TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Organ Gerak pada Kadal Beserta Fungsinya yang Perlu Diketahui Anak

Kadal merupakan kelompok hewan reptil berkaki empat yang dikenal berdarah dingin

12 Agustus 2022

Organ Gerak Kadal Beserta Fungsi Perlu Diketahui Anak
Pexels/nathancowley

Manusia dan hewan dapat bergerak karena memiliki organ gerak. Baik manusia ataupun hewan, sama-sama memiliki dua organ gerak, yakni alat gerak aktif dan alat gerak pasif.

Organ gerak aktif dan pasif pada manusia berupa tulang dan otot, sedangkan pada hewan dapat berbeda-beda, bergantung pada jenisnya.

Kadal termasuk dalam kelompok hewan reptilia berkaki empat, walaupun terdapat beberapa jenis kadal yang tidak memiliki kaki seperti ular. Kadal memiliki dua organ gerak aktif, yakni kaki dan ekor.

Untuk mengetahui lebih dalam organ gerak pada kadal, yuk simak ulasan Popmama.commengenai organ gerak kadalbeserta fungsinya, berikut ini.

Editors' Picks

1. Organ gerak utama kadal

1. Organ gerak utama kadal
Pexels/thiagobelizario

Kadal memiliki dua organ gerak utama berupa kaki dan ekor, berikut penjelasannya:

1. Kaki

Pada kadal, kaki berfungsi untuk membantu kadal berjalan. Anatomi kaki kadal dapat berbeda-beda, tergantung pada jenisnya.

Walau alat gerak utama kadal adalah kaki, namun terdapat beberapa jenis kadal yang tidak memiliki kaki seperti ular.

Kadal yang tidak berkaki akan menggunakan rangka tubuh beserta perutnya untuk bergerak.

Rangka tubuh pada kadal dapat membantunya untuk meliuk ke kiri dan ke kanan, sedangkan otot perut kadal dapat berguna untuk kadal bergerak maju.

2. Ekor

Ekor pada kadal berfungsi untuk memudahkan kadal saat merangkak. Sama seperti cicak, kadal juga dapat memutuskan ekornya saat ia merasa terancam. Ekor kadal dapat tumbuh kembali selama kurang lebih satu bulan.

2. Organ gerak aktif

2. Organ gerak aktif
Pexels/egorkamelev

Sama seperti manusia dan hewan lainnya, kadal memiliki dua jenis organ gerak berupa organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Organ gerak aktif pada kadal terdiri atas otot dan semua urat yang menempel pada rangka maupun tulang.

Otot dan urat pada kadal disebut sebagai organ gerak aktif, karena otot akan berkontraksi saat ada stimulasi. Hasil dari kontraksi otot tersebut mengakibatkan anggota tubuh dapat bergerak.

3. Organ gerak pasif

3. Organ gerak pasif
Pexels/zdenekrosenthaler

Organ gerak pasif pada kadal berupa rangka tulang, tempat otot dan urat menempel. Rangka disebut sebagai organ gerak pasif karena tulang tidak dapat berkontraksi seperti otot, yang berfungsi sebagai penunjang sekaligus pelindung tubuh. 

Organ gerak pasif kadal bersifat statis dan membutuhkan organ gerak aktif untuk bisa melakukan gerakan dengan baik.

Sehingga walaupun berbeda fungsi, organ gerak aktif dan organ gerak pasif saling berkaitan dan membutuhkan satu sama lain. 

Hal ini dibuktikan dengan otot yang membutuhkan rangka untuk menempel, sedangkan rangka membutuhkan otot untuk bergerak bebas. 

Itu dia penjelasan mengenai organ gerak kadal beserta fungsinya. Walau alat gerak utamanya adalah kaki, namun kadal juga membutuhkan ekor untuk penyeimbang gerakan. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk