7 Cara Meningkatkan Keinginan Anak dalam Menggapai Cita-Cita

Tetap beri semangat dan dukungan demi masa depan anak yang lebih baik

2 Desember 2021

7 Cara Meningkatkan Keinginan Anak dalam Menggapai Cita-Cita
Pexels/August de Richelieu

Cita-cita adalah impian masa depan yang dimiliki oleh setiap orang. Biasanya cita-cita mulai ditanyakan oleh guru atau orangtua saat anak masih berusia anak-anak. Di usia inilah impian mereka lebih beragam dan cenderung berubah seiring bertambahnya usia. 

Meski belum sepenuhnya memahami arti dari cita-cita yang akan digapai, penting bagi kita sebagai orangtua untuk mengajarkan padanya untuk memiliki dan mendukung impian anak demi masa depan yang lebih baik.

Untuk meningkatkan keinginan anak dalam menggapai cita-citanya, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips yang bisa Mama dan Papa lakukan pada anak sejak kecil.

1. Mendengarkan keinginan anak

1. Mendengarkan keinginan anak
Freepik/jcomp

Saat ini banyak orangtua yang merasa anaknya mulai menjauh dari mereka. Oleh karena itu, orangtua juga harus berperan selayaknya sahabat terbaik bagi anak.

Dengan begitu, anak pun akan lebih mudah meluapkan segala keluh kesah dan keinginannya. Cobalah untuk jadi teman terbaik anak dengan mendengarkan apa yang anak inginkan. 

Ketika anak terbuka, Mama pun bisa membantu mengarahkan dengan baik agar nantinya anak memiliki kesempatan dalam menggapai impiannya tersebut.

2. Meminta anak untuk menentukan tujuan dari cita-citanya

2. Meminta anak menentukan tujuan dari cita-citanya
Freepik

Memasuki usia sekolah, biasanya anak mulai menentukan impian seperti apa yang ingin ia raih kelak nanti. Saat itulah Mama bisa membimbingnya untuk memahami tujuan dari impian yang diinginkan. Nggak hanya sekadar memperoleh materi semata, cita-cita yang anak inginkan juga diharapkan dapat berguna bagi banyak orang.

Editors' Picks

3. Ajak anak menyusun rencana secara bertahap

3. Ajak anak menyusun rencana secara bertahap
Pexels/Tima Miroshnichenko

Ketika anak sudah menyebutkan apa cita-cita yang mereka inginkan, hal yang bisa Mama lakukan adalah memberikan dukungan serta meminta anak menyusun rencana secara bertahap demi mewujudkan itu semua.

Ketika anak sudah mengetahui tahapan rencana yang akan ia jalani ke depannya, maka akan lebih mudah juga baginya menggapai target yang diingkan demi realistis dan penuh semangat.

Buatlah dari hal-hal sederhana untuk lebih memudahkan. Setelah itu, tetapkan waktu agar anak bertanggung jawab untuk menyelesaikan sesuai batas waktu yang sudah ia tetapkan. 

4. Ajarkan anak sikap tekun

4. Ajarkan anak sikap tekun
Pexels/RODNAE Productions

Tak hanya membuat rencana untuk menggapai impian, Mama juga bisa mengajarkan ketekunan sebagai usaha lainnya. Sebab ketekunan akan membantu anak terhindar dari rasa mudah menyerah ketika mendapatkan hambatan di tengah jalan.

Beri anak pemahaman tentang arti tekun, kemudian ajarkan melalui cara yang tepat. Dengan begitu, anak pun bisa memahami bagaimana pentingnya menghargai proses demi mendapatkan sesuatu yang ia inginkan.

5. Bantu anak memfokuskan potensi

5. Bantu anak memfokuskan potensi
Unsplash/andreapiacquadio

Setiap orang tentu memiliki cita-cita dan potensi yang berbeda, pun bagi anak-anak. Ketika Mama melihat potensi yang anak miliki sejak kecil, cobalah untuk membantunya untuk memfokuskan potensi yang dimiliki tersebut.

Saat orangtua bisa memahami potensi anak dan membantunya memfokuskan potensi tersebut, maka lebih mudah bagi Mama untuk membantu anak menggapai cita-citanya kelak nanti.

6. Bantu tingkatkan kepercayaan diri anak

6. Bantu tingkatkan kepercayaan diri anak
Pexels/gustavofring

Tak hanya tekun dalam menjalani prosesnya, Mama juga perlu memberikan dukungan demi meningkatkan kepercayaan diri yang anak miliki. Tak sedikit anak yang kesulitan memercayai kemampuan dalam dirinya, untuk itu penting memberikan motivasi padanya agar tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

7. Beri tahu anak untuk menikmati prosesnya

7. Beri tahu anak menikmati prosesnya
Pexels/Ron Lach

Terakhir, ajarkan juga pada anak untuk menikmati proses yang sedang ia jalani. Cukup lakukan sebaik mungkin ya ia bisa, jangan sampai anak merasa tertekan menjalani proses tersebu.

Cobalah untuk berfokus pada sesuatu yang sederhana terlebih dahulu. Jika dalam implementasinya anak menemukan hambatan atau kegagalan, ajak mereka untuk belajar ikhlas dan tetap semangat memulai kembali.

Kegagalan dalam meraih cita-cita adalah hal yang wajar terjadi. Namun, anak harus tetap diberikan dukungan agar mereka mau terus berjuang dan pantang menyerah akan impian tersebut.

Dengan menenamkan cara-cara di atas dalam mendidik anak, bukan tak mungkin kelak nanti anak mama bisa menggapai cita-citanya. Jadi, tetap berikan dukungan sejak dini ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk