Mengajarkan Anak Sedekah Subuh Seperti Anjuran Syekh Ali Jaber

Setiap subuh, Allah menurunkan malaikat untuk mendoakan umatnya yang bersedekah

15 Januari 2021

Mengajarkan Anak Sedekah Subuh Seperti Anjuran Syekh Ali Jaber
Klikkalsel.com

Mengajarkan anak ilmu agama bisa dimulai sejak usianya sedini mungkin, Ma. Tujuannya, agar anak senantiasa bertakwa dan selalu mengamalkan ajaran-ajaran agama hingga dewasa nanti.

Selain mengajarkan anak menjalankan ibadah wajib seperti salat lima waktu dan membaca Al-Quran, mengajarkan anak sedekah juga menjadi amalan baik yang bisa Mama ajarkan kepada anak sejak dini.

Tak hanya menjadi amalan baik untuk anak, sedekah juga diyakini mujarab agar doa yang anak panjatkan terkabul.

Bersedekah bisa dilakukan setiap saat, Ma. Hanya saja, sedekah diwaktu subuh dipercaya kedahsayatannya.

Video viral ketika Syekh Ali Jaber berdakwah membagikan ilmu mengenai dahsyatnya sedekah subuh dalam suatu pengajian kini kembali ramai diperbincangkan.

Keutamaan Sedekah Subuh

"Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari,” ujar Syekh Ali Jaber pada video yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Melalui video ini, umat Islam kembali disadarkan bagaimana dahsyatnya sedekah subuh.

Mama pun bisa mengamalkannya kembali dan mengajarkan sedekah subuh pada anak tercinta, simak ulasan Popmama.com berikut ini.

Editors' Picks

1. Malaikat diperintahkah mendoakan umat Allah yang bersedekah subuh

1. Malaikat diperintahkah mendoakan umat Allah bersedekah subuh
Freepik/Raw Picture

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, bersedekah boleh dilakukan kapan pun dan dimana pun. Namun, sesuai ajaran Rasulullah sebagaimana disampaikan oleh Syekh Ali Jaber, bersedekah diwaktu subuh akan lebih baik amalannya, Ma.

Hal ini karena pada waktu subuh, Allah SWT menurunkan para malaikat dan mengutusnya untuk mendoakan umat yang bersedekah setelah salat subuh.

Itulah mengapa bersedekah di subuh hari menjadi momen bersedekah terdahsyat yang bisa Mama ajarkan kepada anak-anak di rumah.

2. Masukan sedekah ke dalam kotak amal

2. Masukan sedekah ke dalam kotak amal
Freepik/jcomp

Selepas salat subuh berjamaah di rumah, Mama bisa mengajarkan anak membuat kotak amal dari kaleng atau botol.

"Setelah salat subuh atau sebelum melakukan aktivitas, isi sedekah dengan disertai memanjatkan hajat. Jika ibu-ibu sedang berhalangan tidak salat, bisa dilakukan isi sedekah sebelum aktivitas," ujar Syekh Ali Jaber menjelaskan.

3. Satu sedekah untuk fokus ke satu hajat

3. Satu sedekah fokus ke satu hajat
Pixabay/muhammadweb

Dalam setiap sedekah yang dikeluarkan, Mama bisa mengajarkan anak untuk memanjatkan doa yang ia inginkan. Hal ini sebagaimana disampaikan Syekh Ali Jaber dalam tausiyahnya bahwa sedekah bisa dilakukan untuk orangtua, dibukakan pintu rizki, sedekah agar diberi keturunan, mencari jodoh, ingin hafal Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

"Tidak apa-apa sedikit tapi rutin, (maka kita) akan merasakan sedekah subuh," kata Syekh Ali Jaber.

Itulah amalan sedekah subuh yang disampaikan Syekh Ali Jaber dalam tausiyahnya. Dari sini, Mama bisa mengamalkan dan mengajarkan anak sedekah

Semoga kelak, anak mama dapat menjadi pribadi yang selalu bertakwa dan menaati setiap ajaran Allah SWT. Semoga informasinya bermanfaat ya, Mama!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.