Bantu Anak Lebih Fokus Belajar dengan Cara Mindfulness

Apa itu mindfulness? Cari tahu jawabannya di sini yuk, Ma!

18 September 2020

Bantu Anak Lebih Fokus Belajar Cara Mindfulness
Freepik/prostooleh

Saat ini, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara online membuat para orangtua mulai merasakan sedikit kewalahan. Terlebih saat anak mulai sibuk dengan ponselnya dan sulit berkonsentrasi.

Untuk itu, orangtua harus memutar otak bagaimana caranya agar anak tetap fokus dan mau belajar secara online tanpa hambatan. Salah satu yang bisa Mama lakukan selama proses belajar anak agar lebih fokus adalah dengan mencoba menerapkan mindfulness pada anak.

Mindfulness dikatakan dapat membantu anak bebas stres dan kembali fokus saat belajar, terelebih di masa pandemi yang mengharuskan anak melakukan pembelajaran secara online.

Lantas, apa itu mindfulness dan bagaimana cara mengajak anak melakukan cara ini?

Yuk, simak ulasan Popmama.com mengenai cara membuat anak lebih fokus belajar dengan mindfulness berikut ini Ma!

Editors' Picks

1. Apa itu mindfulness?

1. Apa itu mindfulness
Freepik/yanalya

Mindfulness adalah kesadaran penuh tubuh saat melakukan sesuatu. Metode ini mengajarkan kita untuk berhenti sejenak dan fokus pada apa yang ada di hadapan kita. 

Nggak cuma orang dewasa saja yang butuh fokus, Ma, anak-anak pun demikian. Terlebih saat harus melakukan belajar secara online, tentunya konsentrasi yang ekstra sangat dibutuhkan demi berlangsungnya PJJ ini.

Cara ini dikatakan cukup ampuh untuk dilakukan orangtua dalam membuat anaknya lebih fokus dan berkonesntrasi saat belajar. Sebab cara ini akan membuat anak mengembalikan ketenangan dan siap untuk kembali berkonsentrasi, Ma.

2. Cara mudah mengajak mindfulness pada anak

2. Cara mudah mengajak mindfulness anak
Freepik/senifpetro

Memasuki era teknologi membuat anak-anak lebih berfokus pada ponsel mereka dibandingkan dengan pembelajaran yang diajarkan. Untuk mengembalikan fokus mereka pada belajar, mindfulness bisa diajarkan pada anak sejak dini.

Cara mudah yang bisa Mama lakukan adalah dengan memintanya untuk duduk diam dan praktik bernapas bersama. Agar lebih menyenangkan, Mama bisa meminta anak berbaring di atas karpet dan letakan boneka ringan di atas perutnya.

Pinta anak untuk mengamati boneka tersebut. Kemudia saat mereka menarik napas, maka boneka tadi otomatis akan ikut naik, dan saat membuang napas, boneka akan turun.

Cara ini secara otomatis membuat anak mempelajaran dan menyadari napasnya sendiri. Cara ini sangat fleksibel dan mudah dilakukan di rumah, Ma. Mama bisa mencoba cara lain yang menyenangkan agar anak mau rileks dan menyadari napasnya sebelum belajar.

3. Menerapkan mindfuless selama pandemi

3. Menerapkan mindfuless selama pandemi
Freepik/pressfoto

Di masa pandemi ini anak tentu diwajibkan belajar sendiri di rumah. Untuk itu mindfulness sangat sesuai untuk diterapkan selama pandemi ini.

Meski hanya menerima pelajara dari rumah, Mama bisa mengembalikan fokus dan konestrasi anak dengan cara ini. Paling mudahnya, sebelum kelas online ia dimulai, Mama bisa meminta anak menyiapkan semua keperluan belajarnya dan ajak mereka menyadari napasnya agar lebih rileks.

Pastikan kondisi anak dan Mama rileks agar tetap fokus dan tidak mudah stres saat pembelajaran dimulai. Jika mulai kehilangan fokus, ajak anak untuk melakukan cara-cara tadi untuk mengembalikan fokusnya.

Itulah cara membuat anak lebih fokus belajar dengan mindfulness. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan selama pembelajaran online di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.