5 Cara Membuat Hiasan Gantung dari Kertas Origami, Ide Dekorasi Kamar

Bisa membantu mengasah kreativitas anak di rumah

24 Mei 2022

5 Cara Membuat Hiasan Gantung dari Kertas Origami, Ide Dekorasi Kamar
Youtube.com/Two Points Craft

Origami merupakan teknik melipat kertas yang berasal dari Jepang. Dengan beragam warna yang tersedia, Mama bisa mengajak anak membuat berbagai kreasi yang menarik dengan teknik tersebut.

Salah satu cara mengkreasikan kertas origami adalah dengan membuat hiasan gantung yang bisa digunakan untuk dekorasi kamar anak atau bagian ruang keluarga. Buatnya pun nggak sulit, kok!

Berikut akan Popmama.com rangkumkan cara membuat hiasan gantung dari kertas origamiyang mudah dan bisa anak praktikan di rumah.

1. Hiasan gantung langit

1. Hiasan gantung langit
Youtube.com/Nyuplon Mi

Hiasan pertama yang bisa anak coba menggunakan teknik origami adalah dengan membuat berbagai bentuk yang merepresentasikan langit. Misalnya awan, bintang, matahari, dan lainnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama buatlah pola gambar awan terlebih dahulu, lalu potong dua buah kertas origami dengan warna sesuai menjadi bentuk yang sama, setelahnya satukan keduanya di garis tengah menggunakan lem perekat. 

Sebenarnya menggunakan satu kertas saja tak masalah kok, Ma. Hanya saja dengan membuatnya dua buah kertas sekaligus dalam satu gambar, ini akan membuat gambar lebih hidup dan tidak tampak datar.

Jika sudah selesai, barulah anak bisa menambahkan tali kecil yang panjangnya disesuaikan untuk nantinya bisa mereka gantung.

Editors' Picks

2. Hiasan gantung burung bangau

2. Hiasan gantung burung bangau
Magiclean.co.id

Ide dekorasi kamar dengan hiasan kertas origami selanjutnya adalah membuat burung bangau dengan berbagai warna. Langkah yang bisa anak lakukan adalah melipat kertas origami menjadi segitiga, sisi berwarna ada di bagian dalam lipatan dan sisi putihnya ada di bagian luar.

Kemudian tarik bagian ujung segitiga ke dalam sehingga terbentuk segiempat kecil. Setelah sudah, lipat bagian kertas yang pinggirnya terbuka ke tengah lalu buka, lakukan langkah tersebut pada ke empat sisi kertas.

Langkah selanjutnya adalah membuka sisi depan dan belakang kertas ke arah atas, lalu lipat sisi kiri ke tengah, lakukan juga hal yang sama pada bagian belakang.

Lipat juga sisi depan kiri ke tengah, lipat bagian bawahnya ke atas, lalu kembalikan sisi kiri ke posisi seperti semula. Mama bisa meminta anak mengulangi langkah ini pada bagian bagian sisi satunya.

Untuk membentuk kepala, tekuk sisi kertas yang ada di dalam, lalu tarik sisi kertas yang menghadap ke arahmu hingga terbuka. Hiasan gantung burung bangau pun siap digantung dengan menggunakan tali.

3. Hiasan gantung kupu-kupu

3. Hiasan gantung kupu-kupu
Shopee.co.id

Berikutnya membuat hiasan kupu-kupu yang tak kalah cantik untuk dijadikan ide dekorasi kamar anak mama. Langkah pertama adalah melipat kertas menjadi dua bagian sama besar secara horizontal, kemudian buka kertas dan lipat lagi menjadi dua bagian yang sama pada sisi berlawanan.

Lalu buka dan lipat sepanjang kedua diagonal untuk membuat dua lipatan segitiga lagi. Jika sudah, buka lagi dan lipat sepanjang diagonal pada sisi berlawanan agar membentuk segitiga.

Lipat kertas agar mengikuti garis lipatan membentuk segitiga yang lebih kecil, dengan melipat kertas secara horizontal untuk membentuk persegi panjang. Jika sudah, masukkan sisi kiri dan kanan kertas hingga membentuk segitiga, kemudian satukan juga lipatan kiri dan kanan untuk membentuk segitiga yang simetris.

Berikutnya, lipat ke atas bagian ujung kanan segitiga dan lakukan hal yang sama pada ujung satunya agar membentuk belah ketupat pada bagian depan. Balik kertas menjadi bentuk segitiga terbalik dan lipat bagian bawah hingga melewati tepi atas dan bentuk segitiga memanjang di atas.

Agar lipatan tersebut lebih tahan, anak mama bisa menambahkan sedikit lem untuk merekatkan. Terakhir, lipatlah kupu-kupu menjadi dua untuk membantu membentuknya dengan indah.

4. Hiasan gantung bunga sakura

4. Hiasan gantung bunga sakura
Youtube.com/DIYholic Indonesia

Untuk menghiasi jendela kamar anak agar tidak monoton, Mama bisa mengajak mereka membuat hiasan gantung berbentuk bunga sakura yang indah. Langkah pertama adalah menyiapkan kertas origami berwarna pink untuk dilipat secara vertikal menjadi dua. 

Kemudian, lipat bagian satu sudut bawah menjadi segitiga. dan bagian lagi bagian sudut bawah namun untuk kertas bagian belakangnya saja. Berikutnya, potong bagian sisi yang berlawanan yang sudah dibentuk segitiga tadi. 

Potong bagian kertas yang menghubungkan pada dua segitiga tersebut. Lalu pisahkan dari setiap kelopak bunga. Agar lebih merekat, pasang setiap kelopak dengan menekan bagian tengah bunga secara bersamaan.

Tambahkan juga bagian segitiga potongan tadi ke bagian tengah bunga dan bunga sakura pun sudah selesai dibuat. Tinggal ditambahkan tali untuk digantung, and we are done!

5. Hiasan gantung bentuk kipas

5. Hiasan gantung bentuk kipas
Youtube.com/Creativio Youtube

Nggak hanya bisa dijadikan kipas tangan, tetapi bentuk kipas juga bisa lho dijadikan hiasan gantung sebagai dekorasi kamar. Caranya adalah dengan menyiapkan kertas origami dan melipat setiap 1 cm kertas ke arah dalam dan buat tinggi dan ukuran lipatan sama.

Kemudian, lipat bagian kertas secara vertikal sampai ke arah tengah dan buka kembali. Setelah itu, lipat juga bagian kanan dan kiri ke arah tengah sehingga menjadi bentuk persegi.

Buat lagi lipatan secara vertikal ke arah tengah dan buka ke arah luar dan tekan pada bagian lipatan kertas. Jika sudah, susun kertas berbentuk kipas dengan tali dan hiasan gantungan satu ini pun siap dipajang.

Itulah beberapa cara membuat hiasan gantung dari kertas origami yang bisa anak buat di rumah. Nggak hanya mengisi waktu luang lebih bermanfaat, tetapi juga bisa jadi ide dekorasi kamar mereka nih, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk