Usahakan Tak Salah Beli, Kenali 5 Tips Memilih Meja Belajar Anak

Ada banyak pertimbangan sebelum membeli meja belajar anak nih, Ma

17 Mei 2020

Usahakan Tak Salah Beli, Kenali 5 Tips Memilih Meja Belajar Anak
jworldtimes.com

Meja belajar menjadi salah satu benda yang memang perlu ada di kamar anak mama, sehingga membantu dirinya untuk lebih semangat dan fokus belajar. 

Terkadang dengan memiliki meja belajar akan membantu anak dalam mengejarkan tugas sekolah atau belajar ketika sedang ujian. 

Saat mempunyai meja belajar sendiri, anak-anak seringkali menempatkan berbagai pernak-pernik kesukaannya apalagi untuk Mama yang memiliki anak perempuan. Namun, perlu diketahui bahwa segala barang yang ada di meja tersebut tanpa disadari dapat membantu si Anak lebih bersemangat dalam belajar. 

Selain itu, perlu dimaklumi karena meja belajar bisa membantu anak dalam memahami karakternya sendiri. 

Jika Mama termasuk orang yang sulit menentukan sesuatu serta sedang mencari tahu mengenai tips memilih meja belajar anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Mempertimbangkan pembelian meja belajar anak dengan ruangan yang akan digunakan 

1. Mempertimbangkan pembelian meja belajar anak ruangan akan digunakan 
actwow.com

Perlu diketahui bahwa setiap barang yang dibeli untuk melengkapi kebutuhan di rumah membutuhkan segala pertimbangan, termasuk mengukur ruang agar sesuai bahkan tak terlalu sempit. 

Mengenali sudut ruangan sangat diperlukan agar tidak salah membeli meja belajar sebagai salah satu furnitur baru yang akan masuk ke dalam rumah. Mama dapat mengajak pasangan untuk mengukur setidaknya luas sudut kosong yang ada di kamar anak. 

Ketika sudah mengetahui luas yang dimiliki di dalam kamar, Mama hanya perlu memutuskan jenis serta ukuran meja belajar anak yang paling sesuai. 

Pastikan semua ukuran memang sudah tepat agar tak salah membeli meja belajar. 

Editors' Picks

2. Pahami kebutuhan anak dengan meja belajar yang ingin dimilikinya

2. Pahami kebutuhan anak meja belajar ingin dimilikinya
ebay.com

Membeli meja belajar untuk anak termasuk salah satu prioritas demi membuatnya lebih nyaman serta fokus dalam mengerjakan banyak hal. 

Demi memenuhi kebutuhan anak dengan membelikan sebuah meja belajar, maka Mama pun perlu mengetahui kalau meja belajar memiliki banyak model. Pahami juga kebutuhan anak agar meja belajar yang dimilikinya dapat menunjang segala aktivitas. 

Sebagai calon pembeli, Mama perlu bijak serta memerhatikan beberapa faktor saat membeli meja belajar anak seperti fungsionalitas serta model yang mungkin perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan berbagai faktor tersebut tentunya akan membantu Mama dalam mencari meja belajar yang sesuai dengan kebutuhan. 

3. Kenali fitur dari berbagai model meja belajar anak

3. Kenali fitur dari berbagai model meja belajar anak
freepik.com/evening_tao

Meja belajar anak memiliki berbagai macam model dan fitur berbeda-beda sesuai kebutuhan penggunanya. 

Sebelum memutuskan untuk membelinya, Mama dapat berdiskusi dengan anak-anak. Cari tahu kebutuhan apa saja yang dirinya inginkan dalam sebuah meja belajar. 

Beberapa fitur meja belajar yang perlu diperhatikan salah satunya laci. Dengan adanya laci sebagai salah satu fitur untuk meja belajar, maka anak mama dapat menyimpan berbagai dokumen hingga berbagai perlengkapan alat tulis miliknya. 

Selain laci, fitur lain yang diperlukan untuk meja belajar anak yaitu lapisan permukaan bebas noda. Dengan adanya fitur ini saat membeli meja belajar, maka anak mama tidak perlu panik ketika ada minuman atau makanan yang mengotori permukaan meja. 

Fitur lain yang pada beberapa model meja belajar anak yaitu tempat khusus dokumen atau bahkan tempat pensil. Kedua fitur ini pun dapat mendukung si Anak dalam beraktivitas, sehingga membantunya menjadi pribadi yang lebih tertata. 

4. Pilihlah warna meja belajar yang disukai oleh anak 

4. Pilihlah warna meja belajar disukai oleh anak 
today.com
Memotivasi anak untuk belajar

Memilih warna untuk orangtua seringkali dianggap bukanlah sebuah prioritas dibandingkan fungsi dari meja belajar. Padahal warna meja belajar yangs sesuai keinginan anak dapat membantunya lebih semangat menjalani aktivitas, mulai dari mengerjakan segala tugas hingga belajar sewaktu ujian. 

Demi memberikan stimulus positif, maka pemilihan warna meja belajar untuk anak tidak bisa dianggap remeh. 

Berdiskusilah bersama anak sebelum membeli meja belajar ya, Ma. 

5. Sesuaikan meja belajar dengan kursi bila dibeli secara terpisah

5. Sesuaikan meja belajar kursi bila dibeli secara terpisah
amazon.com

Bila Mama ingin membeli meja belajar secara terpisah dengan kursinya karena sudah ada di rumah, maka ini juga perlu menjadi pertimbangan sendiri. 

Sebelum salah beli dan berujung tak terpakai, maka ada baiknya meja belajar dan kursi harus disesuaikan dengan tepat. Seimbangkan meja dan kursi dengan tinggi serta model yang hampir serupa. 

Dengan menyesuaikannya, maka kegiatan belajar akan semakin menyenangkan untuk si Anak walau harus dilakukan selama berjam-jam hingga tugasnya selesai tepat waktu. 

Itulah beberapa tips yang bisa Mama gunakan dalam memilih meja belajar anak agar sesuai dengan kebutuhan. 

Semoga bisa bermanfaat sebelum memutuskan untuk membeli meja belajar ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.