Pilih Dengan Tepat, Inilah 7 Rekomendasi Mainan Anak Usia 6 Tahun

Mainan ini dapat menjadi hadiah yang tepat bagi anak-anak mama.

10 Mei 2021

Pilih Tepat, Inilah 7 Rekomendasi Mainan Anak Usia 6 Tahun
Pexels/anna-shvets

Di usia 6 tahun, anak-anak tentunya suka sekali bermain. Bagi mereka, aktivitas bermain tidak hanya menjadi salah satu hiburan, tetapi juga merupakan sarana bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang. Tidak heran itulah yang membuat anak mama lekat dengan mainan kepunyaannya. 

Mengingat peran mainan sangatlah besar bagi perkembangan si Anak di usia tersebut, ada baiknya Mama memastikan mainan yang kamu berikan bermanfaat bagi mereka. 

Mama selalu perlu memperhatikan mainan yang hendak kamu berikan pada si Anak. Hindarilah memberikan anak mainan yang tajam atau berbahaya. Hindari juga mainan yang terlalu rumit dan membuat anak-anak binggung memainkannya. 

Melainkan pilihlan mainan yang dapat mendidik anak juga sesuai dengan kesukaan dan usia mereka. Sehingga waktu bermain anak dapat menjadi lebih berkualitas lagi dari sebelumnya. 

Mama dapat menemukannya 6 rekomendasi mainan untuk anak usia 6 tahun yang bisa dijadikan hadiah di Popmama.com berikut ini.

1. Cara memilih mainan bagi anak usia 6 tahun

1. Cara memilih mainan bagi anak usia 6 tahun
Freepik

Usia awal-awal anak merupakan masa-masa emas untuk anak belajar dan berkembang melalui lingkungan, termasuk melalui mainan mereka. Untuk itulah kamu perlu mengenal dan mengetahui mainan apa yang cocok untuk si Kecil. 

Usia 6 tahun umumnya anak-anak sudah berada di masa sekolah, sehingga pilihlah mainan yang mendukung kemampuan mereka dalam berkomunikasi, bersosialisasi, tanggung jawab, kreativitas, dan kemampuan lainnya untuk mendukung kegiatan belajar anak di sekolah.

Pertama-tama pastikan mereka memainkan mainan sesuai usia yang terdapat dalam keterangan mainan. Tujuannya agar mereka tidak kesulitan atau terlalu mudah memainkannya. Pilih juga mainan yang bersifat edkatif dan sesuai dengan kesukaan anak. Terakhir, pilihlah mainan bersertifikasi yang terjamin keamanannya dan dibuat dari bahan-bahan yang aman. 

Tips lainnya, Mama dapat memilihkan mainan anak yang membantu mereka; melatih imajinasi dan kreaivitas, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih logika. melatih motorik anak, dan meningkatkan kemampuan mereka mengenal huruf dan kata.  

  • Untuk melatih imajinasi dan kreativitas

Jika Anda ingin mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak, Anda bisa memilih mainan blockbrick, dan sejenisnya. Anda bisa memberikan contoh dengan membuat bangunan gedung, benda, binatang, dan sebagainya dengan block dan brick.

Apabila ia tertarik dengan mainan mobil, Anda juga bisa membuat mobil sederhana dengan block atau brick. Karena pilihannya beragam, Anda bisa memillih block atau brick yang sudah dilengkapi dengan roda atau aksesori yang mendukung anak untuk membuat banyak benda.

  • Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Permainan seperti flash card, kartu, dan board games efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Dalam sekali main, permainan kartu atau board games akan menstimulasi kemampuan komunikasi, menambah perbendaharaan kata, mengasah kemampuan berpikir logis, dan mengatur strategi agar bisa memenangkan permainan. Menarik, bukan?

  • Untuk melatih logika

Anak usia sekolah sudah mulai mengenal ruang. Permainan seperti puzzle biasa hingga puzzle 3D bisa membantu meningkatkan kemampuannya dalam mengenal ruang dan mendorong anak untuk berpikir logis.

Baca juga: 5 Aktivitas Kreatif Dalam Rumah Bersama Anak

  • Untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka dan huruf

Anda bisa memilih mainan edukasi berupa magnet huruf dan angka untuk membuat si kecil semakin pintar dalam huruf dan angka hingga membaca. Saat ia memasuki usia 6 tahun, Anda masih bisa menggunakan mainan edukasi dengan aneka warna ini untuk belajar berhitung.

  • Untuk melatih motorik halus

Tangan-tangan mungilnya perlu distimulasi dengan mainan edukasi, contohnya mainan alat jahit berupa papan jahit, modeling compound, pasir kinetik, dan slime. Kegiatan yang melatih motorik halus anak akan membantu memperkuat otot tangan yang berguna pula untuk melatih cara anak memegang pensil.

2. Plastisin/malam

2. Plastisin/malam
tokopedia.com

Bermain plastisin/malam merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, Mereka dapat membentuk dan menciptakan apa saja dari mainan tersebut sesuai keinginan mereka. 

Plastisin/malam memang terlihat sederhana, namun mainan satu ini memiliki banyak sekali cara memainkannya, mulai dibentuk menggunakan tangan dan dibentukan menggunakan cetakan, atau bahkan dibentuk menjadi makanan penuh warna yang menarik. 

Mainan ini dapat mengasah kreativitas dan imajinasi anak. Serta mengasah kemampuan mereka dalam mengenali bentuk dan warna, sekaligus merangsang motorik pada otaknya.

Mama perlu memilih produk malam yang tidak berbahaya bagi anak. Salah satunya ialah mainan plastisin Sweet Shoppe Cookie Creations dari Fun Doh. Mainan plastisin seharga Rp199.000,00 memungkinkan anak membuat berbagai kue penuh warna dan menarik. 

3. Mainan alat musik

3. Mainan alat musik
shopee.co.id

Salah satu jenis mainan yang dapat Mama pilih sebagai hadiah untuk anak mama ialah mainan alat musik. Jenis mainan ini juga dapat menjadi salah satu saranamu untuk mengenalkan si Kecil pada nada dan musik. 

Bermain menggunakan mainan ini juga dapat membantumu mencari tahu arah minat dan bakat anak. Siapa tahu ternyata anak-anakmu merupakan seorang calon pemusik hebat di masa depan. 

Salah satu mainan alat musik yang dapat Mama pilih ialah CantoElectronic Keyboard. Mainan ini mirip seperti halnya keyboard sungguhan karena dapat mengeluarkan nada ketika tutsnya ditekan. Alat musik mainan ini juga lengkap memiliki 8 jenis rhythm dan memungkinkan mereka untuk bermain sambil bernyanyi. 

CantoElectronic Keyboard dapat Mama peroleh mulai dari harga Rp 89.900,00 di toko online. 

Editors' Picks

4. Lego

4. Lego
Tokopedia.com

Mainan ini pastinya menjadi salah satu mainan yang anak mama sukai bukan? Mainan konstruksi yang berbehan plastik ini memang hadir dengan beragam model dan karakter yang disukai anak-anak. 

Bermain lego tidak hanya sekedar menghabiskan waktu lho. Anak-anak dapat belajar mengasah kreativitas dan daya imajinasinya melalui mainan ini. Menyusun dan menempel setiap bricks lego juga mampu melatih motorik halus anak. Menyusun ulang lego sendirian atau bersama-sama dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur bagi anak-anak. 

Lego sendiri hadir dengan berbagai pilihan konstruksi untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Bagi anak laki-laki, Mama dapat memberikan mainan LEGOCITY Fire Plane. Ini merupakan mainan pesawat lego lengkap dengan berbagai instrumen pendukungnya. Mainan LEGOCITY Fire Plane, dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp484.500,00. 

Sedangkan untuk anak perempuan, Mama dapat memberikan mainan LEGO FRIENDS, yang umumnya berisi figur manusia lego kecil, rumah, beserta instrumen pendukung lainnya. Mainan ini dapat Mama peroleh dengan harga Rp650,000,00. 

5. Mainan simulasi anak

5. Mainan simulasi anak
id.aliexpress.com

Mainan simulasi anak merupakan mainan yang membantu anak berimajinasi seolah-olah mereka melakukan peran tertentu. Seperti mainan simulasi memasak, dokter, pekerja bangunan, dan yang lainnya. 

Mainan ini merupakan mainan edukasi yang mudah dimainkan, Anak dapat berpura-pura melakukan aktivitas/pekerjaan seperti yang orang dewasa lakukan melalui mainan ini, Melalui mainan simulasi, anak-anak dapat belajar dan mengetahui berbagai peran dan profesi yang ada di sekitar mereka. Ini juga secara tidka langsung membantu anak menentukan cita-cita mereka di masa mendatang. 

Termasuk memahami berbagai fungsi dari alat yang mereka gunakan. Seperti mengatahui fungsi pisau dan oven pada set mainan simulasi memasak. 

Harga mainan ini umumnya beragam tergantung kelengkapan alat dna kualitas mainan tersebut. Namun pastikan ya mainan simulasi yang kamu berikan pada si Anak memiliki kualitas yang baik dan tidak membahayakan mereka. 

6. Mainan olahraga anak

6. Mainan olahraga anak
Tokopedia.com

Bermain sambil berolahraga di luar sangatlah baik bagi anak. Ini merupakan kegiatan positif yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Bekeringat dan mengeluarkan energi selama bermain juga dapat menyehatkan tubuh anak-anak. 

Tidak hanya itu, mainan olahraga juga dapat melatih otot dan koordinasi tubuh. Serta membantu membakar lemak berlebih, membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh anak, dan tentunya membuat mereka lebih sehat. 

Mama dapat menjadikan mainan olahraga ini hadiah untuk anak-anak. Mereka dapat memilih antara sepeda, sepatu roda, juga otopet sesuai kesukaan mereka. Mainan ini tentunya dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak-anak dengan baik. 

7. Puzzle

7. Puzzle
daraz.pk

Mungkin jika membayangkannya selewat puzzle akan terasa rumit dan menyulitkan bagi si Kecil. Namun tidak semua puzzle begitu kok Ma, ada beberapa puzzle yang sesuai dengan usia anak, sehingga mereka tidak akan kesulitan memainkannya. 

Puzzle sendiri merupakan permainan menyenangkan yang mengasah kecerdasan anak. Tertutama mengasah memori dan daya ingat anak. Juga mengasah kemampuan memecahkan masalah, serta meningkatkan rasa percaya diri anak. Bagaimana banyak bukan manfaatnya?

Salah satu mainan puzzle yang dapat menjadi pilihanmu ialah Mattel GamesFast Fun Blokus. Ini merupakan mainan puzzle sekaligus boardgame yang seru. Mainan ini perlu dimainkan dua orang, dan keduanya perlu menyusun balok-balok puzzle beragam bentuk  di tempat yang telah disediakan. Puzzle Mattel GamesFast Fun Blokus dapat kamu peroleh seharga 129.900,00.

7. Mainan huruf dan angka

7. Mainan huruf angka
blibli.com

Di usia 6 tahun, anak akan mulai berkenalan dengan huruf juga angka, dua hal yang akan mereka temui sampai dewasa nanti. Untuk mendukung pembelajarannya, Mama dapat memberikan permainan yang berhubungan dengan dua hal tersebut. 

Mainan huruf dan angka tentunya sangat bermanfaat bagi anak-anak mama. Mainan ini bukan hanya menyenangkan untuk dilakukan, tetapi juga dapat mengasah kemampuan mereka dalam mengenal angka dan huruf, berhitung, ataupun juga mengal kata di sekitar mereka. 

Beberapa permainan kata yang dapat anak mama mainkan di antaranya ialah Huruf Angka Genio Flash Card dan juga Mainan Magnet Tempel Kata dan Huruf. Genio Flash Card merupakan kartu bergambar dengan dua sisi berwarna.

Satu setnya terdiri dari macam-macam kata dan huruf yang dapat si Anak mainkan bersama orang tua. Genio Flash Card dapat kamu dapatkan seharga Rp30.345,00.

Sedangkan Mainan Magnet Tempel Kata dan Huruf merupakan permainan menempel, menyusun kata, dan membentuk penjumlahan pada papan magnet. Mainan ini dapat Mama peroleh dengan harga sekitar Rp105.000,00.

Itulah rekomendasi mainan untuk anak usia 6 tahun yang bisa jadi pilihan jika Mama dan Papa sedang cari inspirasi kado ulang tahun anak. Mana yang akan Mama belikan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.