Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak saat Musim Hujan Tiba

Begini cara menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit saat musim hujan tiba

16 November 2018

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak saat Musim Hujan Tiba
Pixabay/Victoria_Borodinova

Musim hujan sudah tiba. Persiapan aja saja yang sudah Mama lakukan untuk menghadapi musim hujan kali ini?

Selain mengecek kondisi atap rumah dan saluran pembuangan air, hal berikutnya yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah daya tahan tubuh. Ya, pasalnya kondisi udara yang lembap memudahkan bakteri dan virus untuk tumbuh dan berkembang.

Penyebaran virus dan bakteri lebih cepat menyerang anak-anak. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh anak lebih rendah dibandingkan daya tahan tubuh orang dewasa, sehingga mudah terserang penyakit.

Lantas bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh anak? Yuk, intip penjelasannya.

1. Kenakan pakaian hangat

1.	Kenakan pakaian hangat
Pixabay/Erdenebayar

Usahakan agar anak selalu dalam kondisi hangat, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Biasakan anak untuk mengenakan jaket, topi, kaos kaki, atau selimut bagi bayi saat bepergian.

Namun, perhatikan pula kenyamanannya ya, Ma. Jika anak sudah mengenakan jaket, maka sebaiknya pilih kaos atau kemeja dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat. Jadi anak tetap merasa nyaman.

2. Sediakan payung dan jas hujan

2.	Sediakan payung jas hujan
Pixabay/Victoria_Borodinova

Pastikan payung atau jas hujan ada di dalam tas sekolah anak. Sebab kita tidak tau kapan hujan turun, bukan? Nah, daripada anak mama kehujanan, lebih baik selalu sediakan payung atau jas hujan di dalam tasnya.

Editors' Picks

3. Makanan bernutrisi

3.	Makanan bernutrisi
Pixabay/Anestiev

Cegah infeksi virus dan bakteri dengan asupan cairan dan makanan yang bergizi serta kaya vitamin guna menjaga daya tahan tubuh.

Berikan makanan berkuah yang dapat menghangatkan tubuh, seperti sop bakso, soto ayam, atau makanan sehat lainnya.

Selain itu, pastikan anak mama rutin minum air putih. Sebab tubuh lebih cepat kehilangan cairan tubuh melalui napas. Jadi, rajinlah mengingatkan anak untuk minum meskipun tidak haus.

Jangan lupa untuk mengingatkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan ya, Ma. Jika perlu, berikan vitamin C tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak saat musim hujan.

4. Istirahat yang cukup

4.	Istirahat cukup
www.pexels.com

Pastikan anak mama memiliki waktu tidur yang cukup. Jika memungkinkan, biasakan ia untuk tidur siang dan hindari tidur larut malam. Hal ini membantu menjaga kekebalan tubuh anak, sehingga tidak mudah sakit.

5. Menjaga kebersihan

5.	Menjaga kebersihan
cheatsheet.com

Penting untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah. Misalnya dengan menutup wadah penampungan air, rutin membersihkan kamar mandi dan ventilasi udara. Lingkungan rumah yang bersih mencegah bakteri dan virus berkembang biak.