Banyak Khasiat, 10 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Buah pisang bisa membantu anak lebih berprestasi lho!

16 April 2021

Banyak Khasiat, 10 Manfaat Pisang Kesehatan Anak
Freepik/Naronta

Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini? Pisang adalah buah yang mudah ditemukan kapanpun dan dimanapun. Pisang selalu tersedia sepanjang tahun, buah yang sederhana ini seringkali tersedia di setiap rumah tangga karena manfaat kesehatan dan harganya yang terjangkau.

Banyak dari kita tumbuh besar dengan memakan buah berkulit kuning ini. Tak hanya bisa dimakan langsung, pisang juga mudah diolah menjadi hidangan lain seperti smoothie, milkshake, bubur pisang, pisang goreng, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada banyak alasan lainnya mengapa Mama harus memberi pisang kepada anak sejak dini. Untuk mengetahui apa saja manfaat pisang bagi kesehatan tubuh anak, berikut Popmama.com siapkan informasinya di bawah ini!

1. Nutrisinya tidak kalah dengan buah apel

1. Nutrisi tidak kalah buah apel
Freepik/KamranAydinov

Apel menjadi camilan sehat dan lezat untuk anak-anak dan orang dewasa, namun begitu juga dengan pisang. Faktanya, dibandingkan dengan apel, pisang dapat mengalahkan apel dalam hal vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Inilah alasannya, dibandingkan dengan apel, pisang memiliki:

  • 4x protein
  • 2x karbohidrat kompleks
  • 3x fosfor
  • 5x vitamin A.
  • 5x iron
  • 2x lebih banyak vitamin dan mineral lainnya
  • Kaya akan potasium

Sederhananya, pisang adalah salah satu makanan dengan nilai terbaik. Jadi, mungkin sudah waktunya untuk mengubah ungkapan terkenal itu menjadi, "makan satu buah pisang setiap hari dapat menjauhkanmu dari pergi ke dokter!"

2. Mengatasi depresi

2. Mengatasi depresi
Freepik

Dilansir dari goodparentingbrighterchildren.com, sebuah survei dilakukan antara orang muda dan orang dewasa yang menderita depresi, menunjukkan bahwa banyak mereka merasa jauh lebih baik setelah makan pisang.

Alasannya, pisang mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Serotonin adalah salah satu "hormon-perasaan-baik" yang dikenal membantu anak lebih rileks, meningkatkan suasana hati, dan memberi perasaan sejahtera dan bahagia secara keseluruhan.

Orang yang menderita Seasonal Affective Disorder (SAD) juga menemukan bahwa makan pisang dapat membantu karena triptofan yang ditemukan dalam pisang. Sehingga, triptofan adalah penambah mood alami.

Jika Mama melihat anak yang bangun dengan perasaan "sedih", cobalah berikan ia pisang dan lihatlah apakah itu membantu mengangkat semangatnya di pagi hari.

3. Memengaruhi suasana hati menjadi lebih positif saat PMS

3. Memengaruhi suasana hati menjadi lebih positif saat PMS
Freepik

Sebagai seorang Mama, apakah Mama atau putri remaja mama menderita PMS? Jika pada waktu datang bulan anak merasakan gejala PMS, cobalah berikan ia pisang. Vitamin B6 yang ditemukan dalam pisang membantu mengatur kadar glukosa darah. Hal ini dapat membantu memengaruhi suasana hati anak menjadi lebih positif.

4. Mengatasi anemia

4. Mengatasi anemia
Freepik

Anemia dapat menyebabkan anak kesulitan bernapas, kurang energi, mudah lelah, pusing atau vertigo terutama saat berdiri, hal ini dapat mengganggu aktivitas anak sehari-hari.

Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan dapat membantu penderita anemia.

Sulit bagi anak-anak yang menderita anemia untuk minum pil zat besi. Jadi jika anak mama memiliki masalah ini, cobalah diet pisang dan lihat apakah itu dapat membantu mengatasi anemianya.

Editors' Picks

5. Meningkatkan kekuatan otak

5. Meningkatkan kekuatan otak
Freepik/Androsov858

Masih dilansir dari goodparentingbrighterchildren.com, siswa yang makan pisang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, merasakan peningkatan kekuatan otak mereka dan berprestasi lebih baik pada saat ujian sekolah.

Mereka mengalami peningkatan kejernihan pikiran dan kemampuan untuk mengingat informasi. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sebuah penelitian berjudul The increased potassium intake improves cognitive performance and attenuates histopathological markers in a model of Alzheimer's disease, menuliskan bahwa perawatan dengan 2 persen kalium secara signifikan meningkatkan kinerja kognitif, terutama dalam pembelajaran dan memori, yang menunjukkan pemulihan aktivitas hipokampus.

Dengan meningkatkan kinerja kognitif, dapat membantu sistem pembelajaran siswa dengan meningkatkan kemampuan untuk tetap pada tugas dan lebih waspada.

6. Mengatasi sembelit

6. Mengatasi sembelit
Freepik/jcomp

Jika anak memiliki masalah dengan sembelit, pisang dapat membantu. Pisang merupakan menu makanan yang tinggi serat, sehingga dapat membantu mengembalikan tindakan usus yang normal, membantu mengatasi masalah tersebut tanpa harus menggunakan obat pencahar.

Jika Mama atau anak mama menderita sembelit, simpan obat pencahar dan ambillah pisang terlebih dahulu ya!

7. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk

7. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
Freepik/Kwangmoop
Dok. Jovee

Sebelum mengambil minyak kayu putih untuk mengatasi gigitan nyamuk, coba usapkan area yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pisang.

Dilansir dari 7news.com.au, Asosiasi Dukungan ME / CFS / FM di Queensland membagikan bagaimana mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke gigitan merah yang gatal beberapa kali dapat meredakan gatal dan nyeri.

Hal ini dikatakan karena, pisang memiliki minyak alami yang ditemukan di dalam kulit pisang. Untuk pengobatan alami ini, cukup gosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigitan nyamuk, dan rileks saat rasa gatal yang mulai memudar menjadi tidak ada.

8. Membantu melindungi anak dari gangguan usus

8. Membantu melindungi anak dari gangguan usus
Freepik/Kwanchaichaiudom

Karena tekstur buahnya yang lembut, pisang dapat melindungi dari gangguan usus. Dilansir dari healthcentral.com, pisang yang matang dapat melawan asam lambung dan melapisi lapisan perut untuk membantu mencegah mulas dan refluks lainnya.

Pisang juga menjadi satu-satunya buah mentah yang bisa dimakan tanpa meningkatkan keasaman lambung. Buah ini mampu menetralkan keasaman berlebih dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan perut.

9. Meningkatkan kekuatan tulang

9. Meningkatkan kekuatan tulang
Freepik/Miksturaproduction

Tulang yang kuat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Dilansir dari parentune.com, pisang adalah sumber mangan yang baik, yang merupakan mineral penting untuk tulang yang kuat dan sehat.

Satu porsi pisang mengandung 0,5 mg Mangan yang tidak hanya membantu menjaga tulang anak mama tetap kuat dan sehat, tetapi juga akan membantu melindunginya dari radikal bebas sehingga mengurangi risiko terinfeksi.

10. Mengatasi kecemasan

10. Mengatasi kecemasan
Freepik/Sviatkovskyi

Vitamin B dalam pisang membantu menenangkan sistem saraf, dan karena pisang mengandung vitamin B yang tinggi buah ini dapat membantu mengatasi kecemasan.

Jika anak mengalami kecemasan akibat tekanan pendidikan atau akan mengikuti kompetisi, cobalah berikan pisang dan lihat apakah itu dapat membantunya.

Nah itulah beberapa manfaat pisang bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pisang adalah buah yang mudah ditemukan kapanpun dan dimanapun, serta memiliki harga yang terjangkau.

Kini Mama jangan ragu lagi ketika ingin memberikan buah pisang pada anak ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.