Anak Harus Tahu! Ini 7 Museum Tertua Bersejarah yang Ada di Indonesia

Museum menjadi salah satu tempat bersejarah yang menyimpan aneka peninggalan di masa lalu nih, Ma!

16 Agustus 2020

Anak Harus Tahu Ini 7 Museum Tertua Bersejarah Ada Indonesia
Bi.go.id

Museum menjadi salah satu tempat bersejarah dengan berbagai aneka peninggalan yang mengandung banyak ilmu pengetahuan baru. 

Tak jarang perjalanan ke sebuah museum bisa memberikan banyak manfaat positif, termasuk membuka wawasan terkait sejarah negara, seni dan ilmu-ilmu lainnya.

Tak kalah dengan negara lain, Indonesia pun memiliki banyak museum yang memberikan banyak pembelajaran sejarah. Bahkan sebagian besar dari museum yang ada telah berdiri, usianya sudah cukup tua.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa museum tertua bersejarah yang ada di Indonesia, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Berbagai museum ini bisa diperkenalkan kepada anak-anak nih, Ma!

1. Museum Bahari

1. Museum Bahari
Flickr/Stewart Leiwakabessy

Jika menelisik ke belakang, Museum Bahari ini mulanya dikenal sebagai gudang rempah yang telah dibangun pada tahun 1652. Pada tahun 1977, pemerintah DKI Jakarta melakukan renovasi dan meresmikannya menjadi museum bersejarah.

Museum Bahari termasuk salah satu tempat yang menyimpan koleksi bersejarah. Koleksi yang dipajang berhubungan dengan sejarah kelautan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. 

Sebagian koleksi dari Museum Bahari hangus dilalap api karena sempat terjadi kebakaran pada tahun 2018. 

Bisa dibilang koleksi di dalam Museum Bahari memang cukup lengkap, antara lain peta, perahu hingga alat navigasi pada zaman dahulu. Koleksi yang cukup terkenal di dalam museum bersejarah ini yakni perahu Jukung Karere dari Papua.

Lokasi: Jalan Ps. Ikan No.1, Penjaringan, Jakarta Utara. 

2. Museum Fatahillah

2. Museum Fatahillah
jejakpiknik.com

Museum Sejarah Jakarta atau dikenal sebagai Museum Fatahillah termasuk salah satu tempat bersejarah. Museum yang menyimpan benda-benda penuh sejarah ini diresmikan sejak tahun 1974. 

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa museum ini awalnya adalah Balai Kota. Bangunannya tetap kokoh setelah berdiri cukup lama yakni sejak tahun 1707.

Jika mama sekeluarga sempat mengunjungi Museum Fatahillah pasti akan melihat berbagai peninggalan, termasuk dari Kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran. 

Selain itu, Museum Fatahillah memperlihatkan berbagai perabotan dari zaman penjajahan yang bisa menjadi memperkaya ilmu sejarah. 

Saat mengunjungi Museum Fatahillah, koleksi di dalamnya akan terbagi pada beberapa ruangan. Setiap ruangan memiliki banyak nilai sejarah, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara hingga Ruang Fatahillah.

Lokasi: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Jakarta Barat.

Editors' Picks

3. Museum Wayang 

3. Museum Wayang 
pesona.travel

Museum Wayang, termasuk salah satu tempat yang mengoleksi banyak benda bersejarah dengan usia ratusan tahun. 

Museum yang terletak di daerah Jakarta Barat ini sudah ada sejak tahun 1640. Hanya saja baru diresmikan sebagai museum pada tahun 1975 oleh Gubernur Jakarta, Ali Sadikin.

Saat mengunjungi Museum Wayang, pengunjung akan melihat berbagai koleksi wayang dan boneka yang cukup beragam. Koleksinya tidak hanya berasal dari Indonesia, antara lain Malaysia, India, Vietnam hingga Prancis. 

Museum Wayang juga menghadirkan koleksi lain, seperti gamelan, lukisan dan piring yang bernilai sejarah. 

Lokasi: Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, Jakarta Barat.

4. Museum Benteng Vredeburg

4. Museum Benteng Vredeburg
busbluestar.co.id

Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu bangunan tertua bersejarah yang ada di Indonesia. 

Awalnya bangunan ini berupa benteng yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan dari Belanda sejak tahun 1760. Tujuan dari pembangunan benteng tersebut karena ingin menjaga keamanan keraton dan sekitarnya. 

Hanya saja, Belanda saat itu memiliki maksud tersembunyi di balik pembuatan benteng tersebut. Belanda berusaha mengontrol segala pergerakan yang terjadi di dalam keraton.

Pada tahun 1980, benteng ditetapkan sebagai pusat informasi dan pengembangan budaya Nusantara. Pengunjung yang datang ke Museum Benteng Vredeburg akan melihat berbagai interior bersejarah. 

Lokasi: Jalan Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

5. Museum Nasional Indonesia

5. Museum Nasional Indonesia
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum Nasional Indonesia termasuk tempat bersejarah yang terkenal di daerah Jakarta Pusat. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1778 yang awalnya didirikan untuk melakukan berbagai penelitian. 

Museum Nasional Indonesia juga dikenal dengan Museum Gajah karena terdapat patung gajah di bagian depan. 

Ada berbagai benda bersejarah yang ada di Museum Nasional Indonesia, mulai dari etnografi, perunggu, tekstil, keramik, relik sejarah hingga buku langka.

Lokasi: Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.

6. Museum Taman Prasasti

6. Museum Taman Prasasti
bhinnekashuttle.com

Museum Taman Prasasti termasuk salah satu bangunan bersejarah yang ada di Indonesia. Bisa dibilang tempat ini sebagai cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang sudah ada semenjak tahun 1795. 

Museum ini memiliki beragam koleksi, seperti prasasti, batu nisan, makam perunggu, marmer dan peninggalan bersejarah lainnya. 

Saat berkunjung ke Museum Taman Prasasti, ada juga peninggalan batu nisan yang bisa dilihat. Beberapa batu nisan orang terkenal yang ada di museum ini seperti Soe Hok Gie, Van Delden dan Olivia Mariamne Raffles.

Lokasi: Jalan Tanah Abang I No.1, Petojo Sel., Jakarta Pusat. 

7. Museum Bank Indonesia

7. Museum Bank Indonesia
situsbudaya.id

Museum Bank Indonesia berdiri sejak tahun 1828 yang sempat digunakan sebagai bank milik Belanda. 

Berbeda dari museum sebelumnya, bangunan dari Museum Bank Indonesia masih terlihat kokoh, terawat dan modern. Ada beragam koleksi yang bisa dilihat, antara lain uang kertas, uang logam dan sejarah terkait Bank Indonesia.

Hadirnya museum ini diharapkan ada banyak orang yang menambah wawasan terkait peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa, termasuk memaparkan latar belakang kebijakan yang bisa diambil dari waktu ke waktu. 

Lokasi: Jalan Lada 3, Pinangsia, Jakarta Barat.

Demikian informasi mengenai beberapa museum tertua bersejarah yang ada di Indonesia. Orangtua pun bisa lebih mengenal beragam museum ini kepada anak-anak, sehingga mereka lebih mengenal sejarah. 

Semoga informasi terkait museum tertua ini bisa bermanfaat ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.