Ini 5 Alasan Mengapa Anak perlu Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

Memiliki kemampuan Bahasa Inggris membuat anak jadi lebih percaya diri saat berkomunikasi

15 Oktober 2020

Ini 5 Alasan Mengapa Anak perlu Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini
Pixabay/White77

Saat ini semakin banyak anak yang dituntut serius dalam mempelajari Bahasa Inggris. Selain itu, banyak negara di dunia termasuk Indonesia yang memasukkan Bahasa Inggris dalam mata pelajaran. Mulai dari taman kanak-kanak hingga pergururan tinggi.

Agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik, anak-anak saat ini mulai dituntut belajar Bahasa Inggris dari usia yang masih sangat muda. Bahkan, mungkin saat ini anak juga diharuskan untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih serius.

Namun pernahkah Mama berpikir apa sebenarnya nilai penting Bahasa Inggris sehingga anak harus mempelajarinya sejak dini? Sedangkan, Bahasa Inggris bukan bahasa utama di Indonesia ini.

Nah agar Mama tidak bingung lagi, kali ini Popmama.com akan membahas pentingnya Bahasa Inggris dan kenapa anak perlu serius belajar bahasa internasional satu ini.

Yuk simak artikelnya!

1. Meningkatkan peluang anak untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di luar negeri

1. Meningkatkan peluang anak melanjutkan pendidikan atau bekerja luar negeri
Freepik/Artroomstudio

Di era globalisasi saat ini, wajar jika beberapa sekolah, organisasi, dan bisnis-bisnis tertentu yang menginginkan agar siswanya atau anggotanya mahir berbahasa Inggris. Tak jarang, beberapa sekolah saat ini menerapkan penggunaan buku yang berbahasa Inggris.

Sebab, Bahasa Inggris menjadi bahasa umum yang digunakan orang-orang dari negara dan budaya yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang sangat penting dalam bidang pendidikan yang berhubungan dengan ilmu sains, komputer, komunikasi, dan pariwisata.

Maka jika anak tertarik dengan bidang pendidikan di atas, anak harus sering melatih kemampuan berbahasa Inggrisnya agar meningkatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya di dalam negeri maupun di luar negeri.

Editors' Picks

2. Memudahkan anak berkomunikasi saat travelling ke destinasi wisata mancanegara

2. Memudahkan anak berkomunikasi saat travelling ke destinasi wisata mancanegara
Freepik/Jcomp

Karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh negara, anak yang menguasai Bahasa Inggris juga tidak akan kesulitan ketika traveling suatu saat nanti. Bahkan, walaunpun Bahasa Inggris tidak digunakan sebagai bahasa utama pada negara yang anak kunjungi.

Bahkan tak hanya di luar negeri saja, beberapa kota yang menjadi destinasi wisata mancanegara di Indonesia, anak bisa bertemu dengan banyak turis asing. Dengan menguasai Bahasa Inggris, nantinya anak tidak perlu takut menjawab saat diajak berbicara atau ditanya oleh turis asing.

3. Membantu memudahkan pemahamannya jika anak tertarik di bidang ilmu sains

3. Membantu memudahkan pemahaman jika anak tertarik bidang ilmu sains
Freepik/mdjaff

Bahasa Inggris adalah bahasa sains. Jika anak ingin belajar dan nantinya membuat publikasi di bidang sains, maka ia harus belajar Bahasa Inggris. Apalagi ketika anak bercita-cita ingin menjadi apoteker, insinyur, saintis, dan dokter.

Nantinya anak harus selalu belajar Bahasa Inggris bersamaan dengan mata pelajaran lainnya saat di perguruan tinggi. Maka dari itu, saat ini banyak sekolah yang menggunakan buku teks berbahasa Inggris untuk membiasakan anak belajar Bahasa Inggris.

Penelitian sains juga sebagian besar dipublikasikan dalam bahasa Inggris, agar ilmuwan internasional dapat membacanya. Mulai bantu anak belajar Bahasa Inggris sedini mungkin, dapat membantunya untuk mulai mempelajari ilmu yang diinginkan dan bahkan melanjutkan pendidikan di berbagai negara.

4. Memahami Bahasa Inggris memudahkan anak agar tidak perlu repot mencari terjemahan atau subtitle

4. Memahami Bahasa Inggris memudahkan anak agar tidak perlu repot mencari terjemahan atau subtitle
Freepik/Freeograph

Besarnya globalisasi dan pengaruh budaya negara barat membuat sebagian besar film, lagu, buku, hingga acara tv anak-anak saat ini banyak dibuat dengan Bahasa Inggris. Maka apabila anak bisa memahami Bahasa Inggris, ia tak perlu repot-repot lagi mencari terjemahan untuk tahu maknanya.

Anak yang hobi bermain gadget dengan membuka internet juga akan mendapatkan keuntungan jika bisa memahami Bahasa Inggris, karena lebih dari separuh konten di internet ditulis dalam Bahasa Inggris atau menggunakan kosa kata berbahasa Inggris.

5. Memudahkan anak untuk berkenalan atau menambah relasi dari warga negara asing

5. Memudahkan anak berkenalan atau menambah relasi dari warga negara asing
Freepik/bristekjegor

Jika anak berkeinginan untuk menambah teman dari warga negara asing, mempelajari Bahasa Inggris dapat mempermudahkannya untuk mendapatkan teman yang diinginkan anak.

Anak dapat mencari relasi lewat media sosial atau bahkan tempat lainnya yang biasa menjadi tempat berkumpul warga negara asing. Mengerti Bahasa Inggris akan meningkatkan kemungkinan jumlah orang yang bisa anak ajak berkenalan.

Jangan khawatir jika anak masih belum fasih berbahasa Inggris, sebab penutur Bahasa Inggris umumnya memahami ketika lawan bicara mereka sedang tahap belajar, dan mereka akan bersabar.

Namun Mama perlu mengawasi anak dengan ketat jika ingin mencari teman dari negara asing di media sosial agar ia tidak berkenalan dengan orang-orang yang memanfaatkan anak-anak untuk tindakan kejahatan tertentu. Mama dapat bantu anak untuk mengecek profilnya sebelum mulai berkenalan.

Banyak sekali ya, Ma manfaat yang bisa anak dapatkan saat memiliki kemampuan berbahasa Inggirs. Bahasa Inggris memang salah satu kunci yang membuka banyak kesempatan bagi anak. Jadi yuk bantu anak agar semangat belajar Bahasa Inggris!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.