7 Aplikasi untuk Belajar dan Bermain bagi Anak dengan Autisme

Aplikasi ini bisa membantu anak dengan spektrum autisme berinteraksi sosial. Hmmm, patut dicoba!

28 November 2019

7 Aplikasi Belajar Bermain bagi Anak Autisme
Freepik

Ole Ivar Lovaas, Ph.D., seorang ahli autisme, pernah berkata, "Jika seorang anak tidak bisa belajar dengan cara kita mengajar, kita harus mengajar dengan cara yang bisa dipelajari anak itu."

Teknologi, khususnya dalam bentuk tablet, telah merevolusi cara anak dengan autisme belajar dan berkomunikasi, dan aplikasi seluler memberi orangtua, pendidik, dan terapis berbagai pendekatan untuk mengajar anak yang berkembang dengan kecepatan yang berbeda dari teman-temannya.

Banyak aplikasi berbayar maupun gratis yang dapat Mama unduh. Popmama.com merangkum aplikasi yang membantu anak untuk fokus dan memperkuat konsep membaca dan matematika. Selain itu juga mendorong keterampilan bermain imajinatif dan seni pada anak dengan autisme.

1. Starfall ABC/Learn to Read

1. Starfall ABC/Learn to Read
Google Play

Starfall ABC mengajarkan alfabet dengan membantu anak membaca huruf. Gen Holder, terapis analisis perilaku terapan, bahkan menggunakannya sebagai alat pengajaran dan penguatan positif dalam sesi terapi dengan anak-anak kecil. "Ini seperti kartu flash alfabet interaktif," katanya.

Setelah anak menguasai huruf dan suara, aplikasi Starfall Learn to Read membantu pembaca baru dengan memperkenalkan 15 cerita kalimat sederhana dan lagu-lagu menyenangkan dengan karakter yang menarik. Setiap kata dalam cerita dibunyikan secara fonetis untuk membantu anak mengenali berbagai suara huruf.

Pengembangan: bahasa, membaca, kosakata.

2. Emotions and Feelings - Autism

2. Emotions and Feelings - Autism
Google Play

Anak dengan autisme sering mengalami kesulitan mengenali emosi dan ekspresi wajah; aplikasi ini menggunakan cerita sosial dan ilustrasi sederhana untuk menunjukkan seperti apa perasaan yang berbeda.

Aplikasi ini juga menjelaskan mengapa orang mungkin merasakan hal tertentu. Ini sangat baik untuk digunakan di ruang kelas pendidikan khusus dan dapat bermanfaat selama sesi terapi wicara.

Pengembangan: emosional dan sosial.

Editors' Picks

3. Pop Math (Lite)

3. Pop Math (Lite)
Google Play

Versi Lite dari aplikasi Wired Kids Choice Award ini memperkenalkan tambahan dasar dan menjadikannya menyenangkan bagi anak. Enam pasang gelembung berwarna dengan angka melayang di sekitar layar, beberapa menunjukkan persamaan dan beberapa menunjukkan jawaban.

Anak harus menemukan pasangan gelembung yang benar untuk naik ke level yang berbeda, dan kata-kata penghiburan diberikan bagi anak yang mengejar pasangan gelembung untuk naik ke level baru. Jika anak Mama telah menguasai penjumlahan, maka ia dapat mencoba versi lengkap aplikasi (Rp.14.000) ini untuk mempelajari pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Pengembangan: motorik, matematika, angka.

4. Toca Boca

4. Toca Boca
Toca Boca

Biarkan anak menggunakan perban atau memeriksa pasien dengan Toca Doctor, kirimkan undangan dan atur meja dengan Toca Birthday Party, atau menata rambut dengan Toca Hair Salon.

Banyak aplikasi mengambil skenario kehidupan nyata dan memungkinkan anak untuk membuat cerita mereka sendiri. Aplikasi ini menyediakan interaksi yang hebat, karakter yang menarik, dan permainan peran.

Di Toca Store, anak belajar keterampilan dasar penanganan uang dan matematika - dan anak dalam diri saya menyukai kesenangan dan benda-benda di katalog toko. (Rp.14.000; iPhone, iPad)

Pengembangan: imajinasi, matematika, penanganan uang, sosial.

5. Agnitus Kids: Learn Math & ABC

5. Agnitus Kids Learn Math & ABC
iTunes

Aplikasi ini menawarkan berbagai permainan interaktif, beberapa di antaranya fokus mengidentifikasi dan mencocokkan bentuk, warna, huruf, dan mengelola keterampilan. Anak akan menyukai "Icky Bathtime Fun," sebuah permainan yang mengajarkan pelajaran kebersihan seperti mandi dan menyikat gigi.

Banyak permainan yang menampilkan Olly atau Icky, karakter yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, aplikasi ini juga melacak tingkat kinerja anak. "Kartu laporan" memberikan laporan terperinci tentang waktu belajar dan keterampilan yang telah diselesaikan, yang berguna untuk menentukan kekuatan dan kelemahan anak.

Pengembangan: motorik, surat, matematika, memori, angka.

6. Fruit Ninja

6. Fruit Ninja
Google Play

Siapa yang tidak kenal dengan Fruit Ninja? Aplikasi ini menggunakan keterampilan motorik halus untuk memotong buah dan melatih keterampilan bermain anak. Tidak hanya itu, anak pun belajar tentang waktu dan kecepatan, Ma.

Melalui permainan, anak dilatih untuk menjadi sportif, bermain melawan satu sama lain menggunakan fitur Zen Dual.

Pengembangan: koordinasi, motorik halus, fokus.

7. Doodle Buddy Paint Draw App

7. Doodle Buddy Paint Draw App
Microsoft

Anak dapat menggambar, mencoret-coret, menulis, dan mewarnai pada kanvas kosong atau mengunggah foto untuk dipersonalisasi dengan perangko, stiker, dan kutipan gelembung. Aplikasi ini jauh lebih dari sekadar aplikasi menggambar, ini memungkinkan anak untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan bermain game.

Berbagai latar belakang, seperti alam dan permainan seperti tic-tac-toe dan algojo, juga disediakan. Fitur keren lainnya termasuk labirin untuk belajar navigasi serta latar belakang connect-the-dots.

Pengembangan: kreativitas, motorik halus, imajinasi, menulis.

Aplikasi apa yang paling suka dimainkan oleh anak Mama? Yuk, komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.