Tahu Tidak, Ternyata Inilah 5 Manfaat Buah Pepaya bagi Anak

Meskipun baunya tidak enak ternyata pepaya ini sangat bermanfaat lho!

8 Juli 2021

Tahu Tidak, Ternyata Inilah 5 Manfaat Buah Pepaya bagi Anak
Freepik/freepik

Ada banyak sekali buah-buahan yang memiliki rasa manis dan aromanya harum, sebut saja buah seperti mangga, stroberi, atau bahkan semangka. Itu tentunya tidak termasuk buah pepaya. 

Bagi beberapa orang, pepaya memiliki aroma khas yang tidak disukai. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak yang tidak menyukai buah pepaya, khususnya anak-anak.

Padahal sebenarnya buah pepaya memiliki rasa manis yang tetap enak disantap. Bukan hanya itu, ternyata pepaya memiliki segudang manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh si Anak. 

Pepaya dikenal sebagai buah yang mengandung banyak sekali zat gizi. Di dalam buah berwarna oranye ini kaya akan vitamin, mineral dan juga serat. Kandungan ini membantu tubuh lebih sehat, dengan memenuhi kebutuhan zat-zatnya juga mencegah penyakit berbahaya menyerang. 

Pada kesempatan ini, Popmama.com akan membahas 5 manfaat buah pepaya untuk anak. Yuk biasakan mereka mengonsumsi buah sehat satu ini!

1. Membantu melancarkan pencernaan

1. Membantu melancarkan pencernaan
yogurtinnutrition.com

Pencernaan anak yang lancar tentu membantunya beraktivitas lebih baik. Coba saja bayangkan, jika anak sakit perut karena salah makan pasti ia akan sangat terlihat menderita. Melihat anak kesakitan sambil memegang perutnya pasti akan membuatmu sedih. 

Coba jaga kesehatan pencernaannya, salah satu caranya dengan membiasakan anak mengonsumsi buah pepaya. Mengapa? Buah pepaya memiliki manfaat untuk mengurangi sembelit dan membantu melancarkan pencernaan si Anak. Ini disebabkan karena kandungan protein papain yang terdapat di dalam buah pepaya. Protein papain  membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah pepaya juga bermanfaat. Khususnya dalam mencegah terjadinya masalah infeksi di usus besar dengan cara membersihkan usus dari infeksi, nanah, dan juga lendir yang terdapat di dalamnya.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kesehatan jantung

2. Meningkatkan kesehatan jantung
healthykids.nsw.gov.au

Bukan hanya meningkatkan kesehatan pencernaan, buah pepaya juga ternyata menjaga organ penting lainnya dalam tubuh, itulah kesehatan jantung.  

Pepaya diketahui memiliki kaya akan antioksida dan fitokimia. Kedua zat ini membantu menjada kesehatan jantung dan mengurangi kemungkinan jantung  terserang penyakit. Ini penting, bagi si Anak kelak apalagi jika mengingat penyakit jantung dapat menyerang tanpa tanda tertentu. 

Kandungan pepaya lainnya seperti likopen, vitamin C, serat, dan kalium berperan meningkatkan aliran darah dan menjaga arteri tetap sehat.

3. Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

3. Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit Rambut
Freepik/Artroomstudio

Apakah Mama ingin anak memiliki rambut dan kulit yang indah sedari kecil? Jika iya biasakan mereka mengonsumsi buah pepaya sedari dini. Sebab buah pepaya dikenal memiliki kandungan yang dapat menyehatkan kulit dan rambut lho!

Pepaya kaya akan kandungan vitamin di dalamnya. Contohnya vitamin A dalam pepaya bagus untuk rambut si Anak. Nutrisi inilah yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk membantu pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. 

Selain vitamin A, pepaya memiliki vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dan likopen dalam buah pepaya terbukti dapat membantu kulit lebih kencang serta awet muda. Serta mencegah aktivitas radikal bebas berlebihan dapat memicu munculnya kerutan, kulit kendur, dan kerusakan lain seiring pertambahan usia. 

4. Meningkatkan sistem imun anak

4. Meningkatkan sistem imun anak
Freepik/Cookie_studio

Imun tubuh merupakan hal penting yang perlu dijaga sebab itulah pertahan pertama milik tubuh ketika berhadapan dengan berbagai penyakit, kuman, virus, dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Buah pepaya ternyata juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh anak. Ini terjadi akibat kandungan vitamin C di dalam buah pepaya. Seperti yang kita ketahui vitamin C merupakan zat yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh. 

Vitamin C dalam pepaya cukup besar sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga kinerja imun tubuh dengan baik.

5. Penangkal radikal bebas

5. Penangkal radikal bebas
Freepik

Radikal bebas merupakan molekul reaktif yang diciptakan selama proses metabolisme tubuh. Radikal bebas dapat meningkatkan stres oksidatif sehingga menyebabkan terjadinya penyakit. Berbahaya bukan?

Tenang saja Ma, sebab buah pepaya dapat menjadi penangkal radikal bebas yang efektif. Kandungan antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan dalam pepaya dapat menetralkan radikal bebas.

Sebuah penelitian menemukan bahwa radikal bebas yang berlebihan di otak adalah faktor penting dalam penyakit Alzheimer.

Namun pada penelitian lainnya, dinyatakan bahwa oarang-orang dengan Alzheimer yang diberi ekstrak pepaya yang difermentasi selama enam bulan mengalami penurunan 40% kerusakan oksidatif. Ini juga termasuk pada penuaan dan kanker.

Banyak sekali bukan manfaat buah pepaya bagi tubuh si anak. Maka dari itu, yuk biasakan anak-anak mengonsumsi buah dengan segudang khasiat ini!  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.