7 Aplikasi Password Manager yang Aman, Simpan Data Anak di Sini

Agar anak tidak perlu lupa dan repot mengganti password

15 Mei 2020

7 Aplikasi Password Manager Aman, Simpan Data Anak Sini
Freepik

Tak bisa dipungkiri, sebagai tempat berbagi informasi media sosial memang sangat bermanfaat bagi siapa saja, seiring perkembangannya kini media sosial digunakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai macam media sosial tentunya membuat anak harus menyimpan banyak kata sandi (password) di ponselnya.

Jika anak seringkali pelupa, ada baiknya untuk mencatat setiap password agar tak perlu repot untuk menggantinya selalu.

Hal ini juga dapat Mama lakukan jika merasa khawatir terhadap aktivitasnya di internet. Salah satu caranya juga dengan mengetahui password akun media sosialnya.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan informasi seputar 7 aplikasi password manager yang aman untuk menyimpan data anak.

1. Norton Password Manager

1. Norton Password Manager
Chrome.google.com

Norton Password Manager merupakan aplikasi yang membantu anak untuk menyimpan password dalam sebuah brankas terenkripsi sehingga hanya anak saja yang dapat mengakses. Selain itu, aplikasi ini akan membantu untuk menciptakan password yang kompleks dengan menggunakan fitur built-in password generator.

Pada aplikasi ini, juga dapat menyimpan alamat serta informasi kartu pembayaran agar dapat melakukan check out secara cepat jika sedang berbelanja online. Norton Password Manager juga akan mencegah situs phishing yang dapat mencuri informasi pribadi anak.

Berkat fiturnya, Norton Password Manager mendapatkan 1 juta unduhan pada Google Playstore.

2. LastPass

2. LastPass
Dignited.com

Pada aplikasi LastPass, Mama bisa mengajarkan pada anak untuk menyimpan password dan informasi log in, lalu mengatur password yang kuat, dan menyimpan informasi personal dengan aman. Selain itu juga terdapat fitur AutoFill sehingga anak dapat lebih cepat untuk log in di website atau aplikasi tanpa harus menulis ulang e-mail dan kata sandi.

Aplikasi ini juga memiliki teknologi keamanan berlapis Multi-factor Authentication, agar data-data yang tersimpan di dalamnya tetap aman. Aplikasi LastPass ini juga dapat digunakan pada berbagai gadget secara gratis, seperti smartphone, tablet, hingga PC.

Namun jika ingin keamanan yang lebih tinggi, dapat memilih untuk meng-upgrade ke versi LastPass Premium, di sana pengguna berhak mendapatkan 1GB encrypted file storage, menyimpan password dan file yang tidak terbatas, serta mendapatkan bantuan prioritas jika sewaktu-waktu anak mengalami masalah.

Editors' Picks

3. Keeper

3. Keeper
En.wikipedia.org

Mama tak perlu khawatir lagi jika anak melupakan passwordnya, karena aplikasi Keeper dapat membantunya untuk menyimpan password media sosialnya. Pada aplikasi ini, tidak ada batasan seberapa banyak password yang ingin disimpan.

Selain itu, juga terdapat fitur AutoFill, yang berguna untuk log in secara cepat di website tanpa harus repot menulis ulang e-mail dan password setiap ingin menggunakan aplikasi ini. Agar lebih aman dan praktis, anak juga bisa log in dengan menggunakan sidik jari.

Tak hanya menyimpan password, namun juga bisa menyimpan file, foto, dan video dengan aman dan terenkripsi. Karena fitur dan keamanannya, aplikasi Keeper meraih penghargaan "Best Password Manager" dan Editor's Choice dari laman PCMag.

4. Dashlane

4. Dashlane
Dashlane.com

Aplikasi selanjutnya adalah Dashlane, aplikasi ini mengklaim dirinya bukan sekadar aplikasi password manager biasa. Karena dengan aplikasi ini anak bisa menyimpan password, cara pembayaran, serta informasi personal lainnya. Di aplikasi ini juga tak ada batasan seberapa banyak kata sandi dapat disimpan.

Selain itu, anak dapat mengsinkronisasikan data dari berbagai perangkat secara otomatis dan bersamaan. Fitur keamanan lainnya adalah dapat log in dengan sidik jari atau menggunakan fitur AutoFill. Agar password semakin terlindungi, Dashlane juga menerapkan teknologi 2FA atau 2-factor Authentication dan anak akan diberitahu jika data bocor atau di hack.

5. Avast Passwords

5. Avast Passwords
Avast.com

Nama Avast mungkin sudah tak asing lagi bagi pengguna komputer atau laptop, karena sebelumnya Avast dipercaya sebagai penyedia antivirus untuk PC, Mac, dan android. Kini, Avast juga menyediakan aplikasi password manager yang bernama Avast Passwords.

Pada aplikasi ini, anak dapat menyimpan password. PIN, informasi log in, dan nomor penting lainnya. Aplikasi ini juga mempermudah, mempercepat, serti membuat log-in menjadi lebih aman dengan fitur AutoFill pada situs atau aplikasi yang diinginkan.

Jika password mengalami kebocoran, anak akan segera mendapat notifikasi, supaya dapat mengganti password dengan cepat.

6. Avira Password Manager

6. Avira Password Manager
Vpnpro.com

Selain Avast, perusahaan penyedia antivirus asal Jerman, Avira juga membuat aplikasi password manager. Fitur yang ditawarkan yaitu instant password generator, yang di mana Avira akan membantu anak untuk menciptakan password yang unik, kuat, dan sulit untuk dibobol hacker.

Selain itu juga ada fitur AutoFill yang berguna untuk log in dengan cepat di website atau aplikasi yang diinginkan. Keamanan dari aplikasi ini pun terjamin karena teknologi 2-factor Authentication dan 256-bit AES encryption, yang merupakan standar keamanan paling baik saat ini.

7. 1Password

7. 1Password
Support.1password.com

Pada aplikasi 1Password, anak bisa mencatat setiap password media sosialnya yang penting dan akan dijaga pada aplikasi agar tetap aman. Bahkan, untuk membuka aplikasinya bisa dengan metode fingerprint.

Jika ponsel hilang atau dicuri, aplikasi ini akan memastikan keamanan data dengan mengunci aplikasi secara otomatis sehingga data yang ada di dalamnya tetap terlindungi dengan aman.

1Password juga menggunakan teknologi end-to-end encryption, sehingga setiap data anak hanya bisa di decrypted secara offline.

Sayangnya aplikasi ini hanya mendapatkan 30 hari percobaan gratis, setelahnya akan dikenakan biaya.

Nah, itulah 7 aplikasi password manager yang aman untuk menyimpan data anak yang perlu Mama unduh. Dijamin dapat berguna sekali lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.