TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perbedaan Cermin Cekung dan Cembung dalam Kehidupan Sehari-hari

Cermin cekung, cermin cembung, hingga cermin datar memiliki manfaat yang berbeda dalam kehidupan

10 Juli 2022

Perbedaan Cermin Cekung Cembung dalam Kehidupan Sehari-hari
Pexels/keiraburton

Dalam keseharian tentunya Mama dan anak sering menggunakan cermin. Cermin memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk berhias, melihat ke belakang saat berkendara, memantulkan bayangan, dan lain-lain. 

Cermin memiliki banyak bentuk dengan fungsi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dilihat melalui benda-benda yang ada di sekitar, misalnya cermin yang biasa digunakan untuk berhias berbeda dengan cermin pada spion. 

berdasarkan bentuk permukaannya cermin terbagi menjadi tiga, cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Untuk memahami lebih lanjut mengenai perbedaan ketiga cermin tersebut, yuk simak rangkuman mengenai perbedaan cermin cekung dan cembung yang telah Popmama.com rangkum.

Pengertian Cermin Cekung dan Cermin Cembung

Pengertian Cermin Cekung Cermin Cembung
Pexels/stan

1. Cermin cekung

Cermin cekung merupakan cermin dengan sifat konvergen yang permukaannya cekung atau melengkung ke dalam. Saat berkas cahaya berada pada satu garis sejajar, maka akan dipantulkan dan mengumpul pada suatu titik.

2. Cermin cembung

Cermin cembung memiliki sifat divergen, dimana permukaannya melengkung keluar. Cahaya yang dipantulkan oleh cermin cembung, akan dipantulkan keluar. 

Berbeda dengan cermin cekung dan cermin cembung, cermin yang biasa digunakan untuk berkaca atau cermin datar merupakan cermin yang pantulannya berupa bidang datar. Cahaya yang datang akan dipantulkan kembali sesuai dengan hukum pemantulan. 

Editors' Picks

Sifat Cermin Cekung

Sifat Cermin Cekung
Freepik/8photo

Dalam kehidupan sehari-hari, bentuk cermin cekung dapat dilihat melalui sendok berbahan stainless steel. Cermin cekung memiliki empat sifat bayangan, yaitu:

  1. Apabila benda diletakkan di ruang I dan bayangan ruang IV maka bayangan akan bersifat maya, tegak, dan diperbesar
  2. Apabila benda diletakkan di ruang II dan bayangan ruang III maka bayangan akan bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar
  3. Apabila benda diletakkan di ruang III dan bayangan ruang II maka bayangan akan bersifat nyata, tegak, dan diperkecil

Sifat nyata pada bayangan merupakan bayangan yang terjadi di luar cermin, tetapi dapat dibentuk oleh layar. Hanya bayangan di ruang IV yang bersifat maya tegak, sedangkan bayangan di ruang lain bersifat nyata terbalik. 

Sifat Cermin Cembung

Sifat Cermin Cembung
Pexels/airamvargas

Cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat melalui benda-benda yang berhubungan dengan transportasi, misalnya kaca spion kendaraan atau kaca yang terdapat pada tikungan jalan.

Pada spion kendaraan bayangan yang dipantulkan akan terlihat lebih dekat atau diperkecil. Hal ini mengacu pada sifat cermin cembung, yaitu maya, tegak, dan diperkecil. 

Cermin cembung disebut juga sebagai cermin negatif, karena cermin ini memiliki sifat divergen atau menyebarkan sinar dan cahaya yang masuk

Sifat Cermin Datar

Sifat Cermin Datar
Pexels/tigerlily

Sifat cermin datar atau cermin yang umum digunakan dalam aktivitas sehari-hari, yakni tegak, nyata, atau maya (semu). Bayangan nyata dapat terlihat disebabkan oleh sinar-sinar yang dipantulkan saling berpotongan. Sedangkan bayangan maya (semu) dapat terlihat karena perpotongan perpanjangan sinar pantul. 

Cermin datar akan memantulkan berkas-berkas sejajar dengan cahaya datang. 3sSehingga jika benda-benda diletakkan didepan cermin datar, akan terjadi proses pemantulan cahaya yang membentuk bayangan benda terletak pada perpotongan sinar pantulnya.

Manfaat Cermin Cekung dan Cermin Cembung

Manfaat Cermin Cekung Cermin Cembung
Pexels/Timamiroshnichenko

Dalam kehidupan manusia, setiap jenis kaca memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut beberapa manfaat dari cermin cekung dan cermin cembung:

1. Manfaat cermin cekung

Cermin cekung digunakan dalam lampu kendaraan, baik itu mobil ataupun motor. Lampu kendaraan akan ditaruh di depan cermin cekung. Nantinya cermin cekung akan memantulkan cahaya dengan sejajar. Oleh karena itu, lampu kendaraan terlihat lurus cahayanya saat dinyalakan. 

Selain lampu kendaraan, cermin cekung juga digunakan pada senter. Cara kerja cermin cekung pada senter hampir sama dengan yang ada pada lampu kendaraan, dimana cahaya akan dipantulkan secara lurus dan sejajar. 

2. Manfaat cermin cembung

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, cermin cembung dapat dilihat langsung melalui kaca spion kendaraan. Cermin cembung digunakan sebagai spion kendaraan, agar semua objek yang dipantulkan dapat terlihat, lalu akan terbentuk bayangan yang diperkecil. 

Selain kaca spion, kaca pada tikungan jalan juga menggunakan cermin cembung. Tujuan diletakkannya kaca pada tikungan jalan, yakni supaya seluruh bagian jalan dapat terlihat untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada tikungan tajam. 

Itu dia perbedaan cermin cekung dan cembung dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan yang terjadi, disebabkan oleh sifat bayangannya yang berbeda.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk