Raih 3 Medali Emas, Mikhayla Bikin Bangga Nia Ramadhani & Ardi Bakrie

Mikhayla memberikan kado terindah di hari pernikahan orangtuanya

1 April 2019

Raih 3 Medali Emas, Mikhayla Bikin Bangga Nia Ramadhani & Ardi Bakrie
Instagram.com/ramadhaniabakrie

Kabar membanggakan datang dari putri pertama dari pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. Jelang hari ulang tahun pernikahan yang ke-9 tahun pada 1 April 2019, Mikhayla Zalindra Bakrie berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perak dalam ajang lomba gymnastic di Bangkok, Thailand. 

I am Beyond PROUD! She did her BEST! Got 3 Gold and 1 Silver! #ProudParent

Begitulah ucapan bangga dari Nia untuk putri pertamanya. Pencapaian dari Mikha seolah menjadi kado terindah di hari ulang tahun pernikahan kedua orangtuanya. Apalagi usia putrinya yang masih 6 tahun, namun sudah memberikan prestasi membanggakan. 

"This is the best Wedding Anniversary gift from Mikha to us Ardi Bakrie!" tulis Nia di salah satu unggahan fotonya. 

Ini bukan kali pertama untuk Mikha berkompetisi di level internasional. Di tahun 2018, bersama tim sekolahnya, British School Jakarta, Mikha juga meraih juara pertama dalam kejuaraan Gymnastic di Bangkok. Tentu prestasi yang sangat membanggakan ya, Ma. 

Sebagai seorang Mama, Nia dan Ardi pun memberikan apresiasi untuk putrinya. 

Jika Mama yang ingin mengetahui pentingnya sebuah apresiasi untuk anak-anak, kali ini Popmama.com akan merangkum beberapa manfaat positifnya. 

Semoga dengan ini, Mama pun bisa belajar untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak ya.  

Editors' Picks

1. Memberikan energi positif

1. Memberikan energi positif
Pixabay/Nastya_gepp

Dilansir dari Little Things Matters, psikolog William James mengatakan bahwa prinsip terdalam dari sifat manusia yaitu keinginan untuk dihargai. Jika berusaha jujur dengan diri sendiri, tentu ada perasaan ingin diakui dan dihargai oleh orang lain apalagi dengan segala kerja keras yang sudah dilakukan. 

Umumnya seseorang ingin dihargai karena sudah berkontribusi serta prestasi yang sudah diraih. Perasaan ini juga dirasakan oleh anak-anak saat sudah berhasil meraih sesuatu yang membanggakan. 

Untuk itu, apresiasi begitu penting dilakukan oleh orangtua saat anak-anak berprestasi. Ketika perilaku atau hasil karyanya yang membanggakan dihargai, tanpa disadari ini dapat membuat anak mama merasa bahagia. Walau hanya ucapan sederhana atau sebuah pelukan. 

Membangkitkan rasa bahagia anak-anak memang penting karena perasaan ini dapat memicu kesehatan fisik dan psikologisnya lebih sehat. Jika dibiasakan tumbuh dengan perasaan bahagia, dirinya akan menjadi anak-anak yang sehat, cerdas dan aktif. 

2. Termotivasi untuk memberikan sesuatu yang lebih

2. Termotivasi memberikan sesuatu lebih
Pixabay/Alexas_Fotos

Apresiasi kecil yang diberikan oleh orangtua kepada anak-anaknya dapat memicu rasa bahagia dan percaya diri. Dengan begitu, anak mama akan kembali berusaha melakukan hal serupa agar mendapatkan apresiasi lagi. 

Apresiasi menjadi langkah awal agar si Anak termotivasi untuk selalu memberikan sesuatu yang lebih baik lagi. Itulah yang membuat sebuah apresiasi menjadi sangat penting. Jika anak-anak yang sudah berprestasi tidak diapresiasi, maka akan ada rasa kecewa dan merasa dirinya tidak berharga. 

Namun, perlu diingat juga saat dirinya sewaktu-waktu gagal cobalah untuk mengapresiasinya juga. Apresiasi karena anak mama sudah berusaha memberikan yang terbaik, walau hasilnya belum terlalu memuaskan. 

Intinya pendampingan dan peran orangtua terhadap perkembangan anak sangat dibutuhkan ya, Ma. 

3. Mempererat ikatan emosional antara orangtua dan anak 

3. Mempererat ikatan emosional antara orangtua anak 
Freepik/peoplecreations

Mengapresiasi keberhasilan seseorang tentu akan memberikan dampak yang positif seperti meningkatkan semangat, keceriaan, dan kepercayaan diri. 

Tak hanya itu, apresiasi juga dapat mempererat ikatan emosional antara orangtua dan anak. Kualitas hubungan di dalam keluarga tentu akan semakin lebih erat dan menciptakan aura positif serta bahagia. 

Perasaan dihargai oleh orangtuanya membantu anak mama semakin nyaman berada di sekitar keluarga. Situasi positif ini tentu harus selalu dijaga dan ditingkatkan.  

Mulai sekarang mulai mengapresiasi hal-hal kecil yang dilakukan si Anak yuk, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.