Penting Dibawa, 10 Barang yang Harus Anak Miliki saat Musim Hujan

Melindungi anak dari risiko penyakit saat musim hujan

10 April 2021

Penting Dibawa, 10 Barang Harus Anak Miliki saat Musim Hujan
Freepik/Tan4ikk

Anak umumnya menyukai musim hujan. Ketika hujan melanda halaman rumah, anak turun ke jalan, berteriak dan berlari, dan bermain-main di tengah hujan.

Setelah itu, si Kecil kembali ke rumah, basah kuyup, dan terisak atau bahkan bersin. Anak dan bermain hujan tak dapat dipisahkan, itulah sebabnya salah satu cara penting untuk menjaganya tetap sehat adalah dengan menyiapkan perlengkapan hujan.

Apa saja sih barang penting yang anak harus miliki saat musim hujan? Berikut Popmama.com berikan 10 rekomendasinya, jangan lupa dicatat ya Ma!

1. Payung yang disesuaikan dengan ukuran tubuh anak

1. Payung disesuaikan ukuran tubuh anak
Freepik/Torwaiphoto

Payung merupakan hal pertama yang harus Mama beli ketika tanda-tanda musim hujan mulai mendekat.

Payung mampu dalam memberikan perlindungan tingkat dasar dari hujan, dan dapat membantu anak tetap bergerak dan mencapai tempat yang lebih aman dan terhindar dari basah kuyup juga.

Berikan anak satu payung yang memiliki ukuran sesuai tubuhnya dengan warna favoritnya, atau yang menampilkan kartun favoritnya.

2. Jas hujan yang tertutup sepenuhnya

2. Jas hujan tertutup sepenuhnya
Amazon.com

Hujan deras dan kendaraan yang melaju kencang dapat membuat payung tidak berguna, karena air bisa datang dari segala arah.

Apalagi saat Mama anak sedang berjalan di trotoar, baju dan tas anak mudah basah. Maka dari itu, belilah jas hujan berwarna cerah dengan bahan yang terpercaya, berukuran penuh menutupi anak dari ujung rambut sampai ujung kakinya.

Jika perlu, Mama bisa memilih jas hujan terpisah, berbentuk kemeja dan celana. Jika bisa menutupi tas anak, itu menjadi bonus tambahan.

3. Pilih alas kaki yang tepat

3. Pilih alas kaki tepat
Freepik/A-marina

Memiliki alas kaki yang tepat sangat penting bagi anak karena anak mungkin cenderung berjalan melalui genangan air dan area kotor setiap kali ia melangkah keluar atau kembali ke rumah.

Menjaga kebersihan kaki sangat penting saat musim hujan, serta mendapatkan sepatu yang mencegah terpeleset atau tergelincir di jalan. Jika Mama tinggal di daerah dengan curah hujan yang deras, belilah sepasang sepatu bot juga untuk anak.

4. Hand sanitizer ukuran travel size

4. Hand sanitizer ukuran travel size
Freepik/Kwanchaichaiudom

Mama dapat merawat anak secara efektif di rumah, dengan memastikannya mencuci tangannya dengan benar.

Namun saat berjalan-jalan di tempat umum atau melakukan traveling, hal yang sama tidak selalu bisa dipastikan. Jika anak bermain-main saat istirahat dan makan siang tanpa mencuci tangan dengan sabun dengan benar, anak berisiko menghadapi banyak penyakit, terutama penyakit di musim hujan.

Maka dari itu selalu siapkan pembersih kecil yang bisa disimpan di tasnya.

Namun sebisa mungkin untuk tetap mengingatkan anak mencuci tangan dengan sabun, tetapi ketika tidak ada wastafel terdekat, anak dapat dengan cepat membersihkan tangannya dengan beberapa tetes hand sanitizer.

Editors' Picks

5. Jaket atau sweater hangat

5. Jaket atau sweater hangat
Freepik/Dipshri

Perlindungan dari hujan saat berada di luar diperlukan. Tapi perlindungan dari cuaca dingin juga merupakan kebutuhan.

Terkadang, hujan yang terus-menerus dapat menurunkan suhu secara instan, membuat anak mama merasa kedinginan ketika di jalan. Jaket hangat dan tebal dapat mencegahnya kedinginan atau terkena demam.

Jika bisa, pilihlah jas hujan yang juga berfungsi sebagai jaket hangat, yang akan membuatnya tetap hangat meski dalam keadaan basah kuyup.

6. Handuk yang menyerap dengan baik dan cepat kering

6. Handuk menyerap baik cepat kering
Freepik/aopsan

Saat musim hujan, anak mungkin basah beberapa kali dalam sehari, sehingga perlu sering-sering mandi.

Hal ini membuat perlu adanya handuk yang dapat membersihkan tubuh dengan baik, menyerap semua air, serta cepat kering untuk digunakan kembali.

Pilihlah handuk dengan fitur seperti itu, terutama untuk anak, agar ia tetap kering sepanjang waktu. Mama juga bisa membeli handuk yang sepaket dengan serbet kecil yang bisa anak bawa-bawa di tas berpergiannya.

7. Tas jinjing tahan air

7. Tas jinjing tahan air
Freepik/Pvproduction

Membawa payung basah dan jas hujan bisa sangat merepotkan, atau membawa barang tambahan saat hujan tanpa cara yang tepat untuk melindunginya, bisa menjadi tantangan bagi anak di musim hujan ini.

Memiliki beberapa tas jinjing dapat mengatasi masalah tersebut. Namun sebaiknya pilihlah tas yang bisa tahan air atau memiliki sarung pelindung untuk mencegah apa pun di dalamnya basah, serta mencegah air di dalam tas merembes ke luar.

8. Tisu basah

8. Tisu basah
Freepik/Victoriafly

Ketika musim hujan datang, terjatuh akibat tergelincir seringkali tak terhindarkan, dan akibatnya tubuh serta pakaian terkena bercak lumpur.

Mungkin anak tidak selalu menemukan keran dan membersihkan semuanya dengan cepat. Sebagai solusinya, penting untuk menyiapkan sekotak kecil tisu basah untuk membantu menghilangkan kotoran dengan cepat dan segera membuangnya ke tempat sampah.

Jika air telah memercik ke seluruh tubuh anak, ia juga dapat menyeka wajahnya untuk menjaga dirinya tetap bersih, lalu segera sampai di rumah Mama bisa membantunya untuk membersihkan sisanya.

9. Pakaian tambahan

9. Pakaian tambahan
Freepik/Lifeforstock

Jika Mama dan anak akan berada jauh dari rumah untuk waktu yang lebih lama, seperti piknik sepanjang hari, yang terbaik adalah membawakan pakaian ganti.

Basah karena hujan dan basah kuyup dalam waktu yang lama dapat membuat anak mudah terkena flu dan demam. Baju ganti bisa membuat anak tetap kering setiap saat.

10. Camilan aman dan sehat

10. Camilan aman sehat
Freepik/valeria_aksakova

Ini membutuhkan partisipasi dari anak juga. Daripada memberinya uang untuk jajan sembarangan, bawakan anak camilan sehat untuk disimpan di tasnya ketika berpergian.

Sarankan anak untuk menjauhi makanan yang kesehatannya belum tentu terjamin, dan memberikan anak alternatif camilan yang disukainya sebagai gantinya. Mama juga bisa membawa camilan untuk diri sendiri ketika berjalan-jalan keluar bersama anak.

Hampir setiap anak menyukai musim hujan, dan mereka suka menjadi bersenang-senang dengan teman-temannya di bawah hujan.

Di mana pun anak berada, penting bagi Mama untuk mengambil beberapa langkah untuk menjaga anak tetap aman dan sehat, hal tersebut dapat sangat membantu dalam memastikan bahwa anak dapat terus menjalani masa kanak-kanaknya dengan menyenangkan dan menikmati hujan sepenuhnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.