25 Nama Nabi dan Rasul yang Harus Dihafal Anak dalam Agama Islam

Ajarkan nabi-nabi dengan kisah hidup dan perjuangan terhebat yang pernah ada

2 September 2020

25 Nama Nabi Rasul Harus Dihafal Anak dalam Agama Islam
pexels.com

Tak hanya pendidikan formal saja yang perlu diterapkan pada anak dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan agama juga tak kalah penting dalam hidupnya.

Mulai dari mengajarkan anak dengan menjalankan ibadah yang diperintahkan Allah SWT seperti salat dan puasa, Mama juga bisa mengajarkan anak kisah para Nabi dan Rasul yang dapat menjadi pembelajaran bagi kehidupan mereka.

Sebelum mengajarkan kisah para Nabi dan Rasul, Mama bisa mengajak anak untuk menghafal 25 nama Nabi dan Rasul terlebih dahulu. 25 nama ini dipilih Allah SWT untuk mendapatkan ilham dan mukjizat karena kesabaran, ketabahan dan kualitasnya.

Dari mereka, kita sebagai umat Islam belajar apa dan bagaimana hidup ini supaya bisa menjalaninya dengan benar sesuai kehendak Allah SWT.

Untuk itu, yuk ajarkan anak untuk menghafal nama 25 Nabi dan Rasul agar selalu diingat dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Berikut daftar 25 nama nabi dan rasul, disimak yuk!

1. Nabi Adam hingga Nabi Saleh

1. Nabi Adam hingga Nabi Saleh
Youtube/Calon Penghuni Surga

Dari 25 nama Nabi dan Rasul Allah, semuanya memiliki kisah dan tauladan yang bisa diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari 5 Nabi pertama berikut ini yuk, Ma!

  • Nabi Adam: Nabi pertama dari 25 nama nabi ini merupakan satu-satunya nabi yang diciptakan di Surga. Nabi Adam hidup di surga selama beberapa waktu bersama sang istri, Hawa.
  • Nabi Idris: Dikenal sebagai manusia yang pandai membaca dan menulis. Nabi Idris menguasai banyak ilmu seperti perbintangan, matematika, merawat hewan hingga menjahit.
  • Nabi Nuh: Nabi Nuh dikenal dengan kesabaran yang luas. Nabi Nuh juga pernah mendapat mukjizat Allah yaitu membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.
  • Nabi Hud: Mengajak kaum Aad untuk berhenti menyembah berhala, ajakan Nabi Hud justru ditolak oleh kaum Aad. Hingga akhirnya Allah murka dan mendatangkan bencana besar berupa badai gurun selama tujuh hari tujuh malam.
  • Nabi Saleh: Keturunan keenam Nabi Nuh ini juga mendapat mukjizat Allah yaitu mampu mengeluarkan unta betina dari sebuah batu ketika memukulkan telapak tangannya.

Editors' Picks

2. Nabi Ibrahim hingga Nabi Yaqub

2. Nabi Ibrahim hingga Nabi Yaqub
Youtube/Calon Penghuni Surga

Setelah 5 nama Nabi pertama, selanjutnya ada 5 nama Nabi lainnya yang bisa Mama ajarkan kepada anak untuk selalu dihafal dan diamalkan. Berikut diantaranya:

  • Nabi Ibrahim: Dikatakan sebagai bapaknya para Nabi sebab hampir semua Nabi merupakan keturunannya. Nabi Ibrahim didatangkan untuk membenahi kaum yang dipimpin raja Namrud, yang mana menganggap dirinya sebagai Tuhan selain Allah SWT.
  • Nabi Luth: Diutus Allah memperbaiki moral kaum Gomorah yang senang berhubungan sesama jenis. Dikarenakan ajakan Nabi Luth tidak diindahkan, mereka dihukum dengan gempa bumi dan hujan meteor yang dahsyat yang membinasakan seluruh penduduk kota.
  • Nabi Ismail: Ingat kisah penyembelihan Nabi Ibrahim terhadap anaknya Nabi Ismail? Nabi Ismail kemudian mendapat mukjizat dari Allah dengan digantinya kambing yang dikirim dari Surga. Hal inilah yang akhirnya menjadi asal usul ibadah kurban di hari raya Idul Adha.
  • Nabi Ishaq: Merupakan anak dari Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq turut serta bersama nabi Ibrahim berdakwah menyampaikan ajaran kebenaran.
  • Nabi Yaqub: Nabi Yaqub juga meneruskan kekuasaan Allah yang diterimanya kepada seluruh umat Islam di muka bumi. Sebelum meninggal dunia, beliau berpesan agar anak-anaknya tetap berpegang pada ajaran yang ia berikan atas dasar utusan Allah SWT.

3. Nabi Yusuf hingga Nabi Harun

3. Nabi Yusuf hingga Nabi Harun
Youtube/Calon Penghuni Surga

Selanjutnya ada kisah 5 Nabi lainnya yang bisa dihafal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut diantaranya:

  • Nabi Yusuf: Anak kesayangan Nabi Yaqub yang membuat iri para saudaranya ini kemudian diasingkan dengan dibuang ke dalam sumur. Setelah berhasil diselamatkan, Nabi Yusuf mendapat mukjizat yaitu dapat menafsirkan mimpi.
  • Nabi Ayub: Salah satu Nabi tersabar yang pernah ada dengan kekayaan dan kebaikan hatinya. Allah mengujinya dengan membuat beliau sakit hingga hartanya habis, namun Nabi Ayub tetap tabah dan sabar melewati ujian Allah sampai kembali seperti semula.
  • Nabi Syu'aib: Diutus untuk mengajak kaum Madyan menyembah Allah, namun ajakan Nabi Syu'aid tak diindahkan. Alhasil, Allah melaknat kaum Madyan dengan badai panas dan awan hitam hingga semua penduduknya musnah.
  • Nabi Musa: Nabi Musa mendapat mukjizat Allah dengan diturunkannya kitab Taurat. Atas izin Allah, Nabi Musa juga mampu mengubah tongkat menjadi ular dan membelah laut Merah.
  • Nabi Harun: Dikarunian kemampuan berbahasa, Nabi Harun berjuang keras untuk kaumnya yang menyembah berhala agar mau meninggalkannya dan menyembah Allah SWT.

4. Nabi Zulkifli hingga Nabi Ilyasa

4. Nabi Zulkifli hingga Nabi Ilyasa
Youtube/Calon Penghuni Surga

Kemudian beberapa nama Nabi berikut ini juga tak kalah penting untuk dihafal dan diamalkan, Ma. Inilah 5 nama Nabi selanjutnya yang mendapat mukjizat Allah:

  • Nabi Zilkifli: Nabi ini dikaruniai sifat sabar yang sangat besar dan rasa dermawan yang tinggi. Sifatnya itu membuat beliau mendapt mukjizat Allah terselamatkannya dari reruntuhan rumah yang menimpanya.
  • Nabi Daud: Mendapat wahyu berupa kitab Zabur, Nabi Daud merupakan orang yang mengalahkan Jalut (Goliath) dan diberi mukjizat dapat melunakkan dan membengkokkan besi. Kemudian beliau menjadi raja menggantikan Jalut yang dikalahkannya.
  • Nabi Sulaiman: Putra Nabi Daud yang meneruskan sebagai raja dengan kekayaan yang luar biasa. Nabi Sulaiman memiliki beberapa mukjizat dari Allah, diantaranya adalah bisa bicara dengan binatang, dapat menundukkan angin serta tingkat kesabaran yang luar biasa.
  • Nabi Ilyas: Nabi ini mendapat tugas untuk berdakwah kepada orang-orang Finisia dan Bani Israel yang menyembah berhala bernama Baal di Kota Baalbak, Syam. Namun semua yang diajarkan Nabi Ilyas ingkar dan akhirnya mereka mendapat azab dari Allah SWT.
  • Nabi Ilyasa: Anak angkat yang diasuh oleh Nabi Ilyas kemudian melanjutkan sang ayah untuk berdakwah kepada Bani Israil dan orang-orang Amoria di daerah Panyas, Syam. Nabi Ilyasa memiliki kesabaran tingkat tinggi, karenanya beliau diberi mukjizat besar seperti mampu menghidupkan orang mati.

5. Nabi Yunus hingga Nabi Muhammad SAW

5. Nabi Yunus hingga Nabi Muhammad SAW
Youtube/Calon Penghuni Surga

Berikut ini adalah 5 nama Nabi terakhir Allah yang juga mendapat mukjizat dan kisahnya dapat menjadi pembelajaran bagi kehidupan kita umat Islam. 

  • Nabi Yunus: Merasa kecewa dan frustasi karena apa yang diperintahkan ALlah belum juga berhasiil, Nabi Yunus mendapat hukuman dengan dimaakan oleh ikan paus raksasa, namun tidak wafat. Allah memberikan pelajaran pada nabi Yunus yang meninggalkan kaumnya dengan hukuman hidup di dalam perut ikan paus. Selama 3 hari, beliau terus memanjatkan doa keselamatan dan penyesalan. Hingga akhirnya beliau disemprotkan keluar oleh ikan paus tersebut.
  • Nabi Zakaria: Keturunan Nabi Sulaiman ini mendapat utusan untuk memperbaiki kaum Bani Israil yang tinggal di Palestina. Atas kesabarannya, beliau yang terus berdakwah sampai usia renta baru mendapatkan karunia anak dari Allah SWT.
  • Nabi Yahya: Anak dari Nabi Zakaria merupakan seorang manusia yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.Dikaruniai ilmu dan hikmah saat usia anak-anak membuat Nabi Yahya selalu menjadi orang yang dapat menyelesaikan masalah di kalangan kaumnya.
  • Nabi Isa: Mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani. Tak hanya itu, Nabi Isa juga dikaruniai mukjizat dapat berbicara pada waktu masih bayi dan menghidupkan burung yang sudah mati atau orang yang sudah mati.
  • Nabi Muhammad: Sebagai Nabi terakhir yang diutus Allah, Nabi Muhammad menjadi Nabi yang umatnya adalah seluruh manusia di muka bumi yang hidup mulai zaman Nabi Muhammad hingga akhir zaman. Mukjizat yang dikaruniainya adalah kitab suci Al-Quran, yang mana menjadi kitab suci pelengkap dari kitab sebelumnya.

Nah, itulah 25 nama Nabi dan Rasul Allah yang perlu dihafal oleh anak sejak dini. Semoga kisah para 25 Nabi dan Rasul ini dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak untuk senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan mereka. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.