Inilah Urutan Planet yang Terdekat Hingga Terjauh dari Matahari

Yuk ajari anak mengenal tata surya, Ma

13 Agustus 2021

Inilah Urutan Planet Terdekat Hingga Terjauh dari Matahari
Freepik/brgfx

Pada malam hari saat anak menengadahkan kepalanya ke langit, pasti akan melihat hamparan bintang yang berkelip di tengah gelapnya malam bukan?

Salah satu benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri adalah bintang. Tidak akan ada habisnya jika memperbincangkan pengetahuan mengenai luar angkasa dan seisinya. Hingga kini, banyak ahli yang mengamati berbagai macam peristiwa di luar kehidupan bumi.

Kehidupan tata surya yang banyak diamati oleh para ahli ini berhubungan dengan benda-benda langit dan seisinya. Popmama.com telah merangkum urutan planet mulai dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari.

Apa Itu Planet?

Apa Itu Planet
Freepik/brgfx

Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan menggunakan lintasan dalam kecepatan tertentu. Planet dapat mengelilingi matahari dan bergerak sesuai dengan garis orbit yang telah ditentukan.

Benda-benda langit yang berada di tata surya bukan hanya planet, melainkan ada komet, meteor, asteroid, satelit, bintang, dan galaksi. Dalam tata surya, terdapat delapan planet yang mengelilingi matahari atau biasa disebut dengan revolusi.

Tiap planet memiliki lintasan dan gerak revolusi sendiri yang berbeda dan teratur, sehingga tidak saling bertabrakan. Semakin jauh jaraknya dari matahari, maka waktu revolusi planet tersebut akan semakin lama.

Tahukah urutan planet dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari?

Jika disebut dari awal hingga akhir, inilah urutan planet dalam tata surya dari yang terdekat dengan matahari hingga yang paling jauh:

  • Merkurius
  • Venus
  • Bumi
  • Mars
  • Jupiter
  • Saturnus
  • Uranus
  • Neptunus

Berikut penjelasan setiap planet dalam tata surya yang perlu anak sekolah ketahui.

1. Merkurius

1. Merkurius
Unsplash/nasa

Urutan planet yang pertama adalah Merkurius yang mana menjadi planet terdekat dengan matahari dan planet paling kecil di tata surya.

Jaraknya yang sangat dekat dengan matahari membuat planet ini tidak memiliki atmosfer yang dapat melindungi dari radiasi matahari.

Merkurius mengelilingi matahari hanya dalam 88 hari saja, oleh sebab itu merkurius mengalami perubahan suhu yang cukup drastis.

Pada siang hari suhu di planet ini mencapai 430 derajat Celsius dan minus 180 derajat Celsius pada malam hari.

Planet ini mendalam julukan planet terkecil, karena hanya memiliki diameter 4.862 km. Merkurius menjadi salah satu planet yang bisa dilihat langsung dari bumi, bentuknya cenderung seperti bintang berwarna abu-abu.

2. Venus

2. Venus
langitselatan/avivahyamani

Venus atau biasa disebut sebagai bintang fajar ini terletak diantara orbit Merkurius dan Bumi. Planet ini kerap kali disamakan dengan Bumi dalam segi ukuran. Namun kedua planet ini sangatlah berbeda. Venus memiliki atmosfer yang tebal dan beracun, karena terbuat dari awan asam sulfat, sehingga planet ini menjadi contoh ekstrem dari efek rumah kaca.

Jaraknya yang hanya 108,2 juta km dari matahari ini membuat venus membutuhkan 225 hari untuk berevolusi. Perbedaan rotasi dan revolusi pada planet Venus hanya 18 hari.

Suhu panas di planet ini lebih panas dari Merkurius. Rata-rata suhu di permukaan venus adalah 465 derajat Celcius. Venus memiliki keunikan tersendiri dibandingkan planet lainnya yaitu gerak rotasi venus berlawanan arah dengan gerak edar planet mengitari matahari dari timur ke barat.

Editors' Picks

3. Bumi

3. Bumi
Pexels/pixabay

Bumi adalah planet ketiga yang paling dekat dengan Matahari. Bumi yang ditutupi dua pertiga lautan ini menjadi satu-satunya planet yang memiliki kehidupan dan bisa untuk ditinggali.

Bumi berada pada jarak yang ideal dengan matahari. Atmosfer Bumi dikenal kaya akan nitrogen dan juga oksigen. Planet ini mengelilingi matahari dengan kecepatan lebih dari 29 km per detik. 

