7 Inspirasi Permainan Anak dengan Menggunakan Hula Hoop

Selain untuk mengisi waktu luang, permainan ini juga bisa mempererat ikatan keluarga

26 Juni 2021

7 Inspirasi Permainan Anak Menggunakan Hula Hoop
Freepik/Evgeniypavlovski

Selama bertahun-tahun, hula hoop sering menjadi mainan favorit anak di rumah, sekolah, atau di mana pun ia menemukan tempat untuk bersenang-senang.

Salah satu alasan mengapa banyak anak yang menikmati bermain hula hoop adalah, hula hoop dapat dimainkan terlepas dari usia anak dan dari kemampuan anak-anak untuk menggunakannya. Hula hoop juga mudah digunakan sehingga anak tidak memerlukan manual untuk memulai.

Namun, tahukah Ma ada permainan menyenangkan lain yang bisa dimainkan dengan hula hoop untuk bersenang-senang bersama anak?

Kali ini Popmama.com akan memberikan beberapa saran permainan dengan hula hoop yang bisa Mama coba untuk bersenang-senang dengan anak di rumah, yuk lihat daftar permainannya!

1. Bola basket hula hoop

Hula hoop dapat digunakan sebagai alternatif yang baik untuk ring basket. Mama dapat mengikat ring ke pohon dan meminta anak untuk melemparkan bola ke ring.

Untuk anak yang lebih kecil, Mama dapat menggunakan tali yang lebih panjang atau pohon yang lebih pendek agar ia juga bisa bersenang-senang.

2. Skipping hula hoop

Jika ingin memperkenalkan anak pada lompat tali, Mama bisa memulainya dengan hula hoop. Ini karena hula hoop lebih stabil dan lebih mudah diatur. Hula hoop juga akan mengajari anak cara melompat, menyeimbangkan, dan berkoordinasi sambil bersenang-senang. Anak dapat beralih dari hula hoop ke tali setelah terbiasa.

Editors' Picks

3. Halang rintang

Mama dapat mengubur beberapa hula hoop di area-area tanah untuk membuat rintangan. Minta anak untuk menelusuri terowongan, berlari berputar-putar, atau melompatinya.

Selain itu, Mama dapat meletakkannya di tanah dan membuat beberapa instruksi menyenangkan, seperti melompat masuk dan keluar hula hoop, memainkan musik dan masuk ke dalam hula hoop saat musik berhenti, atau melompat dengan satu kaki.

4. Bean Bag Atau Ring Toss

Permainan ini membutuhkan banyak pemain dan hula hoop, yaitu dengan cara memisahkan hula hoop tergantung pada usia pemain, kemudian berikan setiap pemain satu atau dua bean bag atau kantung yang diisi oleh biji atau beras.

Kemudian minta pemain untuk mencoba melemparkan bean bag tersebut ke dalam ring lawannya sambil mencoba menjaga miliknya sendiri. Pemain dapat menggunakan bagian tubuh mana pun untuk mempertahankan lingkaran mereka.

5. Menangkap hula hoop bergulir

Ini adalah permainan yang menyenangkan untuk dimainkan untuk anak-anak yang lebih tua dan lebih muda. Mama dapat menggelindingkan ring di sepanjang area permainan. Kemudian minta pemain mencoba semaksimal mungkin untuk menangkap hula hoop sebelum terjatuh rata di tanah. Tetapi, tak apa-apa jika anak tidak melakukan roll ke depan untuk menangkap hula hoop seperti video di atas kok!

6. Melewati hula hoop

Dalam permainan ini, bisa dilakukan bersama-sama dengan Papa, Mama, kakak, adik, atau anggota keluarga lainnya agar lebih menyenangkan. Caranya adalah buat semua pemain bergandengan tangan, lalu pemain yang paling ujung harus mengoper hula hoop dengan melewati bagian dalam hula hoop. Setiap pemain harus berusaha melewati hula hoop sambil menjaga tangan tidak terlepas dengan pemain di sebelahnya.

7. Batu, Kertas, Gunting, Ring

Bagilah pemain menjadi dua kelompok dan letakan 20 Hula Hoop dalam garis lurus. Saat peluit berbunyi, satu pemain dari setiap tim harus melompat dengan dua kaki ke dalam ring dan berjalan ke bawah garis.

Para pemain kemudian harus bermain batu, kertas, gunting ketika bertemu di tengah. Siapa pun yang kalah dalam permainan harus kembali ke ring awal.

Nah itulah beberapa rekomendasi permainan keluarga dengan menggunakan hula hoop. Selain di putar di pinggang, ternyata ada banyak cara menyenangkan lainnya ya! Selain untuk mengisi waktu, permainan ini juga dapat mempererat hubungan keluarga. Dari 7 permainan di atas, mana yang ingin segera di coba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.