TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perbedaan Bintang dan Planet, Benda Langit yang Memiliki Cahaya Terang

Baik planet maupun bintang, keduanya sama-sama memiliki cahaya terang

10 Juli 2022

Perbedaan Bintang Planet, Benda Langit Memiliki Cahaya Terang
Unsplash/bryangoff

Dalam tata surya terdapat berbagai benda langit yang dipimpin oleh sebuah bintang panas, yaitu matahari. Selain matahari ada benda langit lain yang terdapat dalam tatasurya, seperti planet, asteroid, komet, satelit, dan lain-lain. 

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Pada malam hari, dari bumi dapat terlihat bintang bersinar dengan terang. Namun dalam tata surya, tidak hanya bintang yang mampu bersinar terang, planet juga dapat memperlihatkan cahayanya yang terang.

Jika sama-sama mampu memberikan penerangan, lantas apa yang membedakan planet dengan bintang? berikut Popmama.com berikan penjelasan mengenaiperbedaan bintang dan planet. Yuk disimak!

1. Cahaya yang dipancarkan

1. Cahaya dipancarkan
Pixabay/qimono

Bintang dapat memancarkan cahayanya sendiri, dengan cahaya yang berkelap-kelip. Letak bintang sangat jauh dari planet bumi, sehingga cahaya yang terlihat sangat lemah dan mudah terganggu oleh turbulensi udara di atmosfer. Turbulensi inilah yang menyebabkan bintang tampak berkelap-kelip. 

Berbeda dengan bintang, planet tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri. Planet terlihat bercahaya karena ia memantulkan cahaya dari matahari. Jarak matahari lebih dekat dengan planet, sehingga cahaya planet tampak lebih terang dan lebih besar dibandingkan dengan bintang.

Editors' Picks

2. Perbedaan massa

2. Perbedaan massa
Pixabay/wikillmages

Dikutip dari Ask an astronomer, suatu benda harus memiliki minimal 75 kali masa juppiter, barulah benda tersebut dapat melakukan reaksi fusi dan disebut dengan bintang. Reaksi fusi inilah yang menyebabkan bintang dapat memancarkan cahaya. 

Bintang katai berukuran 13 kali lebih besar dibandingakan dengan jupiter. Sedangkan bumi yang kita tinggali ini memiliki ukuran 11 kali lebih kecil dari jupiter. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa bintang memiliki ukuran yang lebih besar dari planet. 

3. Perbedaan suhu

3. Perbedaan suhu
Pexels.jeremymuller

Dikutip dari lumen learning, bintang memiliki rentang suhu 2 juta derajat celcius hingga 40 juta derajat celcius, sedangkan matahari memiliki suhu 15 juta derajat celcius. 

Planet terpanas dalam tata surya, merkurius memiliki suhu 430 derajat celcius. Planet bumi yang menjadi tempat tinggal seluruh makhluk hidup memiliki suhu sekitar -25 derajat celcius hingga 45 derajat celcius. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bintang memiliki suhu yang lebih panas dari planet. 

4. Gaya gravitasi

4. Gaya gravitasi
Pixabay/Valera268268

Bintang memiliki gaya gravitasi yang lebih besar daripada planet. Hal inilah yang menyebabkan planet mengorbit pada bintang.

Gaya gravitasi tersebut dapat mengatasi gaya kaku sehingga bumi mencapai kesetimbangan hidrostatik dengan bentuknya yang bulat seperti bola.

Berbeda dengan planet, bintang memiliki gravitasinya sendiri. Dilansir dari Imagine the Universe NASA, gravitasi bintang berusaha terus-terusan membuat bintang runtuh namun gravitasi tersebut dilawan oleh tekanan gas inti bintang yang sangat panas.

Itu dia perbedaan bintang dan planet, dua benda langit yang memiliki cahaya terang. Walau keduanya merupakan benda langit yang bercahaya, namun perbedaan di antara keduanya cukup spesifik.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk