10 Game Konsol Paling Sukses yang Rilis 2021, Lihat Daftarnya!

Yuk intip 10 game konsol paling sukses yang rilis 2021, Check! Ada yang kamu pernah mainkan nggak?

11 Januari 2022

10 Game Konsol Paling Sukses Rilis 2021, Lihat Daftarnya
Unsplash/Fredrick Tendong

Game konsol adalah adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. 

Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller.

Dari semua judul game konsol yang telah tercipta selama kurun waktu satu tahun kemarin, ternyata banyak sekali judul game yang sukses besar lho, Ma. Tidak hanya melihat sukses dari segi kualitas saja melainkan sukses besar dari segi penjualannya. 

Padahal mereka masih tergolong rilisan baru dan sepertinya yang memang sudah dinanti oleh para penggemar.

Hal itu terbukti dari data yang dimuat oleh media grup NDP, ada beberapa judul game yang memang memiliki nilai penjualan yang fantastis. 

Beberapa judul ini pastinya sudah sering terdengar di telinga kalian. Lantas apa saja game konsol paling sukses yang rilis 2021? Berikut Popmama.com akan memberikan daftarnya. Yuk simak! 

1. Resident Evil : Village

1. Resident Evil Village
Pinterest.com/wallpaperterritory

Resident Evil Village adalah game survival horror tahun 2021 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom. Semenjak perilisan perdananya tersebut, penjualan game milik Capcom itu makin menanjak dan digandrungi oleh segenap gamer PS1 di seluruh dunia. 

Banyak juga content creator game yang mencoba versi demo-nya dan mengatakan kalau franchise ini layak untuk dibeli. Game horror yang kuat dari segi cerita dan efek visualnya ini memang sudah melekat di hati para penggemarnya. Apalagi kehadiran villain lama yaitu Chris Redfield menjadi daya tarik tersendiri untuk game ini. 

Dilansir vg247 dari data yang diberikan Capcom, game Resident Evil Village sukses mencatatkan rekor dengan terjual lebih 4,5 juta unit di seluruh dunia dalam kurun waktu dua bulan pasca perilisan. Angka penjualan fantastis ini berasal dari penjualan Resident Evil Village di platform baik itu PC, PS4, PS5, Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Untuk menarik perhatian publik, mereka ternyata mengambil langkah yang jitu yaitu masih dalam pengumuman yang sama, mereka melakukan perilisan demo sehingga hal inilah yang membuat peminat melakukan pre-order di dua minggu sebelum rilis.

2. Call of Duty : Vanguard

2. Call of Duty Vanguard
callofduty.com

Call of Duty: Vanguard merupakan game terbaru untuk seri Call of Duty, yang dirilis pada 5 November 2021. Seri ini merupakan seri ke-18 dan mengangkat tema perang dunia kedua. 

Game yang mampu menyeimbangkan keakuratan sejarah dengan penggunaan narasi fiksi secara kuat. Game ini pun memiliki alur cerita kuat yang mampu mengenalkan beragam karakter dengan apik.  

Sejak dilakukan perilisan itu, Activition selaku publisher memang cukup gila-gilaan dalam melakukan pemasaran. Dari menghadirkan trailer yang “mewah”, proses produksinya pun menggaet banyak figure besar di industri game seperti Dave Swenson dan Josh Bridge. Games ini ternyata tidak sia-sia berkat usaha Activition dan Sledgehammer. 

Sayang sekali, karena NPF tidak merilis data berapa angka keseluruhan penjualan game ini, namun game Call of Duty: Vanguard masuk ke dalam game paling laris manis di bulan November 2021. 

3. Super Mario 3D World + Browser’s Fury

3. Super Mario 3D World + Browser’s Fury
www.nintendo.com

Game Super Mario 3D World + Bowser's Fury menampilkan gameplay co-op yang sama, level kreatif, dan power-up seperti game aslinya, tetapi dengan peningkatan tambahan. Di bagian Super Mario 3D World dari gim ini, karakter bergerak lebih cepat dan tanda hubung lebih cepat menyala. 

Kedua petualangan ini mendukung Mode Snapshot yang baru ditambahkan dengan jeda aksi untuk membiarkanmu mendapatkan bidikan sempurna, terapkan filter, dan dapat dihiasi dengan perangko pula. 

Dilansir data Nintendo, titel Super Mario 3D World laku dijual hingga 6,6 juta hanya di Switch saja. Hal inilah yang membuat penggemar setia Mario Bros terutama di Jepang sepertinya langsung merasa gugup ketika Nintendo mengumumkan kalau Super Mario 3D World akan rilis di penghujung tahun 2021 kemarin.

Secara keseluruhan, penjualan game Super Mario 3D World mencapai angka 12 juta unit per Juni 2021.

Hal ini membuktikan kalau penggemar setia Mario Bros memang tidak pernah kecewa dengan penggarapan Nintendo terhadap game kesayangan mereka. 

4. MLB : The Show 21

4. MLB The Show 21
Pinterest.com/Gamevicio

MLB The Show 21 adalah video game bisbol yang dicetuskan oleh San Diego Studio dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment, berdasarkan Major League Baseball (MLB).  

Game ini dirilis untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5, serta Xbox One dan Xbox Series X/S (yang pertama untuk waralaba) yang memasukkannya ke dalam Xbox Game Pass pada rilis untuk pertama kalinya, dengan MLB Advanced Media  menerbitkan bersama versi digital pada platform yang terakhir.

Mungkin di Amerika Serikat olahraga baseball atau kasti memang memiliki nilai tersendiri. Tidak heran kalau akhirnya mereka juga sampai membeli game-game berjudul olahraga seperti MLB: The Show 21. Tentu saja hal ini berdampak terhadap nilai angka penjualan game resmi Playstation ini laku keras dilansir dari NDP.

MLB: The Show 21 menjadi franchies MPB yang paling sukses sepanjang sejarah. Karena game ini telah mendapatkan total 4 juta unit yang berhasil dikirim pada durasi dua bulan pasca perilisan. Di Metacritic pun game ini mendapatkan antusiasme yang tinggi, yaitu 83/100. 

Editors' Picks

5. Ratchet & Clank : Rift Apart

5. Ratchet & Clank Rift Apart
www.playstation.com

Ratchet & Clank: Rift Apart adalah game action platformer bertema sci-fi. Cerita dalam game ini berfokus pada Ratchet dan Clank yang bergabung dengan Lombax perempuan bernama Rivet untuk mengalahkan Dr. Nefarious dan menyelamatkan dimensi di seluruh galaksi dari kehancuran. 

Cerita dalam game ini dikemas dengan ringan dan memberikan kesan nyaman, mirip dengan jenis film animasi menyenangkan yang biasa ditonton oleh anak-anak dan orang tuanya di malam Minggu.

Ratchet and Clank: Rift Apart menjadi salah satu yang paling menarik perhatian sejauh ini. Game ini berada di posisi pertama penjualan game bulan Juni di Amerika Serikat. Menjadi eksklusif PS5, game terbaru dari Imsoniac Games tersebut rajai penjualan game selama bulan Juni.

Sejak dirilis pada tanggal 11 Juni 2021 game Ratchet and Clank: Rift Apart ini telah terjual lebih dari 1,1 juta kali di seluruh dunia. Hal ini tentu menjadikan game salah satu game yang paling sukses dan laris di 2021.

6. Battlefield 2042

6. Battlefield 2042
Pinterest.com/metrouk

Battlefield 2042 adalah game first-person shooter yang dikembangkan oleh DICE dan diterbitkan oleh Electronic Arts.

Game ini adalah angsuran ketujuh belas dalam seri Battlefield, dan dirilis pada tahun 2021 untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X dan S. 

Tidak seperti game sebelumnya dalam seri, Battlefield 2042 hanya multipemain dan tidak  memiliki kampanye pemain tunggal. 

Game ini juga memiliki dukungan untuk permainan lintas platform yang pertama dalam seri ini. 

Pada pekan pertama perilisan, game besutan DICE ini langsung laku keras. Dari riset Tom Henderson, seorang jurnalis asal Amerika Serikat, game Battlefield 2042 berhasil dibeli sebanyak 4,23 juta unit per 13 Desember 2021.

Secara statistik memang menyebutkan kalau nilai penjualannya besar, namun tidak sedikit juga pemain yang kecewa. Di Metacritic, game ini mendapatkan nilai 68/100.

Setelah dirilis, Battlefield 2042 memang menerima tinjauan beragam dari para kritikus dan sambutan negatif dari para pemain.

Banyak kritik pedas dari segi visual sampai gameplay. Walaupun begitu hal ini tidak mematahkan catatan kalau game konsol ini tetap menjadi salah satu game yang paling sukses di 2021.

7. It Takes Two

7. It Takes Two
Pinterest.com/tvmoviede

It Takes Two adalah game platform aksi-petualangan yang dikembangkan oleh Hazelight Studios dan diterbitkan oleh Electronic Arts.  Gim ini dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X/S pada Maret 2021. 

Seperti judul debut Hazelight, A Way Out, gim ini tidak memiliki opsi pemain tunggal, game ini hanya dapat dimainkan di multiplayer kooperatif layar terpisah online atau lokal antara dua pemain.

It Takes Two memang permainan yang sangat baik dan bersahabat bagi keluarga. Dengan memperoleh gelar sebagai Best Family, game ini pun mendapatkan ulasan sangat positif di Steam.

Dilansir dari wikipedia, It Takes Two menerima ulasan yang umumnya menguntungkan dari para kritikus dan memenangkan beberapa penghargaan akhir tahun, termasuk The Game Award untuk Game of the Year di The Game Awards 2021. 

Pada 3 Oktober 2021 game ini telah terjual 3 juta kopi. Selain memang menerima penghargaan game yang berkualitas game ini pun menjadi game sukses di tahun 2021. 

8. Far Cry 6

8. Far Cry 6
Pinterest.com/frugalgaming

Far Cry 6 adalah sebuah permainan penembak orang pertama yang dikembangkan oleh Ubisoft Toronto dan diterbitkan oleh Ubisoft. Game ini merupakan bagian keenam dari seri Far Cry untuk Amazon Luna, Microsoft Windows, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Stadia. Game yang telah dirilis pada 7 Oktober 2021 lalu. 

Game Far Cry 6 ini hanya membutuhkan waktu satu bulan untuk mencapai penjualan tertingginya. Meskipun data penjualan tidak diungkap oleh Mat Piscatella, namun Back 4 Blood telah mencapai 6 juta unit pada bulan Oktober 2021 yang dilansir dari Gaming Bolt. 

Dilansir data Mat Piscatella, seorang tim jurnalis NDP mengungkapkan kalau Far Cry 6 berhasil mengalahkan game Back 4 Blood dan Metroid: Dread.

Artinya, angka penjualan dari Far Cry 6 lebih dari itu dan membuatnya jadi game paling laris per Oktober 2021.

Apalagi jika membahas soal kelebihan, Far Cry 6 memang sudah banyak ditunggu oleh pemain. Tidak heran kalau akhirnya game besutan Ubisoft Toronto ini laris manis di pasaran game konsol.

9. Monster Hunter Rise

9. Monster Hunter Rise
www.mosterhunter.com/

Monster Hunter Rise merupakan salah satu judul game andalan terbaru dari Capcom. Secara singkat, game satu ini menampilkan hewan buas memukau dan unik yang dapat diburu, bahkan setiap bagiannya bisa dibuat menjadi senjata atau baju perang.

Game RPG ini memang memiliki daya tarik tersendiri, dari gaya bertarung yang khas sampai monster-monster ikonis membuat game Monster Hunter Rise tidak pernah kehilangan penggemar setianya.

Setelah menunjukkan hasil positif pada Nintendo Switch, akhirnya Capcom mengumumkan perilisan Monster Hunter Rise untuk platform PC.

Dilansir dari Gaming Bolt, game ini mendapatkan rekor dengan total 7,5 juta unit yang berhasil dijual hingga akhir Agustus 2021.

Lagi-lagi game andalan dari Capcom mencetak game sukses di tahun 2021 kemarin. Game ini sudah jelas sesuai dengan ekspektasi para penggemarnya.

10. Tales of Arise

10. Tales of Arise
Pinterest.com/creativeuncut

Dilansir dari gamerwk.com, game ini awalnya dari adaptasi novel iseng karya seorang programmer di Bandai Namco, siapa sangka jika Tales sudah berkembang menjadi salah satu franchise JRPG terbesar saat ini. Game ini bisa dimainkan berbagai platform seperti PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series XS dan PC. 

Dengan sejarah panjang melebihi 25 tahun lamanya, franchise ini akhirnya siap membawa evolusi besar di generasi konsol next-gen lewat Tales of Arise. Antusiasme dalam menantikan seri ini memang sangat tinggi, dan sebagian besar alasannya terletak di kualitas grafis yang jauh lebih superior dibandingkan seri sebelumnya yang masih tertahan di era PlayStation 3. 

Game yang dirilis pada tanggal 9 September 2021 lalu ini, menuai banyak review positif serta mampu mencetak rekor penjualan hanya dalam sekejap. 

Hanya berselang seminggu setelah rilis, Tales of Arise mencatat penjualan sebanyak 1 juta kopi di seluruh dunia, dan menjadi seri Tales dengan rekor penjualan tercepat! Tak heran, dengan gameplay adiktif dan grafis yang menawan, Tales of Arise merupakan salah satu game JRPG terbaik, tersukses dan terlaris pada tahun 2021.

Itulah game konsol paling sukses sepanjang tahun lalu. Adakah dari daftar game tadi yang kamu juga mainkan? Silakan tulis jawaban di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.