5 Kegiatan Seni yang Bisa Dilakukan Bareng Anak di Rumah

Untuk long weekend yang seru di rumah

28 Oktober 2020

5 Kegiatan Seni Bisa Dilakukan Bareng Anak Rumah
Freepik

Menuju long weekend, saatnya memulai beberapa kegiatan seru. Popmama.com punya 5 ide seni keluarga untuk menambah pajangan di rumah.

Selama masih pandemi, lebih baik berada di rumah saja bersama keluarga. Di akhir pekan yang libur panjang ini, Mama dan keluarga bisa menyiapkan beberapa kegiatan seru. 

Salah satunya adalah proyek seni yang bisa dilakukan bersama keluarga. Tak hanya menyenangkan untuk si Kecil tapi juga bisa membuat rumah lebih segar dengan pajangan seni yang baru. 

Apa saja proyek seninya?

1. Kanvas dengan inisial nama

1. Kanvas inisial nama
thediylighthouse.com

Proyek seni yang pertama adalah memberikan kesempatan bagi mereka untuk melukis. Siapkan kanvas yang cukup untuk nama mereka. Jika terlalu panjang, Mama bisa juga membuat untuk 1 huruf inisial namanya saja. 

Setelah itu, buat inisial atau nama tersebut dari bahan yang menempel seperti selotip. Nah, mulailah ajak si Kecil untuk menggambar dengan warna apa saja yang diinginkan. 

Makin banyak warna malah makin seru. Setelah selesai, tunggu kering dan barulah angkat selotip inisial nama tersebut. Pasti anak-anak akan bangga dengan hasilnya!

Editors' Picks

2. Hand print dengan cat air

2. Hand print cat air
pinterest .com

Salah satu karya seni seru yang bisa dilakukan bersama adalah membuat cetak tangan semua anggota keluarga. Mama bisa menyiapkan kanvas yang kira-kira cukup untuk semua telapak tangan keluarga. 

Kemudian, siapkan juga cat air yang aman untuk anak-anak. Cuci bersih semua tangan dan mari mulai proyeknya!

Mama bisa mengajak si Kecil memilih warna yang diinginkan, begitu juga untuk Mama dan Papa. Kemudian, mulailah mewarnai telapak tangan masing-masing. 

Setelahnya, tempelkan tangan yang sudah dipenuhi warna tersebut ke kanvas. Posisikan tangan sesuai keinginan anggota keluarga. 

Mama bisa menambahkan nama di bawah hasil tempelan telapak tangan, atau menambahkan kalimat mutiara. Keren!

3. Membuat mural bersama

3. Membuat mural bersama
josettebrouwer.edublogs.org

Mama bisa mengajak anak-anak menggambar mural. Pertama, pilih kertas atau kanvas yang agak besar. Kemudian ajak mereka menggambar aneka bentuk seperti bintang, segitiga, hati, lingkaran dan sejenisnya. 

Di sesi ini, anak-anak bisa sekaligus mengasah motorik halus sambil belajar bentuk. Setelah selesai, bisa menggariskan antar bentuk. Semua dilakukan dengan cat hitam. 

Nah inilah waktunya bersenang-senang. Setelah gambar dasarnya jadi, Mama, Papa, dan anak-anak bisa mulai mewarnai bersama. 

Setelah jadi, tinggal pilih akan dipajang di mana!

4. Menggambar potret diri

4. Menggambar potret diri
mamapapabubba.com

Yang satu ini cocok dilakukan untuk anak toddler. Mama bisa menyiapkan kertas cukup panjang, kira-kira setinggi si Kecil. 

Kemudian, mintalah si Kecil tiduran di atas kertas, sementara Mama atau Papa menggambar dirinya. Mama bisa memintanya mengurai rambut untuk menggambar sepanjang mana rambutnya nanti. 

Setelah cetakan tubuhnya jadi, waktunya menggambar wajah dan pakaian. Meski gambarnya tidak sempurna, namun waktu yang dihabiskan bersama pasti takkan terlupa. 

Langkah terakhir adalah mewarnai potret dirinya bersama. Biarkan ia berkreasi dengan warna. Lagipula, itu kan gambar dirinya. 

Setelah jadi, tinggal dipajang di kamarnya, deh!

5. Lukisan memecahkan balon

5. Lukisan memecahkan balon
acraftyliving.com

Ini juga cocok untuk anak-anak balita. Membuat lukisan dengan cara yang unik. 

Mama bisa menyiapkan kanvas dan beberapa balon. Masukkan beberapa cat warna ke dalam balon. Tiup balon sedikit saja untuk memberikan efek kejutan, cukup sebesar diameter 2 cm. 

Kemudian, tempelkan balon-balon tersebut dengan double tip. Tempel dengan jeda di atas kanvas. Lalu, ajak si Kecil memukul balon-balon tersebut. 

Mama bisa memberikan alat untuk memukulnya, atau bisa juga memberikan benda tajam agar balon langsung pecah. Yang pasti, perhatikan keamanan si Kecil saat melakukan hal ini, ya!

Setelah jadi, maka Mama bisa menanyakan pada buah hati untuk penempatan hasil karya ini. 

Itulah 5 ide untuk melakukan proyek kesenian bersama keluarga di long weekend kali ini. Paling aman, menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah saja. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.