Anak Malas Cuci Tangan? Hati-Hati Terkena Penyakit Ini!

Beragam penyakit ini mengintai anak jika tidak rajin mencuci tangan

28 Mei 2018

Anak Malas Cuci Tangan Hati-Hati Terkena Penyakit Ini
Freepik

Si Kecil di rumah, sudah diajarkan untuk belajar cuci tangan belum nih, Ma?

Mulai mengajarkan Si Kecil mencuci tangan sebelum makan itu perlu lho agar dirinya menjadi terbiasa tanpa disuruh.

Bisa dibilang tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang harus diperhatikan karena rentan mempunyai risiko menyebarkan bakteri. Untuk itu Mama harus mulai membiasakan Si Kecil mencuci tangan, terutama ketika mau makan.

Selain membersihkan tangan Si Kecil dari kuman penyakit, berikut 5 risiko penyakit yang bisa dicegah hanya dengan mencuci tangan. Yuk, baca sampai habis rangkuman dari Popmama.com kali ini!

1. Penularan hepatitis

1. Penularan hepatitis
Freepik/pressfoto

Hepatitis termasuk salah satu yang membahayakan lho, Ma.

Penularan hepatitis sendiri bisa sangat mudah lho, menyerang siapapun termasuk Si Kecil, apalagi kalau malas mencuci tangan atau kurang menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, Mama harus bisa mencegahnya dengan mulai memperkenalkan dan rutin mengingatkannya untuk selalu mencuci tangan terlebih saat sebelum makan.

Gejala dari penyakit hepatitis ini bisa dikenali seperti terjadi demam, nafsu makan berkurang, mual-mual, urine berwarna gelap, kulit serta mata berwarna kuning.

Jangan dianggap remeh penularan hepatitis ini ya, Ma. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit hepatitis, Mama harus bisa berkontribusi dalam menjaga kesehatan Si Kecil termasuk mengajarkan untuk lebih rajin mencuci tangan.

2. Impetigo

2. Impetigo
Freepik

Mainan yang dimainkan Si Kecil itu belum tentu aman dari kuman bakteri lho, Ma. Apalagi kalau jarang dibersihkan dan tergeletak tak menentu. Sudah bisa dipastikan pasti banyak kuman-kuman bersarang di mainan.

Untuk menghindari Si Kecil memasukkan tangannya ke dalam mulut ataupun kuman yang bisa masuk ketika sedang makan, Mama harus bisa rajin menjaga kebersihan tangannya ya.

Mama bisa berikan pemahaman ke Si Kecil, kalau dirinya harus membiasakan mencuci tangan setelah bermain. Sesekali Mama mungkin bisa menggambarkan sosok monster kuman agar Si Kecil terbayang kondisi tangannya ketika tidak mencuci tangan. Ini bisa membantu agar dirinya semakin untuk cuci tangan.

Impetigo menjadi salah satu penyakit lain yang bisa dialami karena malas cuci tangan. Pasti Mama sendiri merasa asing ya dengan penyakit yang satu ini.

Perlu Mama ketahui juga kalau penyakit impetigo ini ditandai dengan kulit kemerahan, lalu semakin lama akan berkembang menjadi luka lecet kecil. Impetigo biasanya ditemukan pada anak-anak yang kurang menjaga kebersihan tangan.

Si Kecil harus terus diajarkan untuk mencuci tangan nih agar semakin terbiasa dengan kebersihan dirinya sendiri.

Editors' Picks

3. Flu

3. Flu
Freepik/shayne_ch13

Si Kecil di rumah sering terkena penyakit flu nggak nih, Ma?

Salah satu faktor Si Kecil terkena flu itu karena dirinya malas cuci tangan nih. Apalagi anak-anak itu pasti suka memegang apapun yang menarik perhatian dirinya, padahal belum tentu apa yang digenggamnya itu bersih dari kuman.

Ketika Si Kecil mengalami flu, pasti sistem imunnya sedang lemah dan sering banget bersin-bersin. Sama seperti orang dewasa, biasanya Si Kecil akan menutup mulutnya dengan tangan ketika bersin. Tak jarang dirinya malas mencuci kedua tangannya, kalau seperti ini akan membuat Si Kecil tambah sakit nih.

Mama harus bisa memastikan kalau Si Kecil sudah mencuci tangannya dengan benar ya. Ajarkan kalau dirinya mencuci tangan dengan air mengalir, lalu sabunkan agar terhindar dari berbagai penyakit.

4. Diare

4. Diare
Freepik

Hati-hati, kalau Si Kecil sering terkena diare berarti kurang menjaga kebersihan di tubuhnya nih.

Si Kecil yang kurang rajin mencuci tangan akan lebih mudah terinfeksi bakteri Escherichia coli, sehingga berakibat muntah-mutah dan diare. Apalagi diare biasanya akan muncul akibat perpindahan bakteri yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Penyebaran bakteri Escherichia coli, bisa saja terjadi ketika Si Kecil menggunakan toilet umum. Bakteri ini dapat menyebar dari kotoran manusia yang satu dengan lainnya. Tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum memudahkan Si Kecil terinfeksi bateri ini lho, Ma.

Kalau Si Kecil sudah terbiasa mencuci tangan dalam segala keadaan, ketika di toilet umum dirinya juga tidak akan lupa untuk membersihkan tangannya.

5. Penyakit kulit

5. Penyakit kulit
Freepik

Mencuci tangan itu sebenarnya sangat mudah lho dilakukan. Hanya saja sikap malas Si Kecil yang harus diubah. Mama harus mengubah kebiasaan Si Kecil yang enggak mencuci tangannya sendiri menjadi sebuah kebiasaan.

Hati-hati ya Ma, kalau Si Kecil malas mencuci tangan ada beragam risiko penyakit kulit yang akan mengintai. Bakteri yang menumpuk pada tangannya bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, infeksi, bentol-bentol hingga berisiko munculmya bisul pada kulit.

Untuk mengajarkan Si Kecil rajin mencuci tangan, Mama harus bisa memberikan contoh kepadanya. Berikan pemahaman juga kalau kegiatan mencuci tangan itu hal yang baik agar tidak ada kuman di tangan.

Gimana nih Ma, sudah paham kan tentang penyakit apa saja yang bisa terjadi pada Si Kecil jika tidak rajin cuci tangan? Perlu pelan-pelan memang melatih Si Kecil agar rajin mencuci tangan, tetapi harus dimulai dari sekarang. Mulai sekarang Mama harus super ketat untuk kebersihan dan kesehatan Si Kecil ya. 

Baca Juga: Alasan Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!