Jika jarak bumi terlalu dekat dengan matahari, maka air di Bumi akan mudah menguap menjadi gas. Berbera jika jarak terlalu jauh dari matahari akan membuat air di Bumi menjadi beku.

4. Mars

4. Mars
Unsplash/nasa

Urutan planet keempat adalah planet Mars. Jarak antara planet Mars dan matahari adalah 228 juta km dan berevolusi 687 hari. Planet ini dikenal dengan tempat yang dingin layaknya gurun yang tertutup debu.

Debu yang dimaksud terbuat dari oksidasi besi yang mampu memberikan warna merah ikonik pada planet ini.Planet Mars dikenal memiliki kesamaan dengan Bumi, seperti lembah, gunung, ngarai dan tornado yang terlokalisasi hingga badai debu yang melanda planet ini.

Mars memiliki kesamaan dengan Bumi yaitu berbatu, memiliki gunung, lembah, dan ngarai dan sistem badai mulai dari setan debu seperti tornado yang terlokalisasi hingga badai debu yang melanda planet.

5. Jupiter

5. Jupiter
Unsplash/nasa

Urutan planet kelima adalah planet Jupiter. Planet Jupiter merupakan planet yang masif di tata surya. Jupiter memiliki ukuran dua kali lebih besar dari gabungan planet lain. Awan yang berputar di planet ini berwarna-warni, hal ini dikarenakan terdapat berbagai jenis jejak gas.

Planet kelima yang terdekat dari matahari ini berjarak 778,8 juta km. Waktu yang diperlukan untuk berevolusi adalah 12 tahun dengan rotasinya selama 10 jam.  Jupiter memiliki medan magnet yang kuat dalam urutan planet dengan 75 bulan.

6. Saturnus

6. Saturnus
Unsplash/nasa

Saturnus dikenal karena bentuk cincinnya yang menonjol. Cincin Saturnus terdiri dari miliaran partikel es dan bebatuan. Cincin terbesar Uranus, Phoebe, membentang seluas hampir 7.000 kali luas Saturnus.

Cicin planet ini terbuat dari es dan batu, oleh sebab itu para ilmuwan belum meyakini bagaimana itu bisa terbentuk.

Sebagian besar planet Saturnus diisi dengan hidrogen, helium, dan memiliki banyak bulan. Saturnus membutuhkan 10 jam untuk berotasi dan berevolusi selama 29 tahun.
 

7. Uranus

7. Uranus
Unsplash/nasa

Planet yang satu ini memiliki awan yang terbuat dari hidrogen sulfida, kandungan ini sama seperti bahan kimia untuk membuat tellur yang berbau sangat busuk. Tak seperti Venus dan planet lain, ekuatornya hampir tegak lurus yang mengorbit pada sisinya.

Uranus memiliki kemiringan yang menyebabkan munculnya musim ekstrem yang berlangsung lebih dari 20 tahun. Pada planet ini, matahari terbenam di satu kutub atau ktub lainnya selama 84 tahun usia bumi. Matahari terbenam di satu kutub atau kutub lainnya selama 84 tahun usia Bumi sekaligus.

8. Neptunus

8. Neptunus
Unsplash/nasa

Planet ini menjadi planet yang paling jauh dari pmatahari atau planet terakhir yang ada di tata surya. Jarak antara Neptunus ke matahari adalah 5.957,3 juta km. Waktu yang diperlukan dalam berevolusi yaitu 284 tahun.

Neptunus menjadi planet pertama yang diprediksi ada melalui

Neptunus adalah planet pertama yang diprediksi ada dengan menggunakan matematika, sebelum terdeteksi secara visual.

Astronom Jerman bernama Johan Galle menggunakan perhitungan untuk membantuk menemukan Neptunus dalam teleskop. Neptunus juga menjadi planet pertama yang diprediksi ada dengan menggunakan matematika, sebelum terdeteksi secara visual.

Mungkin sebelumnya diketahui ada planet Pluto yang jaraknya paling jauh dari matahari. 

Dilansir dari NASA, 15 Februari 2021, Pluto tidak lagi disebut planet karena belum “membersihkan” lingkungan orbitnya dari objek lain. 

Itu dia tadi penjelasan mengenai urutan planet dalam tata surya yang bisa Mama ceritakan pada anak Mama. Selain planet, Mama juga bisa memberi tahu anak mengenai tata surya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk