Urutan Planet Terkecil Hingga Terbesar dalam Tata Surya

Kenalkan kehidupan luar angkasa pada anak yuk, Ma!

16 Agustus 2021

Urutan Planet Terkecil Hingga Terbesar dalam Tata Surya
Freepik/macrovector

Banyak sekali pengetahuan menarik mengenai luar angkasa yang bisa membuat Mama takjub hingga terheran-heran. Sistem tata surya terdiri dari berbagai benda langit, seperti matahari, planet, dan benda langit lainnya.

Sistem ini terlatak di Galaksi Bima Sakti atau Galaxy Milky Way. Matahari sebagai pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet dan benda langit lainnya. Planet menjadi benda langit yang tidak dapat mengeluarkan cahaya atau panas.

Planet yang berada di tata surya ini berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari pada garis orbitnya masing-masing. Tak hanya itu, ada benda langit selain yang mengelilingi matahari, seperti asteroid dan meteoroid.

Popmama.com telah merangkum penjelasan planet terkecil beserta urutan planet dari ukuran terkecil hingga terbesar dalam tata surya. Yuk simak penjelasannya!

Planet terkecil dalam tata surya

Planet terkecil dalam tata surya
Freepik/pch.vector

Planet terkecil dalam tata surya adalah Merkurius, Mars, Venus, Bumi, Neptunus, Uranus, Saturnus, Jupiter.

Planet yang mengelilingi matahari dalam tata surya ini tak memiliki ukuran yang sama. Meski memiliki ukuran yang berbeda, semua planet yang berada di tata surya ini memiliki lintasan orbitnya masing-masing, sehingga tidak akan saling bertabrakan dengan planet lainnya.

1. Merkurius

1. Merkurius
Freepik/kjpargeter

Planet terkecil dalam sistem tata surya ini letaknya paling dekat dengan matahari. Merkurius memiliki ukuran diameter 4.879 kilometer atau 38% dari ukuran bumi.

Penampakan matahari dari planet ini akan terlihat dua kali lebih besar jika dibandingkan penampakan matahari dilihat dari Bumi. Tidak ada kehidupan apapun di planet ini, karena suhu disiang hari mencapai 427 derajat Celsius dan -184 derajat Celcius pada malam hari.

2. Mars

2. Mars
Freepik/freepik

Planet ini sedikit lebih besar daripada Merkurius. Planet yang berada dalam urutan keempat pada tata surya ini memiliki diameter ukuran 6.779 kilometer atau 53% dari ukuran Bumi. Para peneliti dari Lembaga Antariksa Amerika Serikat menyebutkan bahwa di planet Mars, telah ditemukannya air yang memungkinkan adanya kehidupan.

Mars mendapat julukan sebagai planet merah yang memiliki suhu 50 hingga 60 derajat Celcius pada siang hari dan 100 derajat Celcius pada malam hari. Planet ini juga memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Editors' Picks

3. Venus

3. Venus
langitselatan/avivahyamani

Venus seringkali dijuluki sebagai planet kembaran Bumi, namun planet ini tidak dapat ditinggali oleh makhluk hidup. Hal ini terjadi karena Venus memiliki atmosfer yang 96% nya merupakan karbon dioksida.

Planet ini memiliki ukuran diameter 12.104 kilometer atau 95% dari ukuran Bumi. Letak Venus cukup dekat dengan matahari dan menjadi planet terpanas dengan suhunya yang mencapai 400 derajat Celcius. Tekanan atmosfer planet ini 92 kali lebih besar daripada tekanan atmosfer Bumi.

4. Bumi

4. Bumi
Freepik/freepik

Bumi memiliki ukuran diameter kurang lebih 12.742 kilometer. Bumi menjadi satu-satunya planet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup.

Jaraknya yang cukup jauh dengan matahari, membuat Bumi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengelilingi matahari jika dibandingkan Venus yaitu 365,26 hari. Planet yang menempati urutan keempat terkecil ini memiliki lapisan atmosfer dengan kandungan oksigen.

5. Neptunus

5. Neptunus
Unsplash/nasa

Planet Neptunus memiliki ukuran diameter 49.244 km atau 388% dari ukuran Bumi. Letaknya yang paling jauh dari matahari membuat Neptunus memiliki 17 kali massa Bumi.

Suhu yang ada di planet ini bisa menyentuh angka -218 derajat Celcius yang menjadikannya sangat dingin dan suhu terhangatnya yaitu -200 derajat Celcius. Tidak ada kehidupan apapun di planet ini.

6. Uranus

6. Uranus
Freepik/freepik

Planet yang berada di urutan ketujuh dalam sistem taa surya ini memiliki diameter 50.724 kilometer atau 400% dari ukuran Bumi.

Uranus memiliki massa 14 kali lebih besar daripada massa Bumi. Suhu yang ada pada planet ini mencapai -224 derajat Celcius yang membuatnya sangat dingin.

7. Saturnus

7. Saturnus
Freepik/freepik

Saturnus menjadi planet terbesar kedua setelah Jupiter dengan diameter ukuran 116.464 kilometer atau 945% dari ukuran Bumi. Sebagian besar susunan pada planet Saturnuns ini berupa cairan dan gas yang memiliki kerapatan sangat rendah.

Planet dengan urutan keenam dalam sistem tata surya ini dikenal sebagai planet terindah karena memiliki cincin. Meskipun ada beberapa planet yang juga memiliki cincin, namun tidak ada yang seindah cincin Saturnus.

8. Jupiter

8. Jupiter
Unsplash/nasa

Planet Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya dengan ukuran diameter 139.822 kilometer atau 1.120% dari ukuran Bumi.

Jupiter yang menjadi planet terbesar ini memiliki 67 satelit dengan salah satu satelit paling besar adalah Ganymede. Ukuran Ganymede bahkan lebih besar daripada Merkurius. Planet ini memiliki 318 kali massa Bumi.

Itu dia urutan planet dari ukuran terkecil hingga terbesar dalam tata surya. Mama sekarang bisa menjelaskan pada anak mengenai kehidupan tata surya dengan mengenalkan benda-benda langit,

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk