini membuat burung hantu sangat antisosial. Selain pasangannya, ia melihat yang lain sebagai musuh atau mangsa. Ia bisa menyerang orang asing.

Oleh karena itu, sebaiknya burung hantu dibiarkan hidup bebas di alam liar demi kebaikannya dan keamanan manusia.

Itulah 5 fakta unik burung hantu yang perlu anak ketahui, Ma. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anak mama tentang burung hantu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk