Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar, Arti Serta Keutamaannya

Awali dan akhiri segala sesuatu dengan doa ya, Ma.

12 Oktober 2020

Bacaan Doa Sebelum Sesudah Belajar, Arti Serta Keutamaannya
aldohysa.blogspot.com

Kebiasaan berdoa memang harus Mama tanamkan kepada anak sejak usia dini. Berdoa adalah kegiatan keagamaan untuk mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam menjalankan setiap aktivitas. Salah satu doa yang harus diajarkan ke anak adalah doa sebelum dan sesudah belajar.

Belajar atau menuntut ilmu hukumnya wajib. Di masanya anak-anak belajar, Mama bisa membiasakan memulai dan mengakhiri sesuatu dengan sebuah doa.

Anak mudah meniru apa yang dilakukan oleh lingkungan sekitarnya. Sehingga, tanpa sadar doa-doa yang diucapkan Mama akan ditiru dan diingat oleh anak.

Popmama.com telah merangkum doa sebelum dan sesudah belajar hingga keutamaannya. 

1. Doa sebelum belajar

1. Doa sebelum belajar
Freepik/brgfx

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: 

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh" 

Editors' Picks

2. Doa setelah belajar

2. Doa setelah belajar
Freepik/brgfx

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya:  

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam." 

3. Adab membaca doa sebelum dan sesudah belajar

3. Adab membaca doa sebelum sesudah belajar
Freepik/brgfx

Saat anak sudah memanjatkan doa sebelum dan sesudah belajar, alangkah baiknya turut disertai adab yang harus diperhatikan selama mencari ilmu. 

  • Niat secara ikhlas

Segala sesuatu yang diniatkan secara ikhlas akan mendatangkan kebaikan serta kemudahan sehingga ilmu yang didapatkan mampu bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 

  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Panjatkan doa sebelum memulai belajar serta sesudah belajar. Mama bisa bimbing anak untuk membiasakan membaca doa bukan hanya saat belajar namun juga aktivitas lainnya.

  • Bersungguh-sungguh mencari ilmu

Ketika mencari ilmu, sertakan keseriusan yang sungguh-sungguh agar mendapatkan keberhasilan. Wujudkan keseriusan belajar dalam bentuk perilaku yang baik, seperti rajin hadir di dalam kelas belajar, rajin memperdalam ilmu, rajin membaca buku, serta mengerjakan tugas-tugas tambahan.

4. Keutamaan membaca doa sebelum dan sesudah belajar

4. Keutamaan membaca doa sebelum sesudah belajar
Freepik/brgfx

Terdapat manfaat yang bisa didapatkan oleh anak saat membaca doa sebelum dan sesudah belajar, diantaranya:

  • Diberikan kemudahan

Seringkali saat mencari ilmu, terdapat rintangan dan gangguan yang menghalangi keberlangsungan kegiatan belajar. Melalui berdoa sebelum dan sesudah belajar yang dipanjatkan dapat memberikan kemudahan dan kelancaran selama belajar seperti yang telah Allah janjikan kepada umat-Nya berikut ini.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (Al Mukmin: 60).

  • Tujuan yang jelas

Hindari keragu-raguan dalam menuntut ilmu ya Ma. Mantapkan pada tujuan yang jelas untuk kedepannya. Dalam mencapai tujuan tersebut, tentu doa dan usaha harus dilakukan secara beriringan. Maka Allah akan memberikan kenikmatan yang dapat dirasakan di dunia maupun di akhirat sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut.

“Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka Ia akan difahamkan tentang agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  •  Mendapatkan amalan baik

Segala doa baik yang dipanjatkan secara terus menerus akan menghasilkan imbalan baik berupa pahala atas kerja kerasnya ataupun terkabulnya doa.

Amalan doa yang baik akan selalu mengiringi langkah seseorang di dunia hingga akhirat nanti. Hal ini diperjelas dengan hadist yang menjelaskan amalan seseorang menuntut ilmu.

”jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya,” (HR Bukhori dan Muslim)

Itulah doa sebelum dan sesudah belajar beserta arti yang bisa diajarkan ke anak mama. Kebiasaan ini dapat Mama tanamkan kepada anak sejak dini. Bimbing anak untuk terus berdoa setiap memulai dan mengakhiri aktivitas ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.