Kaya Nutrisi, 7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anak

Memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bantu mengoptimalkan kesehatan anak

28 Juli 2021

Kaya Nutrisi, 7 Manfaat Buah Naga Kesehatan Anak
Pexels/Any Lane

Apakah anak bosan dengan sajian buah yang itu-itu saja? Jika demikian, maka buah naga mungkin bisa menjadi buah baru untuk anak!
 
Buah dengan warna yang merah keunguan yang cerah ini dapat menarik perhatian anak. Selain mencerahkan piring dan meja dapur mama, buah naga juga baik untuk kesehatan anak. Ini karena kandungannya yang tinggi serat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C, zat besi, dan kalsium.

Untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut, kali ini Popmama.com akan membahas 7 manfaat buah naga untuk kesehatan anak-anak.

1. Rendah kalori, kolesterol, dan lemak

1. Rendah kalori, kolesterol, lemak
Freepik/Master1305

Ingin membantu anak terlihat dan merasa sehat? Buah naga mengandung sekitar 60 kalori per 100 gram, menjadikannya buah rendah kalori yang luar biasa yang mengandung lebih sedikit gula dan lebih sedikit karbohidrat daripada banyak buah tropis lainnya.

Tak hanya itu, buah naga juga memiliki jumlah serat dan magnesium yang cukup tinggi, mineral penting yang meningkatkan kesehatan tulang dan metabolisme makanan. Sehingga buah naga adalah buah yang super padat nutrisi.

2. Menjaga kesehatan mata anak

2. Menjaga kesehatan mata anak
Freepik/Karlyukav

Buah naga yang dapat Mama sajikan untuk anak ternyata juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata dan kulit anak. Hal ini karena dalam buah naga yang dimakan utuh, memiliki banyak kandungan Vitamin A.

Seperti yang Mama tahu, Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anak, dan dapat membantunya dalam melawan segala jenis infeksi. 

Selain dapat dimakan secara utuh, Mama bisa menyajikannya sebagai smoothies, yang menjadi minuman segar dan juga bernutrisi untuk anak.

Editors' Picks

3. Buah naga mengandung banyak Vitamin C

3. Buah naga mengandung banyak Vitamin C
Freepik/wayhomestudio

Kandungan Vitamnin C dalam buah naga, tiga kali lebih tinggi dari jumlah yang ditemukan pada wortel. Ini membuatnya sangat bagus untuk anak, karena vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan perkembangan otot, kulit, dan sistem peredaran darahnya.

Tak hanya itu, Vitamin C dapat mampu menjaga kekebalan tubuh anak, agar ia tidak mudah terserang penyakit. Ketika ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka proses penyembuhan luka dan sariawan akan lebih cepat sembuh.

4. Mengandung beberapa antioksidan dan mineral penting

4. Mengandung beberapa antioksidan mineral penting
Freepik/Lookstudio

Selain Vitamin C, A, B1, B2 dan B3 yang tinggi, buah naga juga mengandung beberapa antioksidan yang sangat baik untuk melindungi sel-sel tumbuh kembang anak dari kerusakan, antara lain:

• betalain
• hidroksisinamat, dan
• flavonoid

Buah naga juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Ini berarti sangat bagus untuk meningkatkan jumlah sel darah merah anak, yang membantunya mencegah anemia, dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Mampu mengobati kulit terbakar matahari dan juga jerawat

5. Mampu mengobati kulit terbakar matahari juga jerawat
Telegraph.co.uk

Dilansir dari Juice Plus, buah naga kaya akan vitamin B3, sehingga irisan buah naga yang ditekan ringan ke kulit yang terbakar matahari akan membantu melembabkannya dan melepaskan panasnya yang tidak nyaman.

Atau cobalah membuat pasta dengan campuran lidah buaya, buah naga, sedikit jus mentimun, dan madu. Ini akan menjadi solusi yang sangat berguna  ketika anak terlalu banyak terkena sinar matahari.

Buah naga juga dapat mengatasi bintik-bintik merah di wajah yang disebabkan oleh jerawat. Mama dapat menghancurkan satu atau dua irisan daging buah naga dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air. Coba ini dua kali sehari untuk hasil yang optimal.

6. Membantu mengatasi sembelit

6. Membantu mengatasi sembelit
Freepik/jcomp

Karena buah naga kaya akan air dan serat makanan, ini adalah obat alami yang sangat baik untuk sembelit anak (dan orang dewasa). Biji hitamnya bahkan juga dikatakan memiliki efek pencahar ringan.

Ini juga dapat membantu anak untuk menghindari camilan makanan cepat saji yang manis, yang dapat menyebabkan kembung dan dapat menyebabkan sembelit.

Untuk menyajikan camilan yang segar, manis, dan sehat, isi piring makanan ringan anak dengan potongan buah naga yang matang.

7. Dapat membantu mencegah serangan asma, flu, dan batuk

7. Dapat membantu mencegah serangan asma, flu, batuk
Freepik/Mdjaff

Ketika menyajikan buah naga secara teratur, Mama dapat membantu meningkatkan kebutuhan Vitamin C dalam tubuh anak. Yang kemudian akan memperkuat sistem pernapasan, membantu anak menghindari pilek dan batuk.

Dan jika anak dari waktu ke waktu menderita asma, maka minum jus buah naga secara teratur dapat membantu mencegah serangan asma.

Nah itulah beberapa manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan anak. Mama dapat mencoba mengolah buah naga sesuai dengan menu favorit anak, seperti dibuat jus, smoothies, puding, atau dimakan secara utuh.

Anak akan menyukai camilan barunya dan juga mendapatkan banyak manfaat baik untuk tubuhnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.