TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

3 Tips Persiapan Orang Tua untuk Anak yang akan PTM

Tips persiapan untuk Mama untuk anak yang akan PTM!

16 Desember 2021

3 Tips Persiapan Orang Tua Anak akan PTM
Freepik

Pandemi Covid-19 telah menjadi pengingat yang kuat bahwa salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran virus juga salah satu yang paling sederhana: mencuci tangan dengan sabun dan air (HWWS).

Apalagi akhir-akhir ini sudah mulai diberlakukan sejumlah sekolah di Indonesia pembelajaran tatap muka atau dikenal dengan istilah PTM. 

Ditemui dalam acara PZ Cussons berpartisipasi dalam Program “Back To School” yang diadakan melalui virtual, pada Rabu (15/12/2021), Dr. Imran Agus Nurali, Sp. Ko selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat mengatakan bahwa kesiapan belajar satuan pendidikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan PTM terbatas.

Saat ini pemerintah semakin intensif melakukan sosialisasi pemicuan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Praktik CPTS merupakan poin penting dalam mengubah perilaku di masa depan dimana kita diharuskan untuk menyambut hidup normal yang baru.

Berikut Popmama.com telah merangkum tips orangtua untuk anak yang akan PTM. Yuk simak di bawah ini ya, Ma!

1. Berikan vaksinasi Covid-19 pada anak

1. Berikan vaksinasi Covid-19 anak
Pexels.com/Thirdman

Vaksinasi ini termasuk hal yang terpenting karena anak merupakan mata rantai dari herdimmunity. Karena kalau anak-anak sudah divaksin akan menjadi terlindungi.

‘’Kami pun sedang melakukan vaksinasi bagi usia sekolah yaitu 6-11 tahun. Kegiatan ini jadi salah satu menjadi pendekatan untuk program vaksinasi ini.” ucap  Dr. Imran Agus Nurali, Sp. Ko selakuWakil Kepala Dinas Pendidikan

2. Rutin edukasi anak soal protokol kesehatan

2. Rutin edukasi anak soal protokol kesehatan
Freepik.com

Pandemi Covid-19 membuat seluruh tatanan kehidupan masyarakat ikut berubah. Salah satunya, kini masyarakat erat dengan yang dinamakan protokol kesehatan. Pastikan anak untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Salah satunya sejak ditetapkannya kebijakan PTM terbatas ini. Untuk sebagian orang tua yang anaknya kembali bersekolah tatap muka, harus secara rutin mengedukasi anak soal protokol kesehatan. 

“PTM terbatas berbeda dengan masuk sekolah normal, atau pada umumnya. Didukung dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga edukasi mengenai pentingnya menjaga jarak, kebersihan dan sifat saling menjaga antar guru dan siswa, harapannya PTM terbatas dapat menjadi solusi ke arah yang baik dalam mencegah learning loss dan juga kekurangan yang belum dapat dipenuhi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain itu PTM ini juga diperlukan untuk mengurangi dampak kesenjangan capaian belajar yang merupakan akibat dari perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh terutama untuk anak dari sosio-ekonomi berbeda.”, Ucap Purwosusilo, S.Pd, M.Pd, Wakil Kepala Dinas Pendidikan 

3. Jaga kebersihan dan peduli terhadap lingkungan

3. Jaga kebersihan peduli terhadap lingkungan
Pexels/Norma Mortenson

Memelihara kebersihan siswa dan siswi dalam mempersiapkan mereka kembali bersekolah perlu dijaga dimulai dari kebiasaan di rumah, berangkat ke sekolah hingga waktu mereka kembali ke rumah. Disinilah peran orangtua, guru dan masyarakat itu sendiri menjadi sangat penting dengan memberikan edukasi.

Hal itu pun dikatakan oleh Head of Marketing Asia PZ Cussons Indonesia, Riza Rahman,

“Pada periode bulan Desember 2021 - Februari 2022, PZ Cussons berupaya melakukan pelatihan mengenai kebersihan tubuh dan kepedulian terhadap lingkungan dan juga pendidikan emosional menghadapi PTM bagi siswa dan siswi SD terhadap setidaknya 12,500 siswa di 28 SD Negeri di Jakarta. PZ Cussons juga akan menyalurkan 12500 hygiene kit berisikan produk Cussons Kids dan Carex yang dapat digunakan oleh siswa dan siswi untuk memperkuat proteksi terhadap kuman dan virus agar mereka dapat melalui hari-hari dengan lebih aman, bersih dan terlindungi ketika bersekolah”. 

Berkaitan dengan hal tersebut, PZ Cussons bekerja sama dengan Bank DKI, melakukan edukasi bersama terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Protokol Kesehatan dalam upaya mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Rangkaian edukasi ini merupakan perpanjangan dari inisiatif Small Steps Big Impact dimana PZ Cussons dan Bank DKI akan membagikan hygiene kit dan juga materi edukasi bagi siswa dan siswi usia Sekolah dasar. 

Secara berkelanjutan program ini mendorong siswa dan siswi agar lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, melalui PHBS serta menerapkan protokol kesehatan baik di lingkungan rumah dan sekolah. Program ini diharapkan menjadi bagian dari adaptasi cara hidup baru, serta memotivasi sikap positif dan semangat dalam belajar yang dikemas secara menarik dan edukatif.

Nah, itu dia tadi 3 tips yang telah Popmama.com rangkum tentang tips orangtua untuk anak yang akan PTM. Semoga bermanfaat bagi Mama ya! Jika ada tips lainnya ala Mama, boleh langsung tulis di kolom komentar ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk