Jadwal PPDB SD Tahun Pelajaran 2020/2021 di Tangerang

Khusus Tangerang, simak jadwal penerimaan siswa baru ini yuk, Ma

12 Juni 2020

Jadwal PPDB SD Tahun Pelajaran 2020/2021 Tangerang
Pixabay/belart84

Meski wabah virus corona terus berkembang di Indonesia, hal ini tak membuat kalender akademik berubah dan akan terus berjalan seiring pergantian tahun ajaran baru 2020/2021.

Seperti yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019, yang membahas tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang sebelumnya telah ditandatangani langsung oleh Mendikbud Nadiem Makarim pada 10 Desember 2019. 

Dalam permendikbud dijelaskan mengenai jalur pendaftaran PPDB 2020 yang bisa Mama pilih untuk mendaftarkan buah hati ke sekolah-sekolah pilihan.

Jalur pendaftaran meliputi jalur prestasi, jalur zonasi, jalur afirmasi, hingga jalur perpindahan tugas orangtua/wali. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun pelajaran 2020/2021 untuk anak Mama yang berdomisili di Tangerang. 

1. Persyaratan calon peserta didik SD

1. Persyaratan calon peserta didik SD
Freepik

Sebelum memilih sekolah yang tepat untuk si Kecil yang mulai memasuki jenjang pendidikan dasar, berikut persyaratan bagi calon peserta didik jenjang SD:

  1. Berusia 7 - 12 tahun wajib diterima.
  2. Berusia paling rendah 6 tahun (per 1 Juli 2020).
  3. Berusia di bawah 6 tahun diperuntukan bagi yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat dengan dibuktikan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional atau Dewan Guru Sekolah.
  4. Surat keterangan lahir atau akte kelahiran yang sudah dilegalisir pihak kelurahan setempat.

Editors' Picks

2. Tata cara pendaftaran SD

2. Tata cara pendaftaran SD
Freepik/bristekjegor

Pendaftaran peserta didik baru jenjang SD meliputi jalur yang telah ditetapkan. Untuk jalur zonasi, Mama bisa mengakses secara online pada ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau melalui aplikasi di android yaitu TANGERANG LIVE.

Sementara untuk jalur afirmasi dan perpindahan orangtua, Mama bisa mendaftarkan anak secara online atau pun langsung ke sekolah yang telah dituju. Pastikan persyaratan yang telah ditetapkan sudah terpenuhi ya, Ma.

3. Jadwal pendaftaran peserta didik SD

3. Jadwal pendaftaran peserta didik SD
Pixabay/rawpixel

Dari ketiga jalur yang sudah ditetapkan untuk penerimaan peserta didik jenjang SD, berikut jadwal masing-masing pendaftaran yang bisa Mama catat agar tidak terlewat:

Jalur afirmasi dan perpindahan tugas orangtua akan dimulai pada 11 - 12 Juni 2020 secara manual dengan langsung ke sekolah tujuan.

Sementara untuk jalur zonasi yang dibagi menjadi empat jalur akan dimulai pada 15 - 17 Juni 2020.

Dari empat jalur zonasi yang tersedia, diantaranya adalah zona lingkungan sekolah, zona umum/antar zona, zona wilayah, zona luar kota Tangerang.

Namun pada zona wilayah, akan dibuat dua gelombang yaitu gelombang pertama pada 15 -17 Juni 2020, sementara gelombang kedua pada 22 Juni 2020.

4. Jadwal pengumuman peserta didik SD

4. Jadwal pengumuman peserta didik SD
sittercity.com

Sama dengan saat pendaftaran, pengumuman pun dilakukan secara manual dan online sesuai jalur yang telah dipilih.

Untuk jalur afirmasi dan perpindahan tugas orangtua, Mama bisa melihat pengumuman secara manual dengan langsung ke sekolah yang telah dipilih. Namun untuk jalur zonasi, Mama bisa melihat hasil pengumuman secara online dari rumah masing-masing.

Nah, agar tidak tertinggal, jadwal pengumuman untuk jalur afirmasi dan perpindahan tugas orangtua bisa Mama lihat pada tanggal 13 Juni 2020. Sementara untuk semua jalur zonasi akan diumumkan pada 18 Juni 2020, dan tanggal 23 Juni 2020 untuk gelombang kedua pendaftaran jalur zona wilayah.

5. Jadwal daftar ulang peserta didik SD

5. Jadwal daftar ulang peserta didik SD
blog.allstate.ca

Langkah selanjutnya yang bisa Mama lakukan setelah selesai proses pendataran dan pengumuman adalah mendaftarkan ulang anak pada sekolah yang telah terpilih. 

Semua pendaftaran ulang akan dilakukan secara online, mengingat masih diberlakukannya perbatasan jarak sosial oleh pemerintah. Seluruh pendaftaran ulang untuk masing-masing jalur yang terpilih akan dilakukan serentak pada tanggal 19 - 20 Juni 2020.  Sementara untuk jalur zona wilayah gelombang kedua, Mama bisa mendaftarkan ulang pada tanggal 24 Juni 2020.

Berbeda dengan situasi pendaftaran sebelumnya, disaat pandemi ini tentu mengharuskan seluruh kegiatan per-sekolah-an dilakukan secara online demi menjaga jarak aman.

Walaupun mengerjakan semuanya dari rumah, tetap berikan semangat pada si Kecil yang akan memulai pendidikan barunya ya Ma!

Itulah jadwal PPDB SD Tangerang untuk Tahun Pelajaran Baru 2020/2021.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.