Alasan Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Menjaga kesehatan keluarga bisa dari cara yang satu ini.

28 Januari 2018

Alasan Penting Mengajarkan Anak Cuci Tangan Pakai Sabun
todaysparent.com

Mengajarkan anak mengenai cuci tangan pakai sabun sejak dini merupakan hal sangat penting, sebab tangan adalah salah satu anggota tubuh yang terbilang rentan karena mempunyai risiko menyebarkan berbagai jenis bakteri di dalamnya yang tak akan terlihat oleh mata telanjang.

Si Kecil bisa saja memegang banyak benda yang kotor setiap harinya. Karena adanya rasa ingin tahu yang besar, akan membuatnya menyentuh apapun termasuk kuman yang dapat menimbulkan penyakit.

Supaya anak tak sering terserang penyakit, pastinya kamu harus menjaga kesehatan anak dengan cara yang sangat sederhana. Salah satunya yakni dengan membiasakan anak mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan, hingga setelah buang air. Mencuci tangan dengan cara yang benar dan baik, dapat meminimalisasi risiko adanya penyakit hingga penyebaran virus berbahaya.

Mencuci tangan dengan memakai sabun merupakan cara yang terbilang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kebiasaan mencuci tangan sangat bermanfaat dalam pencegahan penyebaran berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan sang buah hati. Kamu cukup mengajarkan anak kamu untuk mencuci tangan yang baik dan benar.

Langkah Mengajarkan Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

1. Kapan Waktu Mencuci Tangan

1. Kapan Waktu Mencuci Tangan
moderndaymoms.com

Mama harus mengajari anak mengenai kapan waktu yang tepat dalam mencuci tangan dan beritahukan kepada anak dengan penuh kasih sayang. Waktu yang cukup tepat untuk mencuci tangan yakni setelah bermain, sebelum makan,  sesudah buang air dan lain sebagainya.

Editors' Picks

2. Berikan Pengertian

2. Berikan Pengertian
myhealthytennessee.com

Bagi anak perempuan, berikan penjelasan jika ingin cuci tangan pakai sabun sebaiknya lepaskan terlebih dahulu cincin, gelang, hingga jam tangannya supaya dapat mencuci tangan secara keseluruhan. Jelaskan pula jika ingin terhindar dari penyakit,  maka harus menggunakan sabun agar bakteri pun hilang.

3. Mencuci Tangan

3. Mencuci Tangan
abcnews.com

Jelaskan kepada sang buah hati ketika sedang mencuci tangan, maka teteskan sabun cuci tangan secukupnya. Kemudian gosok tangan yang telah diberikan sabun tadi hingga akan menghasilkan busa. Jangka waktu dalam mencuci tangan sebaiknya sekitar 20 detik, lalu gosok tangan perlahan hingga ke bagian sela-sela jari sampai bersih.

4. Membilas dan Mengeringkan Tangan

4. Membilas Mengeringkan Tangan
goodhousekeeping.com

Setelah 20 detik cuci tangan pakai sabun, maka beritahukan kepada anak agar membilas bekas sabun yang menempel di tangan dengan air mengalir hingga 10 detik dan harus bersih terbebas dari busa. Tahap selanjutnya yakni keringkan tangan dengan tisu kering atau mungkin handuk kering.

Ketika Mama memberitahukan penjelasan mengenai pentingnya mencuci tangan sejak dini, katakan pula jika kegiatan ini dapat mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri hingga kuman di dalam tangan. Maka dari itu, ajaklah anak Mama untuk mencegah timbulnya bakteri.

Perlu Mama ketahui, dengan kebiasaan mencuci tangan yang kamu terapkan sejak dini dapat mencegah penyebaran berbagai macam penyakit pada sang buah hati. Selain menggunakan sabun, pemakaian air bersih ketika membilas pun akan menjadi poin penting dalam hal ini.

Mencuci tangan dengan sabun dapat Mama ajarkan dengan cara yang menyenangkan seperti dengan menyanyikan lagu cuci tangan, sehingga melekat di dalam ingatan sang buah hati. Selain itu, Mama sebagai orangtua pun perlu mengajarkan anak mengenai cuci tangan pakai sabun dengan benar seperti membersihkan sela jari hingga setiap kuku.

Sisa sabun pun perlu dibersihkan dengan baik, supaya tidak ikut termakan atau tertelan anak. Dengan tangan yang sehat dan bersih, anak akan tetap beraktivitas dan bereksplorasi dengan tenang, sehingga orang tua pun tak akan khawatir lagi.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!