Sedang Tren! Ajak Anak Menggambar "Pixel Art" di Ms. Excel

Sedang menjadi tren dikalangan netizen media sosial!

30 November 2020

Sedang Tren Ajak Anak Menggambar "Pixel Art" Ms. Excel
Freepik/Alexander-safonov

Walaupun akhir-akhir ini harus mengisi waktu bersama anak lebih banyak di rumah, namun jangan khawatir Ma karena masih banyak kegiatan yang tentunya menyenangkan dan bisa meningkatkan kreativitas anak.

Jika anak biasa menggambar di kertas atau di kanvas, kali ini harus coba yang berbeda. Yaitu di program Ms. Excel yang ada di komputer atau di laptop. Umumnya, Ms.Excel ini digunakan untuk mengolah data-data berupa angka,perhitungan, dan tabel.

Namun, saat ini banyak netizen di media sosial yang memanfaatkan Excel untuk wadah berkreasi. Ingin mencoba membuatnya bersama anak di akhir pekan ini Ma?

Kali ini Popmama.com telah menyiapkan informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Kegiatan ini mulai jadi perbincangan di salah satu warga Twitter yang membagikan utasnya

1. Kegiatan ini mulai jadi perbincangan salah satu warga Twitter membagikan utasnya
Freepik/Sitthiphong

Program Microsoft Excel atau Ms. Excel biasanya digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan angka, perhitungan, serta pengolahan data yang berbentuk tabel. Tetapi, banyak saat ini Excel juga dimanfaatkan oleh netizen untuk wadah berkreasi.

Kegiatan ini mulai jadi perbincangan saat akun @tiiingkerbell di Twitter yang membagikan utas tentang cara menggambar dengan program komputer tersebut. Tweet nya kini telah disukai sebanyak 23,9 ribu pengguna Twitter.

Setelah itu tak sedikit para warganet yang ikut langsung mencoba menggambarnya di Excel. Jika Mama ingin membuatnya ikuti langkah-langkahnya ya!

Editors' Picks

2. Untuk membuatnya, anak harus mengunduh referensi gambar "Pixel Art" yang diinginkan

2. membuatnya, anak harus mengunduh referensi gambar "Pixel Art" diinginkan
Microsoft.com

Pertama, tentunya harus tersedia program Microsoft Excel versi tahun apa saja di laptop atau komputer.

Kemudian untuk memudahkan anak yang baru pertama kali membuatnya, disarankan untuk mencari referensi gambar dengan kata kunci “Pixel Art” di Google Image atau di Pinterest.

Akan lebih mudah jika mencari gambarnya lebih spesifik, seperti ketika anak ingin menggambar Unicorn, maka ketik “Unicorn pixel art”. Jika sudah menemukan gambar yang diinginkan, jangan lupa mendownloadnya.

3. Mengatur panjang tinggi kolom pada Ms. Excel dan mulai memberi warna

3. Mengatur panjang tinggi kolom Ms. Excel mulai memberi warna
Popmama.com/Jemima Karyssa

Kemudian buka aplikasi Ms. Excel di komputer atau di laptop. Lalu ubah ukuran kolom agar menjadi persegi, bukan persegi panjang. Dengan cara sebagai berikut:

  • Klik menu home > format > row height > 15
  • Lalu klik menu home >  format > default width > 4

Setelah itu pilih warna dengan ikon “cat tumpah” yang ada pada bagian “font”, jika tidak ada warna yang di cari maka bisa klik “more colors…” agar anak bisa menentukan sendiri warna yang diinginkan.

Dan beri warna pada setiap kolomnya sesuai dengan gambar referensi yang telah diunduh sebelumnya.

4. Manfaat menggambar “Pixel art” dengan menggunakan Ms. Excel untuk perkembangan anak

4. Manfaat menggambar “Pixel art” menggunakan Ms. Excel perkembangan anak
Freepik/Photoroyalty

Tidak hanya sekadar mengisi waktu bersama keluarga dan menambah kesenangan, namun kegiatan ini juga bermanfaat untuk perkembangan anak, yaitu sebagai berikut:

Melatih fokus dan konsentrasi anak, saat menyusun setiap warna anak harus fokus dan konsentrasi agar warna yang diletakkan tidak salah kolom, sehingga membuat gambar menjadi lebih menarik dan nyata. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, maka anak bisa terbiasa fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Melatih kreativitas anak, setelah mencoba beberapa referensi gambar, nantinya kegiatan ini dapat membantu anak menggunakan daya imajinasinya lebih tinggi untuk menciptakan berbagai bentuk yang diinginkan.

Meningkatkan memori, kegiatan menggambar dengan Ms. Excel ini juga menuntut anak untuk berpikir ketika berimajinasi serta meningkatkan ingatannya. Hal ini juga dapat mencegah anak dari risiko penyakit Alzheimer sejak dini.

Melatih kesabaran, anak akan berlatih sabar saat mewarnai setiap kolom, anak pun juga harus tepat saat melakukannya agar tidak melewati kolom-kolom dengan warna yang telah dibuat.

Mengurangi emosi negatif, seorang anak mampu mengembangkan optimisme dan merasa lebih bahagia melalui kegiatan ini.

Jika anak sudah tertarik dengan kegiatan ini, Mama tetap harus ingatkan anak beristirahat saat menggunakan laptop atau kompternya, terapkan waktu penggunaan anak bermain laptop. Gunakan juga kacamata anti-radiasi untuk melindungi mata anak dari kerusakan akibat sinar radiasi.

Nah itu dia Ma, cara mengisi waktu bersama anak dengan menggambar di Ms. Excel serta manfaat yang didapatkannya. Bagaimana Ma, tertarik untuk mencobanya bersama anak di akhir pekan ini? Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.